ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Infinix Note 40 dan Infinix Note 30, Meningkat Signifikan!

Infinix Note 40 Vs Infinix Note 30 - Header

Gadgetren – Infinix Note 40 resmi diperkenalkan di Indonesia. Perangkat ini menariknya membawa sejumlah peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya, yakni Infinix Note 30.

Harganya memang menjadi sedikit lebih mahal di mana Infinix Note 40 kini dibanderol Rp2.799.000. Padahal sebelumnya, Infinix Note 30 sudah dapat kita bawa pulang hanya dengan dana sebesar Rp2.499.000 saja.

Meskipun dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal, Infinix Note 40 tetap terlihat menarik untuk dipertimbangkan. Terutama apabila kita mau melihat berbagai macam peningkatannya dari Infinix Note 30.

Perbedaan Infinix Note 40 Vs Infinix Note 30

Dengan ukuran yang sama-sama membentang hingga 6,78 inci, bagian layar menjadi salah satu peningkatan yang ditawarkan Infinix Note 40. Perangkat ini kini dilengkapi dengan panel AMOLED saat Infinix Note 30 sebelumnya masih IPS.

Panel AMOLED Infinix Note 40 mempunyai tingkat kecerahan yang lebih tinggi di mana bisa menangani sampai 1.300nits saat layar Infinix Note 30 hanya mampu 550nits. Jadi bisa menampilkan gambar dengan lebih jelas bahkan ketika digunakan di bawah terik matahari.

Pada bagian layarnya, ketahanan pemakaian Infinix Note 40 juga sedikit lebih unggul karena sudah dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass. Meningkat dari Infinix Note 30 yang belum membawa pelindung dengan keandalan serupa.

Berkat penggunaan panel AMOLED, Infinix Note 40 kini juga mempunyai dukungan pemindai sidik jari terintegrasi di layar. Lebih mutakhir ketimbang Infinix Note 30 yang masih menempatkannya di sisi samping bersama tombol Power.

Hanya saja sebagai ganti, layar Infinix Note 40 memang mendukung resolusi yang sedikit lebih rendah. Perangkat ini sebenarnya sudah menggunakan panel Full HD+ tetapi hanya mampu menangani gambar hingga 2436 x 1080 piksel sementara Infinix Note 30 bisa sampai 2460 x 1080 piksel.

Peningkatan Infinix Note 40 juga terletak pada bagian kamera. Perangkat satu ini kini mempunyai dukungan pengambilan gambar dengan resolusi lebih besar baik untuk kamera utama maupun depannya.

Untuk kamera utama, Infinix Note 40 kini dilengkapi dengan lensa beresolusi 108MP. Jadi secara teori bakalan mampu menghasilkan gambar dengan ukuran lebih baik ketimbang Infinix Note 30 yang hanya mempunyai dukungan hingga 64MP saja.

Sementara untuk kamera depan, perangkat ini juga sudah mengusung lensa dengan resolusi sampai 32MP. Meningkat hingga sebanyak dua kali lipat apabila dibandingkan dengan Infinix Note 30 yang hanya mengandalkan lensa 16MP saja.

Bagian dapur pacu juga mendapat sedikit penyesuaian. Infinix Note 40 kini menggunakan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate di mana merupakan versi kustom dari MediaTek Helio G99 yang menjadi andalan Infinix Note 30.

Spesifikasi peranti keras dari kedua chipset tersebut sebenarnya lumayan serupa. Hanya saja Helio G99 Ultimate menawarkan pengoptimalan di sisi peranti lunak yang lebih baik lewat sebuah kolaborasi ketimbang versi standar.

Yang tak kalah menarik, dukungan pengisian daya di Infinix Note 40 juga lebih lengkap. Kini tambahan fitur 20W Wireless MagCharge yang memungkinkan kita mengisi secara nirkabel selayaknya memakai MagSafe pada iPhone.

Bodi yang dimiliki oleh Infinix Note 40 secara teknis juga mempunyai keandalan lebih tinggi. Fitur tahan percikan air dan debu miliknya sudah tersertifikasi dengan IP54 sementara Infinix Note 30 masih IP53.

Di balik bodinya yang semakin tangguh, Infinix Note 40 sayangnya menghilangkan lubang jack audio 3,5mm seperti perangkat-perangkat di kelas menengah atas. Padahal sebelumnya menjadi salah satu andalan dari Infinix Note 30.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar