Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Biar Tak Muncul di Profil Instagram

Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - Header

Gadgetren – Seseorang yang tidak dikenal bisa saja dengan mudah menandai pengguna di dalam Instagram, apalagi jika pengaturan privasi miliknya belum disetel ke opsi yang lebih bersifat pribadi.

Dalam setelan dasar layanannya, Instagram memang mengizinkan para pengguna untuk saling menandai menggunakan fitur tag foto maupun video meskipun mereka tidak berteman atau saling mengikuti satu dengan yang lain.

Tujuannya tentu supaya orang-orang lebih mudah terhubung ke sesama sebelum mereka menjalin interaksi lebih intim di dalam layanan tersebut. Misalnya, orang yang hanya bertemu sekali pada sebuah acara bisa langsung berbagi foto bersama tanpa perlu saling mengikuti terlebih dulu.

Kemudahan dari fitur tag ini sayangnya banyak dimanfaatkan oleh akun-akun tak dikenal untuk keperluan pribadinya seperti promosi karena foto-foto yang menandai seseorang juga akan muncul di halaman profil.

Instagram sendiri untungnya mempunyai opsi khusus untuk menghapus atau menyembunyikan tag yang telah menandai pengguna di sebuah foto maupun video agar menghilang dari profil akunnya.

Opsi khusus tersebut pun sangat mudah untuk digunakan. Bagi para pengguna yang belum tahu, berikut informasi lengkap mengenai cara melakukannya. Namun supaya lebih mudah dipahami, mari kita berkenalan dengan fitur tag Instagram terlebih dahulu.

Apa Itu Fitur Tag Foto dan Video Instagram?

Mengikuti tren yang mulai berkembang kala itu, Instagram pada tahun 2013 silam menghadirkan fitur tag orang ke dalam foto maupun video yang sebelumnya dipopulerkan oleh layanan jejaring sosial lain seperti Facebook.

Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk menunjukkan siapa saja orang-orang yang ada di dalam konten karena label namanya bakal muncul ketika foto atau video tersebut disentuh.

Sayangnya, hanya pemilik konten saja yang bisa menambahkan tag orang ke dalam foto maupun video. Selain itu, fitur tersebut pun hanya dapat bekerja untuk menandai orang-orang yang belum mengubah setelan privasinya ke opsi khusus.

Kamu dapat menggunakan fitur ini secara langsung saat mengunggah konten. Kamu bisa menemukan opsi ini pada halaman Share yang otomatis terbuka setelah menambahkan filter atau efek dengan mengetuk opsi Tag People.

Jika ditandai oleh seseorang dalam konten yang tak ingin ditampilkan di halaman profil Instagram, kamu pun bisa menyembunyikannya dengan menggunakan cara berikut.

Cara Menyembunyikan Tag Orang di Instagram

Secara Tunggal

  1. Jalankan aplikasi Instagram
  2. Cari foto atau video dengan tag yang ingin disembunyikan
  3. Buka foto atau video tersebut
  4. Sentuh konten jika tag nama belum muncul
  5. Klik pada tag nama profilmu
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 1
  6. Pilih opsi Hide from my profile
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 2

Agar lebih mudah mencari konten saat ingin menghapus tag-nya, kamu dapat mengunjungi halaman profilnya dengan mengetuk foto di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu, kamu bisa membuka halaman khusus untuk konten-konten yang menandaimu dengan memilih ikon tag di bawah Edit Profile atau sorotan.

Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 3

Tak ada perbedaan mencolok pada metode yang perlu ditempuh oleh pengguna Android dan iOS untuk menyembunyikan tag di Instagram. Hanya saja jika dibutuhkan, kamu tentu perlu menyesuaikannya pada sejumlah perangkat.

Setelah menyelesaikan beberapa langkah di atas, foto maupun video yang sebelumnya menandaimu bakal hilang dari halaman profil Instagram meski tag-nya masih akan ada di dalam konten hingga benar-benar dihapus.

Menyembunyikan tag satu per satu dengan menggunakan cara di atas tentu akan memakan waktu lebih lama jika konten yang ingin dihilangkan berjumlah cukup banyak. Kabar baiknya, Instagram mempunyai opsi pengelolaan tag secara masal.

Kamu pun bisa menyembunyikan tag dari banyak konten secara bersamaan dengan menggunakan opsi tersebut. Bagi yang belum tahu, begini langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk melakukannya.

Secara Masal

  1. Kunjungi halaman profil Instagram-mu dengan menekan tab yang paling kanan
  2. Klik Menu (ikon hamburger) yang terletak di bagian kanan atas
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 4
  3. Pilih Settings
  4. Masuk ke bagian Privacy
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 5
  5. Lalu selanjutnya buka setelan Tags
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 6
  6. Ketuk opsi Manually Approve Tags
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 7
  7. Klik tombol Edit di samping opsi Tagged posts
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 8
  8. Pilih semua foto dengan tag yang ingin disembunyikan
  9. Terakhir, pilih opsi Hide
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 9

Menyembunyikan tag termasuk hal yang reversibel. Artinya setelah menggunakan opsi tersebut, kamu pun dapat mengembalikan tag ke berbagai macam konten yang menandaimu sebelumnya. Kamu hanya perlu menempuh beberapa hal berikut jika ingin melakukannya.

Cara Menampilkan Kembali Tag di Instagram

  1. Jalankan aplikasi Instagram lalu cari konten yang diinginkan
  2. Ketuk sekali pada konten tersebut jika tag belum muncul
  3. Klik tag yang sesuai
  4. Pilih opsi Show in my profile
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 11

Saya menyadari bahwa mencari konten dengan tag yang telah disembunyikan bukan hal mudah, apalagi sudah diunggah sangat lama. Agar lebih cepat menemukannya, kamu bisa memulai pencarian dari halaman profil milik akun yang menandaimu.

