Berita

Cara Mematikan Update Otomatis Google Chrome Agar Hemat Data dan Daya

Cara Mematikan Update Google Chrome - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dukungan update otomatis pada aplikasi Google Chrome merupakan hal yang cukup penting, tetapi sayang kadang kala kita memang perlu menonaktifkannya demi sejumlah kepentingan.

Google termasuk perusahaan yang rajin melakukan update pada berbagai macam aplikasinya. Tujuannya tentu saja untuk menambahkan fitur-fitur baru atau meningkat dukungan yang sudah ada seperti pada aspek keamanan.

Dengan adanya dukungan update otomatis, kita tidak perlu melakukan pengecekan secara berkala. Selama perangkat terhubung ke jaringan internet baik itu WiFi maupun seluler (tergantung pengaturannya), maka aplikasi akan melakukan pembaruan sendiri.

Update otomatis juga tersedia untuk aplikasi peramban buatan Google, yakni Chrome. Oleh karena itu kita bisa menikmati berbagai macam konten online dengan nyaman dan aman tanpa direpotkan dengan mengecek ketersediaan versi anyarnya.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa sejumlah kondisi kadang-kadang memaksa kita untuk mematikan opsi update otomatis. Untungnya pada aplikasi Chrome, hal tersebut bisa kita lakukan dengan sangat mudah meskipun berbeda-beda untuk setiap perangkat.

Cara Mematikan Update Otomatis Google Chrome

Di Android

  1. Buka Google Play Store
  2. Cari Chrome dengan memanfaatkan fitur penelusuran
  3. Buka halaman produk untuk Chrome
  4. Ketuk tombol More options di pojok kanan atas
    Cara Mematikan Update Google Chrome - 1
  5. Hapus centang pada opsi Enable auto-update
    Cara Mematikan Update Google Chrome - 2

Sedikit berbeda dengan Android, kita yang menggunakan perangkat berbasis iOS perlu mematikan opsi update otomatis untuk seluruh aplikasi jika tidak ingin Chrome melakukan pembaruan ke versi anyar tanpa persetujuan.

Di iOS

  1. Kunjungi halaman Settings
  2. Masuk ke bagian App Store
  3. Matikan opsi App Updates

Sementara bagi kita yang menggunakan Chrome di komputer, opsi mematikan update otomatis salah satu di antaranya bisa kita temukan pada halaman System Configuration Utility atau sering disebut dengan MSConfig.

Di Komputer Windows

  1. Di halaman utama, tekan tombol Start Windows dan R secara bersamaan
  2. Ketikan msconfig pada kolom yang muncul
    Cara Mematikan Update Google Chrome - 3
  3. Tekan Enter
  4. Buka tab Services
    Cara Mematikan Update Google Chrome - 4
  5. Cari opsi Google Update Service (gupdate) dan Google Update Service (gupdatem)
    Cara Mematikan Update Google Chrome - 5
  6. Hapus centang pada kedua opsi tersebut
  7. Klik tombol OK
  8. Restart komputer jika diminta

Supaya lebih mudah dalam mencari opsi Google Update Service (gupdate) dan Google Update Service (gupdatem) di System Configuration Utility, kamu dapat menggunakan fitur Hide all Microsoft services.

Perlu diingat bahwa mematikan update otomatis Chrome tentu bukan langkah yang bijak karena sistem proteksi aplikasi akan menurun sehingga kita nantinya bisa lebih mudah diserang. Selain itu, kita juga akan ketinggalan berbagai macam fitur baru.

Tinggalkan Komentar