Tips dan Trik

Instagram Reels – Fitur Baru Instagram yang Mirip TikTok

Instagram Reels[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Instagram kembali “mencuri” fitur unggulan dari media sosial lain. Setelah fitur story dari Snapchat, kini mereka mencomot fitur video singkat dari TikTok, lalu diberinya nama Reels.

Seperti halnya TikTok, fitur baru ini akan mengizinkan pengguna Instagram untuk membuat video remix berwujud meme atau lucu-lucuan dengan latar musik selama 15 detik, yang kemudian bisa diunggah ke Story, DM (Direct Message) atau unggahan untuk grup pribadi (Close Friend).

Untuk mempersenjatai fitur Reels ini, Facebook telah menggandeng berbagai label musik besar dan banyak penerbit indie yang sudah mulai dirintisnya sejak Bulan Juni 2018 saat mereka mulai meluncurkan Music Sticker-nya.

Selain dari koleksi musik dari Facebook ini, pengguna juga bisa menggunakan latar musik dari video lain. Selain itu, pengguna juga bisa mempercantik video dengan banyak alat yang meliputi alat mengatur kecepatan video, efek-efek unik lainnya.

Pengguna Instagram bisa menggunakan fitur ini melalui fitur Instagram Stories, lalu menggeser tombol shutter ke sebelah Boomerang dan Super-Zoom. Selanjutnya mereka bisa mulai membuat video Reels.

Mereka bisa merekam video secara bisu, meminjam audio dari video lain yang bisa dicari melalui pencarian dengan tagar (#) atau fitur Jelajah (Explore), atau mencari lagu yang sedang populer atau trending.

Dalam hal ini, beberapa cuplikan audio bahkan akan membuat halaman mereka sendiri untuk memamerkan video top yang dibuat dengannya, untuk mengajari pengguna dalam menggunakannya.

Selanjutnya, pengguna bisa memilih potongan lagu yang mereka inginkan, kemudian dapat dapat merekam lalu mengunggah beberapa klip video untuk mengisi Reels mereka. Menariknya, jika diunggah secara publik, video Reels tersebut memiliki kemungkinan nangkring di bagian Top Reels pada tab Explore.

Nah supaya tidak hilang, karena video juga berlaku seperti Instagram Stories yang akan hilang setelah 24 jam, pengguna bisa menggunakan fitur sorotan yang sudah sejak lama bisa digunakan di Instagram.

Apa yang cukup disayangkan, fitur yang berhasil dicomot dari TikTok ini sementara ini masih tersedia untuk pengguna di Brazil, baik untuk pengguna iOS maupun Android, selain ketersediaan efeknya yang masih ketinggalan jauh dari TikTok.

Tinggalkan Komentar