Pilihan menyembunyikan tag hanya berlaku bagi kamu yang masih ingin tetap menemukan label namanya di foto atau video terkait. Namun jika sudah tak menginginkan hal ini, kamu pun bisa menghapusnya saja.

Menghapus tag yang menandai kita di Instagram pun sama mudahnya dengan saat menyembunyikannya. Kamu yang ingin menempuh opsi ini dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

Cara Menghapus Tag Orang di Instagram

Secara Tunggal

  1. Buka aplikasi Instagram dengan akun yang kamu miliki
  2. Cari foto atau video yang ingin dihapus tag-nya
  3. Buka konten jika sudah ketemu
  4. Sentuh sekali untuk menampilkan seluruh tag
  5. Ketuk tag dengan nama penggunamu
  6. Pilih opsi Remove me from post
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 12
  7. Klik Remove jika kamu menggunakan perangkat berbasis iOS

Langkah-langkah di atas bakal membuat tag yang menandaimu dalam sebuah konten unggahan menghilang. Dan berbeda dengan opsi sebelumnya, kamu tentu tidak akan bisa mengembalikannya sendiri.

Fitur menghapus tag menariknya juga hadir dengan opsi tindakan secara masal yang bisa sangat membantu jika jumlah kontennya sangat banyak. Kamu pun dapat menemukan menunya melalui pengaturan Instagram.

Secara Masal

  1. Masuk ke profil Instagram-mu
  2. Klik Menu yang ada di bagian pojok kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Buka menu Privacy
  5. Akses halaman pengaturan Tags
  6. Ketuk opsi Manually Approve Tags yang terletak paling bawah
  7. Ketuk tombol Edit untuk menu Tagged posts
  8. Tandai seluruh foto dan video yang ingin dihapus tag-nya
  9. Pilih opsi Remove
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 13

Foto-foto yang dipilih pada metode ini secara otomatis akan hilang dari halaman tag di profil. Selain itu saat mengunjungi kembali foto atau video tersebut, kamu pun tak akan lagi menjumpai label nama penggunamu.

Meskipun menghapus atau menyembunyikan tag di Instagram sangat mudah untuk dilakukan, mengganti setelan privasi pasti tetap bisa menjadi pilihan menarik untuk menyaring siapa saja yang dapat menandaimu.

Cara Mengubah Setelan Privasi Agar Tidak Ditandai Sembarang Orang di Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram lalu masuk ke bagian profil dengan mengetuk tab paling kanan
  2. Ketuk Menu di bagian kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Akses setelan Privacy
  5. Buka halaman Tags
  6. Ubah Allow tag from dari Everyone menjadi People you follow atau No one
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 14

Perlu diingat bahwa kamu bisa mengubah bagian ini ke opsi People you follow jika hanya ingin mengizinkan orang-orang yang diikuti untuk menandaimu atau No one apabila benar-benar tak ingin ditandai oleh siapa pun.

Selain mengubah pengaturan ke opsi yang lebih bersifat pribadi, kamu pun dapat mengaktifkan persetujuan tag secara manual jika ingin menyaring konten yang menandai dengan lebih selektif.

Cara Mengubah Setelan Tag Instagram ke Persetujuan Manual

Aplikasi

  1. Jalankan aplikasi Instagram
  2. Buka profilmu lalu klik Menu di sudut kanan atas
  3. Masuk ke halaman Settings
  4. Pilih Privacy
  5. Buka setelan untuk Tags
  6. Klik menu Manually Approve Tags
  7. Aktifkan tombol slider pada opsi Manually approve tags
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 19

Setiap konten yang menandai seseorang secara mendasar akan tampil di halaman profil. Namun dengan mengaktifkan persetujuan manual, hal tersebut tak akan terjadi karena pengguna bisa memilih foto atau video yang akan ditampilkan.

Kamu dalam hal ini akan tetap memperoleh notifikasi di aplikasi Instagram saat ada konten yang menandainya. Kamu kemudian bisa membiarkan atau menampilkannya di profil dengan langkah-langkah serupa saat mengembalikan tag yang disembunyikan.

Selain menggunakan aplikasi, mengatur setelan privasi khusus tag agar bisa dikonfirmasi secara manual menariknya juga bisa dilakukan melalui Instagram web. Berikut cara melakukannya jika kamu belum tahu.

Instagram Web

  1. Kunjungi halaman https://www.instagram.com/accounts/login/
  2. Login dengan akun yang kamu pakai
  3. Klik foto avatar untuk membuka profil milikmu
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 15
  4. Pilih Settings (ikon roda gigi)
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 16
  5. Masuk ke halaman Privacy and Security
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 17
  6. Cari bagian Photos of You
  7. Pilih opsi Add Manually
    Cara Menghapus dan Menyembunyikan Tag Instagram - 18

Penempatan beberapa tombol pada tampilan Instagram web versi seluler kadang-kadang berbeda dengan desktop. Oleh karenanya, kamu tentu perlu menyesuaikannya agar langkah-langkah di atas berhasil digunakan.

Menghapus, menyembunyikan, dan mengubah pengaturan privasi tag orang di Instagram tentu bisa membantu seseorang mengamankan data-data privasinya. Oleh karena itu saat menjumpai kesulitan, kamu bisa segera meluncur ke kolom komentar.

Tinggalkan Komentar