Aplikasi

6 Aplikasi Edit Video di Laptop yang Cocok Untuk Memulai Karir Sebagai YouTuber

Aplikasi Edit Video di Laptop - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Bagi kamu yang sedang merintis karier di dunia YouTube, belajar mengedit video juga harus dilakukan. Namun sebelum melakukannya, kamu harus memilih aplikasi edit video yang paling tepat.

Tidak bisa disangkal, saat seseorang sedang mulai membangun channel YouTube-nya sendiri, biasanya mereka akan merangkap banyak peran, dari mulai sutradara, aktor, kameramen, hingga editor.

Dengan beragam peran ini, mereka pun harus mulai mempelajari banyak hal, termasuk harus mempelajari bagaimana mengedit video agar menjadi lebih enak dinikmati oleh para penggemar.

Tidak mungkin juga mereka akan mengunggah video ala kadarnya. Setidaknya, mereka harus menambahkan judul, memotong bagian yang tidak diperlukan, atau mempercepat bagian tertentu.

Untuk melakukan semua ini, tentu saja dibutuhkan aplikasi yang tepat, yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Bagi kamu yang masih bingung menentukannya, berikut ini rekomendasi aplikasi edit video di komputer atau laptop yang bisa dipilih.

6 Aplikasi Edit Video di Laptop

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi video editor yang banyak digunakan oleh para profesional. Aplikasi ini menawarkan segudang peralatan editing yang dibalut dengan antarmuka yang fleksibel dan mudah digunakan.

Aplikasi Edit Video di Laptop - Adobe Premiere

Sayangnya, untuk menggunakan aplikasi buatan Adobe ini, kamu harus membayar biaya yang tidak sedikit. Namun dengan harga “profesional”, aplikasi ini punya beragam fitur dan perlengkapan yang pastinya tidak mengecewakan.

2. CyberLink PowerDirector

Sama-sama berbayar seperti Adobe Premiere Pro, CyberLink PowerDirector juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengedit video. Aplikasi ini merupakan aplikasi editor video yang tergolong sangat ringan.

Aplikasi Edit Video di Laptop - PowerDirector

Aplikasi ini memiliki proses render yang cepat, disokong dengan berbagai perlengkapan yang mudah untuk dioperasikan. Salah satu keunggulannya, aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur editing untuk video 360.

3. Corel VideoStudio Ultimate

Tak mau kalah dengan Adobe di bidang video, Corel pun memiliki aplikasi editor videonya sendiri, yang diberi nama Corel VideoStudio Ultimate. Aplikasi ini sangat cocok bagi pemula, karena memiliki berbagai macam peralatan pembuat video yang menyenangkan.

Aplikasi Edit Video di Laptop - Corel VideoStudio

Aplikasi yang juga berbayar ini pun menawarkan dukungan video yang lebih luas, dari mulai video 360, 3D, hingga 4K. Aplikasi ini secara native juga mendukung laptop atau komputer 64 bit, serta mendukung Video HTML 5.

4. Magix Movie Pro

Jika pasar di Amerika mengagungkan Adobe dan Corel, pasar Eropa punya favoritnya sendiri, yakni Magix Movie Pro selama beberapa dekade. Tentu saja, hal ini dikarenakan aplikasi ini merupakan paket lengkap editing video.

Aplikasi Edit Video di Laptop - Magix

Magix Movie Pro memiliki banyak efek video, alat pembuat judul yang sangat baik, dukungan multi kamera, template cuplikan film, dan peralatan edit audio yang solid. Hal ini cukup seimbang dengan harga yang ditawarkannya.

5. Apple iMovie

Jika beberapa aplikasi di atas berbayar, Apple iMovie bisa menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang tidak punya alokasi dana untuk membeli aplikasi edit video. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan di ekosistem Apple.

Aplikasi Edit Video di Laptop - iMovie

Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Namun di balik kesederhanaan ini, aplikasi ini menawarkan berbagai macam peralatan dan tema yang sangat bisa diandalkan.

6. Microsoft Photos

Sedangkan bagi pengguna Windows 10, aplikasi gratis bawaan sistem operasi ini juga bisa diandalkan. Microsoft Photos merupakan suksesor dari Windows Movie Maker yang berjaya di masa sebelumnya.

Aplikasi Edit Video di Laptop - Microsoft Photos

Aplikasi bawaan Microsoft ini menawarkan fitur editing yang lebih sederhana dibandingkan kebanyakan aplikasi editor video pada umumnya. Aplikasi ini sangat cocok untuk membuat video-video sederhana.

Sebagai catatan, terlepas apa pun aplikasi yang kamu pilih, belajar memaksimalkan aplikasi tersebut menjadi kunci utama supaya kamu bisa membuat video yang lebih baik.

Tinggalkan Komentar