ASUS TUF Gaming F15
Berita Laptop / PC

Hands-On Lenovo Legion 7i – Laptop Gaming Berteknologi AI dengan Pendinginan Baru

Hands-On Lenovo Legion 7i - Laptop Gaming Berteknologi AI dengan Pendinginan Baru

Gadgetren – Lenovo Indonesia telah membawa laptop generasi terbarunya di tahun 2024 yang mendukung akselerasi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Salah satunya ialah laptop gaming Legion 7i yang ditenagai oleh prosesor Intel Core Generasi ke-14

Dalam rangka memperkenalkan laptop gaming terbarunya ini, tim Gadgetren pun mendapat kesempatan untuk menjajal laptop gaming Legion 7i dengan melakukan Hands-on terhadap laptop tersebut.

Dari tampilannya, Legion 7i mengusung bodi kokoh dan gagah dengan dominan desain warna putih sehingga membuatnya tampak premium. Pada bagian sisi atas penutup laptop terdapat logo Lenovo dan Legion dengan huruf kapital serta warna metalik.

Kemudian di bagian keyboard terdapat aura RGB pada setiap tombolnya yang memancarkan beragam warna gradasi merah muda dan biru muda.

Di bagian bawah laptop, terdapat rongga-rongga untuk membuang panas ketika mesin berjalan dan begitu pula tersedia di sisi belakang.

Selain itu di bagian bawah terdapat dudukan kecil memanjang sebagai kaki laptop ketika diletakkan di permukaan datar. Sementara saat dibuka layar laptop Legion 7i tebar pesona dengan ukuran 16″ yang memiliki resolusi hingga 3.2K (3200 x 2000 piksel) berpanel IPS serta mendukung refresh rate hingga 240Hz.

Layarnya juga memiliki waktu respon 3ms, 100% DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 500 nits, VESA DisplayHDR 400 Certified, X-Rite Color Management, Dolby Vision, NVIDIA G-SYNC, Advanced Optimus, dan TÜV Rheinland Low Blue Light.

Dengan konfigurasi tersebut layar Legion 7i dapat menampilkan gambar yang jernih, tajam dan detail. Refresh rate tersebut juga dapat menghadirkan pergerakan konten yang mulus dan lancar tanpa adanya gambar yang terlambat.

Selain itu, dukungan NVIDIA G-SYNC dan NVIDIA Advance Optimus disebut mampu memberikan performa tampilan grafis yang memanjakan mata ketika game atau film sedang dijalankan. Beralih ke performa pacunya, Legion 7i mengandalkan varian prosesor hingga Intel Core i9-14900HX.

Laptop ini juga didukung Lenovo AI Engine+ dengan LA3 & LA1 yang lebih canggih dengan dukungan chip AI untuk meningkatkan kinerja performa gaming agar semakin lancar dan membuat produktivitas semakin cepat.

Lenovo Legion 7i

Kemampuan yang ditawarkan Lenovo AI Engine+ dapat diaktifkan melalui aplikasi Lenovo Vantage yang diantaranya dapat membantu memantau FPS dalam game dan secara dinamis menyesuaikan  daya, kurva kipas, dan pengaturan lainnya untuk mempertahankan kinerja tertinggi dalam berbagai penggunaan.

Prosesor tersebut juga dipadukan oleh kartu grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 dengan VRAM GDDR6 8GB dan boost clock 2175MHz yang sudah dapat menyajikan visual grafis yang memanjakan mata baik dalam membuka aplikasi, mengoperasikan antarmuka, menonton film, hingga bermain game.

Dengan dukungan AI melalui fitur NVIDIA DLSS 3 dan NVIDIA Max-Q pada GPU dapat menampilkan pencahayaan ray tracing yang menjadikan gambar lebih realistis dan hidup. Menariknya, kini Legion 7i dibekali sistem pendinginan yang telah diupgrade  menggunakan teknologi Legion ColdFront Hyper yang dapat membuat perangkat tetap dingin dalam waktu yang  lama saat sesi gaming yang panjang.

Lenovo Legion 7i

Kemudian, memori DDR5 5600MHz (Dual Channel) 16GB dan 2 x SO-DIMM yang sudah mumpuni untuk memberikan pengalaman multitasking dari beragam aplikasi maupun game sehingga dapat berjalan dengan mulus tanpa kendala. Selain itu tersedia penyimpanan internal SSD PCle M.2 Gen 4 berkapasitas hingga 1TB.

Laptop gaming ini juga memiliki kapasitas baterai besar 99.99Whr yang dilengkapi pengisian cepat yang diklaim dapat mengisi daya dari 0% menjadi 100% dalam waktu 80 menit. Speaker terletak pada di sisi kanan dan kiri bagian bawa laptop dengan dukungan Harman Kardon.

Terdapat kamera webcam 1080p yang mendukung electronic e-shutter untuk privasi dan Tobii Horizon atau pelacakan kepala untuk pengalaman gaming yang unik. Di bagian keyboard tombol power tersedia di sisi atas dekat layar dengan AURA berbentuk bundar. Sedangkan tombol keyboard memiliki area yang luas dan touchpad yang besar.

Lenovo Legion 7i

Sementara di bagian belakang laptop tersedia port DC in dan HDMI. Di sisi kiri terdapat port USB-A 3.2 Gen 1, USB-C 3.2 Gen 2, dan Thunderbolt 4. Sedangkan di sisi kanan terdapat port USB-A 3.2 Gen 1, E-Shutter switch, USB-C 3.2 Gen 2, SD Card Reader, dan Headphone.

Melalui pengujian benchmark 3DMark, Legion 7i menghasilkan skor grafis 8568 dan CPU skor 12423. Laptop Legion 7i sudah bisa kamu beli melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Lenovo dan toko Lenovo terdekat dengan harga mulai Rp30.999.000.

Lenovo Legion 7i

Setiap pembelian Legion 7i, pembeli akan mendapatkan layanan purna jual atau garansi dengan Lenovo Premium Care. Selain itu sudah dilengkapi layanan Accidental Damage Protection (ADP) yang dapat menanggung 100% kerusakan tidak disengaja pada laptop secara free dan dapat diklaim lebih dari 1 kali.

Sebagai informasi, garansi yang ditanggung oleh ADP meliputi kejadian tidak terduga sehari-hari seperti tumpahan cairan, benturan, lonjakan listrik, dan layar retak. Setiap pembelian Legion 7i juga menyediakan 3 bulan free Xbox Game Pass.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar