Aplikasi Tips dan Trik

Apa Bedanya Instagram Lite dengan Reguler? Ini Jawabannya

Bedanya Instagram Lite Header

Gadgetren – Setelah meluncur di sejumlah negara sejak tanggal 10 Maret 2021 kemarin, Instagram Lite yang menawarkan dukungan lebih ringan akhirnya menyambangi para pengguna di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Instagram Lite merupakan versi ringkas yang dirancang agar para pengguna tetap bisa terhubung dengan orang-orang di layanan jejaring sosial berbasis gambar kepunyaan Facebook itu meskipun dalam keterbatasan.

Aplikasi baru yang kini hanya tersedia untuk sistem operasi Android ini diklaim mampu menyalurkan pengalaman berkualitas tinggi dari layanan Instagram meskipun hanya memanfaatkan akses data yang sangat minimal.

Dengan aplikasi ringan ini, pengguna yang memiliki handphone kentang atau low-end dimana umumnya memiliki spesifikasi sangat rendah tetap bisa menikmati layanan Instagram dan memanfaatkannya untuk berbagai macam tujuan.

Agar bisa mencapai berbagai macam hal tersebut, Facebook selaku pengembangnya membangun aplikasi Instagram Lite dengan sejumlah perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan versi reguler. Adapun sebagian di antaranya adalah sebagai berikut.

Apa Bedanya Aplikasi Instagram Lite dengan Reguler?

Jika dibandingkan dengan versi reguler, Instagram Lite mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil. Aplikasi yang dirancang untuk perangkat dengan penyimpanan terbatas ini hanya berukuran sekitar 2MB padahal aslinya lebih dari 30MB.

Hal tersebut sangat mungkin karena Facebook memangkas sejumlah fitur Instagram reguler untuk mengembangkan versi Lite. Beberapa di antaranya, pengguna di dalam aplikasi ringan ini tidak akan menjumpai fitur Shop maupun Instagram Live.

Dukungan IGTV di dalam aplikasi baru ini juga bekerja secara terbatas. Pengguna yang menggunakan versi Lite ini hanya akan diizinkan menonton konten video Instagram tersebut di lini masa tanpa dukungan untuk membuat atau mengunggahnya.

Akibatnya, tampilan dari Instagram Lite juga sangat berbeda. Tab Activity (ikon suka) pada aplikasi ini kembali ke bar navigasi di bagian bawah sehingga membuatnya mirip seperti tata letak Instagram web atau pun versi lama.

Bedanya Instagram Lite

Fitur Instagram Stories yang menjadi salah satu daya tawar juga tampil secara minimalis dengan hilangnya sejumlah dukungan seperti filter AR, GIF, pembuat pertanyaan jajak pendapat, hitung mundur, reaksi, hingga kuis.

Para pengguna versi Lite hanya bisa membuat story berupa foto atau video selayaknya unggahan Instagram biasa yang notabene juga mengalami pemangkasan fitur sehingga hanya bisa dipakai mengunggah gambar secara tunggal.

Untuk menjaga kinerja tetap andal, Instagram Lite juga menghapus beberapa fitur dari versi reguler seperti animasi yang berat, QR Code, hingga tema (termasuk untuk fitur Direct Message atau DM).

Instagram Lite sendiri sudah tersebar di lebih dari 170 negara. Kamu yang tertarik bisa mengunduhnya secara langsung melalui halaman Google Play Store secara gratis selayaknya aplikasi versi reguler.

Perbandingan Fitur Instagram Lite Vs Reguler

AspekInstagram LiteInstagram Reguler
UkuranSekitar 2MBLebih dari 30MB
TampilanSeperti Instagram LawasLebih Modern
IGTVHanya NontonBisa Membuat Atau Menonton
StoriesFitur Seperti Filter dan GIF DipangkasFitur Komplit
TemaTidak AdaMendukung Opsi Ganti Tema
QR CodeTidak AdaAda

Tinggalkan Komentar