Tips dan Trik

4 Cara Backup Biar Data-Data Perangkat Xiaomi Tidak Hilang

Cara Backup Data Xiaomi Header

Gadgetren – Datang sebagai pendatang baru dengan membawa perangkat murah yang bertenaga, perusahaan Xiaomi berhasil mengobrak-abrik pasar ponsel di berbagai wilayah, termasuk di Indonesia.

Perusahaan asal Tiongkok ini cukup memiliki banyak ponsel yang cukup digemari oleh berbagai macam kalangan masyarakat, dari mulai kalangan masyarakat kelas bawah hingga kalangan kelas atas sekalipun.

Dengan harganya yang murah dan ponsel yang selalu disegarkan setiap waktunya, tak jarang banyak orang pun sering berganti-ganti ponsel untuk menggunakan perangkat yang lebih baru.

Untuk itu pun, membuat backup data dari ponsel lama untuk dipindahkan ke ponsel yang lebih baru sangat dibutuhkan. Selain itu pun, dengan mencadangkan data, para Mi Fans tak perlu takut datanya musnah saat ponsel rusak atau hilang.

Backup Data Xiaomi Secara Lokal

Dengan mengusung sistem MIUI andalannya, perangkat-perangkat buatan Xiaomi biasanya hadir dengan utilitas tambahan, termasuk dukungan backup secara lokal dalam hal ini.

Pada beberapa versi, kamu bisa menemukan fitur backup data ini pada Settings > Additional Settings > Backup & reset. Selanjutnya, data hasil backupnya dapat ditemukan dalam memori penyimpan, tepatnya dalam folder MIUI > Backup > All backup.

Backup Data Xiaomi Dengan Mi Cloud

Selain secara lokal, kamu juga bisa membackup data dari perangkat Xiaomi secara online ke layanan cloud yang dimilikinya, yakni Mi Cloud. Bahkan dengan cara ini, kamu dapat mengurangi memori dalam perangkat yang kamu gunakan dengan menghapus data lokalnya.

Kamu bisa menggunakan fitur pencadangan ini melalui Settings > Mi Account, dan menyalakan semua pengaturan sinkronisasinya, dari mulai kontak, sms, foto, video, dan lain sebagainya.

Backup Data Xiaomi Dengan PC

Kamu juga bisa membuat cadangan data-data dari perangkat Xiaomi ke PC (Personal Computer) atau laptop. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan Mi PC Suite yang bisa kamu unduh melalui halaman berikut ini.

Kamu bisa menggunakannya dengan menghubungkan perangkat dengan menggunakan kabel data ke komputer setelah berhasil menginstal dan membuka aplikasi Mi PC Suite tersebut.

Backup Data Xiaomi Dengan Layanan Pihak Ketiga

Selain menggunakan beberapa layanan dan fitur asli dari perusahaan Xiaomi, kamu pun bisa menggunakan layanan pihak ketiga, seperti Microsoft OneDrive, Dropbox, 4 Shared ataupun layanan lainnya.

Kamu pun bisa menggunakan layanan buatan Google, melalui Settings > Sync > Add > Google, yang notabene juga bisa kamu gunakan secara langsung pada hampir semua perangkat yang menggunakan sistem operasi Android.

Leave a Comment