ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Aplikasi Asisten AI Copilot dari Microsoft Kini Tersedia di Android

Aplikasi Asisten AI Copilot dari Microsoft Kini Tersedia di Android

Gadgetren – Microsoft telah menghadirkan aplikasi asisten AI miliknya bernama Copilot untuk perangkat Android yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Sebelumnya pada tanggal 15 November 2023 lalu, Microsoft mengumumkan bahwa Copilot menggantikan Bing Chat di mana terhubung ke dalam banyak produk Microsoft seperti Windows 11, Microsoft 365, dan Edge. Copilot sendiri menawarkan bantuan atau asisten AI untuk mencari beragam informasi yang kamu butuhkan.

Dengan menggunakan model OpenAI terbaru, GPT-4 dan DALL·E 3, Copilot tak hanya menawarkan kemampuan pencarian dengan cara mengumpulkan informasi yang dibutuhkan tetapi juga bisa menciptakan konten visual menggunakan image creator hanya dengan memberikan petunjuk deskripsi dari teks sederhana.

Selain menggunakan teks, pengguna juga bisa menggunakan perintah suara. Bahkan dengan bantuan Copilot, pengguna dapat menyelesaikan pekerjaan mereka seperti membuat draf email,  menulis cerita atau naskah, meringkas teks yang panjang, menerjemahkan teks ke beragam bahasa, mengedit, membuat rencana perjalanan, menulis dan memperbarui resume pekerjaan serta lainnya.

 Copilot-Android

Dari segi sistem antarmuka, Copilot mirip dengan Bing Chat. Ketika pertama kali masuk ke aplikasi Copilot, kamu akan disuguhkan ke halaman Beranda dan akan melihat Copilot sudah didukung mesin pencarian Bing.

Untuk bisa menggunakan mikrofon perintah suara atau melalui teks, kamu harus masuk ke akun Microsoft yang terletak di menu Sign in di pojok kiri atas layar dari arah pengguna.

Kemudian memasukkan email dan password yang telah terdaftar di Microsoft. Setelah itu kamu bisa menggeser tombol GPT-4 untuk mengaktifkan bantuan AI. Lalu kamu bisa melakukan pencarian dengan bantuan perintah suara atau kolom di bawah untuk memasukkan perintah menggunakan teks sederhana.

Sebagai tambahan informasi, awalnya Copilot hadir pada tanggal 21 September 2023 untuk melengkapi dan memperluas Bing Chat yang digunakan secara terpisah. Sementara Bing Chat lebih dulu hadir pada bulan Februari 2023 yang awalnya dibuat dengan harapan Microsoft dapat mendorong pertumbuhan untuk mesin pencarian mereka sekaligus meramaikan penggunaan AI.

Namun demikian strategi kehadiran Bing Chat tidak sesuai dengan harapan mereka sehingga kini Microsoft mencoba Copilot untuk menjadi pemain utama dalam membantu pengguna untuk mencari banyak hal dengan bantuan AI.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar