ASUS TUF Gaming F15
Laptop / PC

Apa itu PC Copilot+? Teknologi AI di Windows Untuk Permudah Segala Hal

PC-Copilot

Gadgetren – Sebagai respons terhadap berbagai kebutuhan dan tantangan modern, Microsoft telah menghadirkan layanan PC Copilot+ yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih pintar dan responsif.

Sebelumnya Microsoft juga telah menghadirkan model AI Copilot yang lebih sederhana dibandingkan PC Copilot+ karena bisa diakses menggunakan halaman web maupun aplikasi pada komputer maupun ponsel berbasis Android dan iOS.

Sementara laptop yang menggunakan PC Copilot+ disebut 20x lebih kuat dan 100x lebih efisien dalam menjalankan fitur AI. Lantas apa itu PC Copilot+ yang hanya tersedia pada laptop-laptop tertentu?

Apa itu PC Copilot+?

PC Copilot+ adalah terjemahan Bahasa Indonesia dari layanan atau merek model AI terbaru bernama Copilot+ PC yang merupakan perangkat lunak menggunakan akselerasi AI buatan Microsoft yang hanya tersedia di laptop-laptop yang menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11.

Selain laptop, PC Copilot+ juga tersedia di PC Tablet. Namun untuk PC Desktop atau komputer dengan monitor dan motherboard hingga kini belum diinformasikan lebih jauh mengenai kehadirannya dan kita bisa menantikan pengumuman dari Microsoft maupun produsen PC.

Model AI ini dihadirkan khusus untuk laptop dan tablet tertentu yang menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11. Dengan dukungan PC Copilot+, laptop dan tablet yang kompatibel dapat mengerjakan beragam perintah dari pengguna secara cerdas dan cepat.

PC Copilot+ juga menjadi bagian dari layanan yang ditawarkan oleh Microsoft melalui platform Microsoft 365 Copilot untuk membantu dalam berbagai tugas produktivitas di aplikasi Teams, PowerPoint, Outlook, Word, Excel, OneDrive dan OneNote.

 PC-Copilot-NPU

Layanan ini memanfaatkan teknologi AI dari Microsoft yang dapat memberikan saran, mengotomatisasi tugas, dan meningkatkan efisiensi kerja. PC Copilot+ pada Microsoft 365 dapat membantu menulis dan mengedit dokumen, menganalisis data, membuat presentasi, hingga mengelola email.

Microsoft mengintegrasikan teknologi AI ini untuk menyediakan pengalaman yang lebih baik dan lebih cerdas lewat kemampuan AI yang mampu menyederhanakan dan mempercepat pekerjaan sehari-hari.

PC Copilot+ pun mengandalkan prosesor yang menggunakan Neural Processing Unit (NPU) AI seperti Snapdragon X Series, Intel Core Ultra, dan AMD Ryzen AI 300 Series yang mana minimal harus memiliki komputasi 40+ TOPS (trillion operations per second).

Muat lainnya DETIL LAMPIRAN Surface-Laptop-and-Surface-Pro-Hero

Selain itu perangkat yang mendukung PC Copilot+ secara umum menggunakan spesifikasi minimum RAM 16GB dan penyimpanan SSD berkapasitas 256GB yang memungkinkan pengguna dapat melakukan pekerjaan secara multitasking.

PC Copilot+ pun memiliki fitur seperti fitur Recall, Cocreator, Efek Windows Studio, resolusi super otomatis, dan Live Captions yang akan membantu penggunaan perangkat dalam keseharian.

Fitur Recall dapat membantu kamu menemukan konten berdasarkan petunjuk yang diingat, menggunakan pencarian bahasa alami, atau pencocokan teks dan visual. Lalu Fitur Cocreator di Paint membuat kamu bisa menggunakan goresan tinta dan kata-kata untuk mengembangkan ide gambar .

Selanjutnya, Efek Windows Studio dapat menghadirkan filter unik saat untuk melakukan video telekonferensi seperti portrait blur, creative filter: watercolor, animated, dan illustrated.

 PC-Copilot-Efek-Studio-

Kemudian Live Captions membantu kamu dapat melakukan terjemahan langsung. Misalnya saat menonton YouTube berbahasa Inggris dapat secara langsung memberikan terjemahan teks dalam bahasa Indonesia secara real time.

Laptop dengan PC Copilot+ juga mampu memberikan pengalaman canggih pada aplikasi produktivitas dan kreatif seperti Chrome, Spotify, Zoom, WhatsApp, Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Blender, Affinity Suite, DaVinci Resolve, Slack, CapCut, Cephable, LiquidText, djay Pro, dan masih banyak lagi.

Sementara saat ini PC Copilot+ tersedia pada laptop dengan prosesor Snapdragon X Series antara lain Microsoft Surface Laptop 15 inci, Samsung Galaxy Book4 Edge 16 inci, Samsung Galaxy Book4 Edge 14 inci, DELL Inspiron 14 Plus, Microsoft Surface Pro, ASUS Vivobook S 15, HP OmniBook X 14, Lenovo Yoga Slim 7x, Acer Swift 14 AI, DELL XPS 13, Microsoft Surface Laptop 13,8 inci, dan ASUS ProArt PZ13.

Di sisi lain terdapat juga deretan laptop ASUS dengan AMD Ryzen AI seri 300 meliputi ProArt P16 dan PX13, Zenbook S 16, Vivobook S 14 inci, Vivobook S 15,6 inci, Vivobook S 16 inci, TUF Gaming A14, dan TUF Gaming A16.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar