ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Memperbaharui Google Play Store Jika Tidak Update Otomatis

Cara Perbaharui Google Play Store Header

Gadgetren – Google Play Store merupakan salah satu aplikasi layanan penting yang langsung hadir di dalam smartphone Android.

Dengan adanya Google Play Store ini memungkinkan penggunanya dapat mengunduh dan menginstal beragam aplikasi untuk smartphone Android. Melalui Play Store ini proses pembaruan atau update aplikasi Android dapat dilakukan.

Sementara, Google Play Store sendiri akan melakukan pembaruan atau update otomatis ketika ada akses internet di smartphone Android. Namun bagi Gadgeter yang penasaran mengenai cara untuk memperbaharui Google Play Store secara manual maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Perbaharui Google Play Store Langsung Dari Aplikasi

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Google Play Store di smartphone Android
  2. Pada halaman utama Google Play Store, Gadgeter dapat memilih menu berlambang garis tiga di bagian kiri atas
  3. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih menu Settings
  4. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat menggulirkan ke bagian bawah hingga muncul Play Store version
  5. Gadgeter dapat langsung menekan Play Store version
  6. Apabila Google Play Store telah update maka akan muncul tulisan Google Play Store is up to date, namun jika belum update maka Android akan memperbaharui Google Play Store

Langkah Update Google Play Store

Pada saat proses pembaruan, maka Gadgeter akan keluar dari Google Play Store. Nantinya aplikasi Google Play Store dapat diakses kembali apabila proses pembaruan telah selesai. Dengan proses pembaruan ini, biasanya akan membuat sebagian aplikasi Android dapat diperbarui atau update.

Menggunakan Apk

Selain menggunakan proses update langsung di Google Play Store, Gadgeter juga dapat menggunakan file mentahan (Apk) terbaru yang dapat diunduh di berbagai layanan penyedia Apk di internet. Untuk mencarinya dengan mudah, Gadgeter dapat langsung mengetikkan keyword Download Google Play Store Apk di Google. Selanjutnya, Gadgeter dapat mencoba langkah berikut ini.

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunduh Apk Google Play Store dari situs penyedia Apk terpercaya seperti APKPure.com
  2. Setelah Apk terunduh maka Gadgeter dapat langsung menginstalnya di smartphone Android
  3. Setelah proses instalasi selesai, maka Gadgeter dapat langsung membuka Google Play Store terbaru

Sebagai catatan, Gadgeter harus memastikan terlebih dahulu bahwa Apk Google Play Store yang diunduh merupakan versi terbaru dan aman dari malware. Untuk itulah, Gadgeter harus mengunduh di situs Apk yang telah terpercaya.

Dari 2 cara di atas, saya menyukai tutorial pertama karena mudah dan yang paling aman prosesnya langsung dilakukan dari smartphone sendiri. Namun untuk pilihan tutorial tersebut, tergantung dari selera Gadgeter. Apabila Gadgeter memiliki cara lain dalam melakukan update Google Play Store maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar