Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Play Store Agar Privasi Aman

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Play Store Header

Gadgetren – Kita dapat dengan mudah menghapus histori penelusuran di Google Play Store jika merasa terganggu atau menganggapnya sebagai sebuah hal privasi yang perlu dirahasiakan.

Histori penelusuran di Play Store memang akan semakin bertambah banyak seiring berjalannya waktu. Setiap kata kunci yang digunakan untuk melakukan pencarian aplikasi soalnya akan terekam secara otomatis.

Perekaman histori ini sebenarnya bisa cukup membantu. Kita misalnya bisa lebih mudah untuk melakukan penelusuran ulang sebuah aplikasi tanpa perlu mengingat-ingat dan mengetikkan kembali kata kunci yang tepat.

Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri bahwa data-data pencarian yang pernah dilakukan kadang-kadang memuat hal-hal pribadi. Kita pun tak jarang perlu merahasiakannya supaya tidak diketahui oleh orang lain yang meminjam handphone atau tablet untuk mengecek suatu laman di Play Store.

Menghapus histori penelusuran di Play Store untungnya sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu membuka setelan layanan untuk melakukan hal tersebut sebagaimana tahapan berikut.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Play Store

  1. Buka aplikasi Play Store
  2. Ketuk foto profil yang terdapat di kolom pencarian
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 1
  3. Klik Settings
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 2
  4. Ketuk bagian General
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 3
  5. Masuk ke menu Account and device preferences
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 4
  6. Cari bagian History
  7. Ketuk opsi Delete device search history
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 5

Selain menghapus histori penelusuran di Play Store, kita pun dapat melakukan beberapa hal lain melalui pengaturan Account and device preferences seperti untuk berhenti mengikuti program beta tester aplikasi.

Kita dalam hal ini hanya perlu mengetuk tombol Leave beta programs yang tersedia. Dengan begitu, kita nanti akan langsung keluar untuk seluruh program beta sehingga pembaruan aplikasi yang diperoleh selalu versi stabil.

Dalam pengaturan Play Store tersebut, terdapat juga opsi Unregister for app & game pre-registration untuk membatalkan registrasi awal yang pernah dilakukan untuk mengikuti dan memperoleh hadiah dari pengembangan sebuah aplikasi maupun game baru.

Melalui pengaturan tersebut, kita pun juga dapat membatalkan keikutsertaan event yang akan datang dengan memilih opsi Unregister for upcoming events atau menghapus daftar keinginan dengan mengetuk Clear wishlist.

Cara menghapus histori penelusuran di Play Store seperti metode di atas tentu bukan satu-satunya. Kita pun dapat melakukannya dengan memakai opsi Clear data yang ada di dalam pengaturan perangkat secara langsung.

Clear Data Untuk Menghapus Semuanya

  1. Buka Settings di perangkat
  2. Masuk ke manajemen aplikasi (biasa ditulis sebagai Apps atau App management)
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 10
  3. Cari dan ketuk Google Play Store
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 7
  4. Buka bagian Storage
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 8
  5. Ketuk menu Clear Data
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 9
  6. Konfirmasi dengan mengetuk Delete
    Cara Menghapus Penelusuran di Play Store - 19

Tak perlu khawatir jika menggunakan metode Clear Data karena tidak akan menghapus aplikasi yang sudah terpasang maupun data-datanya melainkan hanya milik Google Play Store itu sendiri di mana termasuk berkas-berkas dari histori penelusuran.

Tinggalkan Komentar