ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Pro Plus 5G yang Patut Dipertimbangkan

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Pro Plus 5G Header

Gadgetren – Seiring berjalannya waktu, ponsel Infinix terbaru sudah memiliki beragam fitur dan spesifikasi menarik untuk memikat lebih banyak pengguna.

Menemani Infinix Note 40 yang sudah hadir sebelumnya, Infinix Note 40 Pro Plus 5G merupakan salah satu ponsel kelas menengah yang telah dilengkapi dengan performa bertenaga dan sudah mendukung jaringan 5G.

Dengan harga yang terjangkau, Infinix Note 40 Pro Plus 5G bahkan memiliki fitur Wireless Charging yang biasanya dimiliki oleh ponsel kelas atas serta dua speaker dengan dukungan JBL.

Kelebihan Infinix Note 40 Pro Plus 5G

1. Performa Lancar Untuk Game

Dapur pacu dari Infinix Note 40 Pro Plus 5G dipercayakan pada chipset MediaTek Dimensity 7020 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz yang didukung MediaTek HyperEngine dan AI Evolution sehingga mampu meningkatkan performa perangkat ketika menjalankan game.

Apalagi berdasarkan pengujian dari Infinix, ponsel ini berhasil mendapatkan skor AnTuTu v10 mencapai 426.912 poin. Bahkan pada game Mobile Legends saja diklaim mampu dijalankan secara lancar dengan grafis Ultra dan refresh rate Super.

Terdapat Vapor Chamber Cooling System yang dapat menjaga suhu ponsel tetap stabil walaupun menjalankan game atau aplikasi dalam waktu yang lama. Dukungan RAM 12 GB + 12 GB akan membuat aktivitas multitasking mampu berjalan dengan lancar.

Dua Speaker dari JBL membuat suara yang dihasilkan akan terasa lebih hidup. Untuk penyimpanan internal pada ponsel ini memiliki kapasitas 256 GB yang dapat dengan lega menampung aplikasi, game, maupun aplikasi.

2. Desain Menarik

Pada bagian belakang ponsel yang satu ini menggunakan desain Skyscraper Metalline Finish berbentuk kotak dengan tekstur logam yang memiliki empat lingkaran terinspirasi dari gedung metropolis perkotaan yang ramai.

Tiga lingkaran dimanfaatkan untuk menyimpan tiga kamera belakangnyasedangkan satu lingkaran lagi dimanfaatkan untuk menyimpan Active Halo yang dipinggirnya terdapat lampu Flash. Active Halo akan menyala warna-warni ketika menerima panggilan telepon, notifikasi pesan, maupun sedang melakukan proses pengisian daya baterai di Infinix Note 40 Pro Plus 5G.

Ponsel ini hadir dengan dua varian warna yang terdiri dari Vintage Green dengan tekstur kulit buatan yang menawarkan nuansa hijau seperti di alam dan Obsidian Black yang menghadirkan nuansa misterius di malam hari.

3. Layar Nyaman di Mata

Infinix Note 40 Pro Plus 5G memiliki layar lengkung yang membuatnya terlihat premium dari bagian depan dan layar 6,78 inci membuat konten dapat ditampilkan secara luas.

Dukungan teknologi AMOLED dan resolusi Full HD+ (2436 x 1080 piksel) menghasilkan konten yang ditampilkan layar terlihat terang serta jernih. Berkat refresh rate 120Hz, layarnya mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game secara halus.

Tingkat kecerahan puncak hingga 1.300 nits memungkinkan layar masih dapat memperlihatkan konten walaupun kamu sedang berada di bawah terik matahari sekalipun. Untuk menguranigi terjadinya goresan, Corning Gorilla Glass pun melapisi bagian layarnya.

4. Dukungan 100W Multi-Speed Fast Charging

Meskipun hanya menggunakan baterai 4.600mAh, namun Infinix Note 40 Pro Plus 5G diklaim dapat bertahan lama ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari dalam kondisi normal.

Dilengkapi dengan fitur 100W Multi-Speed Fast Charging, pengisian daya baterai pada perangkat ini mampu berjalan hanya 12 menit dari kondisi 1% ke 50%. Sementara jika ponsel ini diisi selama 5 menit dikabarkan mampu bertahan selama 3,1 jam untuk memainkan game, 4,5 jam untuk navigasi peta, 6,8 jam untuk memutar video nonstop, atau 9 jam untuk telepon.

Sebagai ponsel 5G kelas menengah, Infinix Note 40 Pro Plus 5G sudah dibekali dengan fitur 20W Wireless MagCharge sehingga dapat diisi dayanya secara nirkabel melalui Infinix MagCharger yang sudah tersedia dalam paket penjualannya.

Apalagi ponsel ini juga dapat digunakan untuk menjadi powerbank bagi perangkat lain melalui nirkabel maupun kabel. Bisa dibilang Infinix Note 40 Pro Plus 5G memiliki salah satu fitur yang jarang dimiliki oleh kebanyakan perangkat kelas menengah lainnya.

5. Kamera Beresolusi Besar

Infini Note 40 Pro Plus 5G hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 dan dua kamera depth 2 MP sehingga mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik.

Walaupun tidak mempunyai kamera telefoto, namun resolusi yang besar dimanfaatkan kamera utamanya untuk memberikan opsi foto dari jarak jauh dengan 3x SuperZoom.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 32 MP yang dapat dimanfaatkan untuk foto selfie maupun video call. Hadirnya fitur Night Mode memzbuat kamera belakang dan depannya dapat menghasilkan foto yang terang dan minim noise pada kondisi malam hari.

6. Bawa NFC dan IP53

Hadirnya fitur NFC (Near Field Communication) akan memudahkan dalam mengecek atau mengisi saldo kartu e-money, melakukan pembayaran digital secara cepat, dan transfer data.

Infinix Note 40 Pro Plus 5G juga memiliki sensor inframerah yang dapat menjadi remote control bagi perangkat elektronik lain. Selain itu sertifikasi IP53 membuktikan bahwa telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Ssensor fingerprint pun sudah hadir di bawah layar yang dapat mendeteksi sidik jari dengan responsif.

Kekurangan Infinix Note 40 Pro Plus 5G

1. Absennya Port 3,5mm Audio Jack

Agar bodinya menjadi ramping, Infinix Note 40 Pro Plus 5G tidak membawa port 3,5mm audio jack sehingga tidak dapat secara langsung menghubungkan perangkat audio yang menggunakannya sehingga perlu memanfaatkan adapter USB-C atau perangkat yang sudah mendukung USB-C.

2. Tidak Ada Slot microSD

Dengan penyimpanan internal yang besar, Infinix percaya diri tidak menghadirkan slot microSD pada ponsel ini. Namun kamera dengan resolusi besar akan menghasilkan foto dan video yang cepat memakan banyak kapasitas penyimpanan.

Dengan tidak hadirnya slot microSD, tentunya kamu tidak dapat mengekspansi kapasitas penyimpanan secara cepat sehingga perlu memanfaatkan penyimpanan eksternal jika nantinya sudah penuh.

3. Tidak Hadirnya Kamera Ultrawide

Di harga Rp4.399.000, Infinix Note 40 Pro Plus 5G sayangnya tidak dibekali dengan kamera ultrawide yang mana padahal perangkat kompetitor di kisaran harga sama sudah banyak yang memilikinya. Kamera ultrawide sangat berguna untuk mengambil foto area luas secara cepat dan instan tanpa perlu repot menggunakan mode Panorama.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar