Tips dan Trik

Update Google Play Error? Coba Beberapa Cara Ini!

cara mengatasi perbarui play store versi terbaru Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Bagi pengguna Android, Google Play Store merupakan tempat yang paling aman dan nyaman untuk memperoleh aplikasi berkualitas.

Google Play Store merupakan layanan konten digital milik Google, yang mencakup toko berbagai macam konten untuk Android, seperti aplikasi, game, buku, lagu, film, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, beberapa permasalahan sering terjadi terkait dengan aplikasi toko milik Google tersebut. Salah satu yang sering terjadi adalah terkait dengan pembaruan aplikasi Google Play Store ke versi terbaru.

Jika hal tersebut terjadi, maka akan membuat beberapa pengguna sedikit kebingungan. Namun, sebenarnya pengguna dapat melakukan beberapa hal berikut ini agar dapat mengatasi permasalahan perbarui Google Play Store ke versi terbaru.

1. Paksa Berhenti

Cara Mengatasi Perbarui Google Play Store ke Versi Terbaru - Force Close

Memaksa berhenti aplikasi Google Play Store bisa menjadi solusi pada berbagai macam permasalahan, termasuk terkait dengan update aplikasi tersebut. Memaksa berhenti aplikasi bisa mengatur ulang aplikasi untuk berjalan dari awal kembali.

Pengguna dapat menemukan opsi paksa berhenti melalui Settings, kemudian masuk ke opsi Apps, kemudian memilih aplikasi yang akan dipaksa berhenti, yang mana dalam kasus ini adalah Google Play Store. Setelah masuk ke App Info, pilih Force stop.

Secara otomatis, aplikasi akan berhenti bekerja di perangkat. Untuk mengaktifkan kembali, pengguna hanya perlu membuka aplikasi tersebut.

2. Restart Perangkat

Cara Mengatasi Perbarui Google Play Store Ke Versi Terbaru - Restart

Jika memaksa berhenti aplikasi belum menyelesaikan masalah pembaruan Google Play Store ke versi terbaru, maka pengguna dapat mencoba memuat ulang perangkatnya.

Seperti yang kita tahu bersama, Google Play Store bekerja berkaitan dengan beberapa aplikasi lain, seperti Google Play Services dan lainnya. Sehingga, kadang kala eror bisa terjadi bukan pada Google Play Store, tapi pada aplikasi lain tersebut.

Mengingat hal tersebut, pengguna dapat memuat ulang semua aplikasi yang berhubungan dengan Google Play Store dengan memuat ulang atau merestart ponsel. Cara ini lebih efisien jika dibandingkan harus masuk satu per satu kedalam App Info masing-masing aplikasi.

3. Bersihkan Cache

Cara Mengatasi Perbarui Google Play Store Ke Versi Terbaru - Clear Cache or Data

Cache memang sangat membantu, karena dapat membuat aplikasi atau sistem bekerja lebih cepat tanpa harus membuat data baru. Namun, cache juga dapat membuat beberapa aplikasi eror, karena tanpa sengaja nyantol pada data cache.

Permasalahan perbarui Google Play Store ke versi terbaru juga dapat muncul akibat hal ini. Oleh karena itu, pengguna dapat membersihkan cache dari aplikasi Google Play Store, atau data cache dari perangkat secara menyeluruh.

Untuk membersihkan data cache aplikasi, pengguna dapat membuka menu App Info untuk Google Play Store dan aplikasi terkait, sama seperti cara sebelumnya. Setelah masuk ke App Info, buka Storage & Memory atau opsi yang berkaitan dengan penyimpanan jika tidak ada. Kemudian pilih Clear Cache.

4. Bersihkan Data

Jika masih eror, maka bisa juga disebabkan karena adanya data lama yang konflik dengan data baru. Pada saat memperbarui aplikasi, data baru biasanya akan menimpa data lama. Namun pada beberapa kasus, hal tersebut tidak terjadi.

Oleh karena itu, pengguna dapat membersihkan data aplikasi untuk menghilangkan data yang tertumpuk di penyimpanan. Cara ini juga dapat digunakan untuk membersihkan cache sekaligus.

Untuk membersihkan data aplikasi, pengguna dapat masuk ke dalam menu Storage & Memory di App Info, seperti langkah sebelumnya. Namun, pengguna harus memilih Clear data, bukan memilih tombol Clear cache.

5. Reset Ulang Perangkat

Cara Mengatasi Perbarui Google Play Store Ke Versi Terbaru - Factory Reset

Jika permasalahan tidak kunjung berhasil diatasi, alangkah baiknya pengguna melakukan reset atau format ulang perangkat. Hal ini disebabkan karena eror pembaruan Google Play Store bisa terjadi karena berbagai macam hal termasuk virus dan juga kehabisan tempat penyimpanan.

Dengan melakukan reset ulang perangkat, pengguna akan mendapati perangkatnya seperti dalam kondisi baru, yang notabene tidak ada permasalahan di dalam perangkat tersebut.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar