ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406) dengan AMD Ryzen AI Resmi Dijual di Indonesia

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3406) dengan AMD Ryzen AI Resmi Dijual di Indonesia

Gadgetren – Setelah membawa laptop ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) dengan lini prosesor Intel Core Ultra, kini ASUS kembali menghadirkan laptop Zenbook 14 OLED (UM3406) terbaru yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 dengan dukungan NPU Ryzen AI.

Zenbook 14 OLED dengan prosesor AMD Ryzen 7 sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga Rp16.799.000 melalui ASUS Online Store Indonesia di situs ASUS dan Tokopedia. Di Tokopedia laptop ini mendapatkan diskon sehingga harganya menjadi Rp16.499.000.

Laptop ini hadir dalam satu varian warna Jade Black yang mengusung bobot sekitar 1,2kg dengan ketebalan 14,9mm yang memiliki bodi tipis sehingga memiliki portabilitas untuk digunakan di mana saja. Performa pacunya menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 8840HS yang dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon.

Prosesornya tersebut juga dipadukan dengan memori LPDDR5X berkapasitas hingga 16GB dan penyimpanan SSD PCle NVMe M.2 4.0 berkapasitas 512GB. Sistem operasinya menjalankan Windows 11 Home.

Dengan dukungan Ryzen AI dan Windows, laptop ini mendukung tombol pintasan Copilot pada keyboard yang memungkinkan pengguna bisa menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan cepat melalui bantuan jawaban AI untuk beragam macam ide, inspirasi, dan masih banyak lagi.

Selain itu laptop ini juga didukung fitur pengeditan foto dengan AI melalui Paint, tangkapan layar dan perekaman yang bisa diedit dan dibagikan, aplikasi foto dengan pengelolaan dan pengeditan lebih baik, dan pengeditan video canggih dengan Clipchamp.

Baterai Zenbook 14 OLED memiliki kapasitas 75Whr yang dilengkapi pengisian daya cepat dan disebut memiliki ketahanan hingga 17 jam lebih penggunaan. Layarnya berukuran 14″ berpanel OLED yang memiliki resolusi Full HD (1920 x 1200 piksel), refresh rate hingga 120Hz, dan tingkat kecerahan hingga 400nits.

 ASUS-Zenbook-14-OLED-UM3406-1

Layarnya juga telah mengantongi sertifikasi low blue light dari SGS Eye Care Display dan TÜV Rheinland yang menyediakan perlindungan tambahan untuk mata pengguna dari paparan sinar biru saat menatap konten.

Di atas layar terdapat kamera webcam beresolusi Full HD untuk mendukung video telekonferensi yang juga dibekali sensor IR dan mendukung pengenalan wajah melalui Windows Hello. Tersedia speaker dengan dukungan Smart Amplifier dan ASUS Audio Booster serta Harman Kardon dan Dolby Atmos.

Untuk kebutuhan video telekonferensi, tersedia mikrofon dengan AI noise-cancellation yang dapat meredam suara di sekitar pengguna sehingga suara dapat terdengar jernih. Laptop Zenbook 14 OLED juga telah lolos pengujian ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H) yang telah melalui beragam proses ketangguhan seperti jatuh, suhu ekstrem, tekanan, dan lain-lainnya.

Zenbook 14 OLED turut menyediakan konektivitas yang lengkap berupa USB 3.2 Gen 2 Type-C, USB 4 Type-C, Audio combo jack, HDMI 2.1, dan USB 3.2 Gen 1.

ASUS-Zenbook-DUO-UX8406

Selain merilis Zenbook 14 OLED (UM3406), ASUS juga turut memperkenalkan Zenbook DUO (UX8406) yang saat ini sudah bisa dipesan di Indonesia dengan harga Rp39.399.000 melalui situs ASUS Store, Tokopedia, dan Blibli.

Zenbook DUO terbaru ini kini dibekali dengan prosesor lebih tinggi dibandingkan yang telah hadir sebelumnya. Zenbook DUO yang bisa dipesan ini ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 9 5.1 GHz yang dipadukan memori LPDDR5X berkapasitas hingga 32GB, penyimpanan SSD PCle 4.0 berkapasitas 2TB, dan prosesor grafis Intel Arc.

Laptop Zenbook DUO ini mengusung layar sentuh ganda 14″ yang memiliki resolusi 3K (2880 x 1800) berpanel ASUS Lumina OLED, refresh rate hingga 120Hz, dan tingkat kecerahan hingga 500 nits.

Layarnya juga mendukung S Pen untuk membantu pengguna mengoperasikan perangkat maupun untuk menyelesaikan tugas-tugas penting. Kemudian di atas layarnya terdapat kamera dengan berbagai sensor yang telah mendukung sistem pengenalan wajah melalui Windows Hello.

Laptop ini juga menyediakan tombol Copilot di keyboard yang dapat memintas langsung ke dalam fitur Copilot AI dari Windows 11 untuk menjawab beragam pertanyaan dengan cepat. Zenbook DUO memiliki port lengkap seperti Thunderbolt 4 USB-C, HDMI, audio jack, dan USB 3.2 Gen 1 Type-A.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar