Aplikasi Tips dan Trik

Reels Instagram – Fitur Baru Mirip TikTok. Bagaimana Cara Membuatnya?

Reels Instagram

Gadgetren – Pada tahun 2020 silam, Instagram secara resmi telah meluncurkan fitur tandingan TikTok yang bernama Reels di lebih dari 50 negara.

Meskipun sudah hadir di Indonesia layaknya versi Lite, namun hingga saat ini tidak semua pengguna sudah mendapatkan fitur Reels di aplikasinya. Dengan kata lain, Instagram menggulirkan update fitur ini secara bertahap kepada penggunanya.

Reels adalah fitur perekaman video pendek yang mirip seperti layanan TikTok dengan durasi 15 detik hingga 30 detik. Fitur ini juga mengizinkan kamu untuk merekam sekaligus mengedit video pendeknya sebelum ditampilkan di timeline Instagram.

Berbeda dibandingkan Stories, nantinya menu timeline Reels berada di bagian bawah layar dengan logo kotak dan segitiga. Selain itu, kamu juga bisa menemukan menu Reels apabila membuka menu Profile.

Bagi kamu yang telah mendapatkan fitur Reels, maka kamu bisa coba membuat video berdurasi singkat 15 detik hingga 30 detik.

Cara Membuat Video Reels Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Tekan menu Profile di bagian kanan bawah yang berikon orang
  3. Pilih menu Options berikon tiga garis
  4. Selanjutnya, pilih menu Insight
  5. Pilih tombol Create Reel pada kategori Content Your Shared
    Reels-Instagram-Create
  6. Selanjutnya, aplikasi akan mengaktifkan kamera
  7. Buat konten sesuka kamu
  8. Pada layar akan muncul menu Audio, Speed, Effects, dan Timer
  9. Setelah kamu berkreasi membuat video, maka dapat langsung menekan tombol Reels yang berikon kotak serta segitiga
  10. Terakhir, video kamu akan langsung hadir pada timeline Reels
    Reels Instagram ok

Menu Audio berfungsi untuk memasukkan musik yang telah disediakan di Instagram, namun wilayah Indonesia belum mendukung fitur Instagram Audio sehingga fitur ini tidak bisa digunakan. Selanjutnya, Speed mengizinkan kamu untuk menentukan kecepatan video mulai dari paling lambat 0,3x hingga paling cepat 4x.

Fitur Effects dapat digunakan untuk menambahkan beragam efek agar video menjadi menarik. Sementara Timer dapat digunakan menentukan durasi video dan mengatur waktu hitung mundur saat pengambilan video Reels.

Secara tampilan, Reels Instagram bisa dibilang benar-benar mirip dengan TikTok. Kamu akan melihat video pendek 15 detik pada timeline Reels. Untuk melihat video lainnya, maka kamu dapat melakukan swipe ke atas atau bawah layar.

Apabila kamu tetap berada di satu video, maka video tersebut akan diputar secara berulang-ulang. Pada bagian kanan video Reels terdapat tombol Love atau Like, Comment untuk komentar atau tag orang lain, dan Share. Pada kiri bawah, kamu akan melihat nama akun, caption, dan lagu yang digunakan

Sebagai catatan, fitur Reels ini belum dimiliki oleh semua pengguna di Indonesia karena Instagram akan menggulirkannya secara bertahap. Hingga artikel ini dibuat, saya sendiri belum mendapatkan update Reels di aplikasi.

Bagi kamu yang sudah mendapatkan fitur Reels, maka dapat berbagi pengalamannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar