ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Xiaomi 14 dan Xiaomi 13, Banyak Peningkatannya!

Xiaomi 14 Vs Xiaomi 13 - Header

Gadgetren – Resmi diperkenalkan di Indonesia, Xiaomi 14 dapat menjadi pilihan menarik buat kita yang memerlukan ponsel baru dengan kinerja hingga dukungan kamera mumpuni untuk beraktivitas.

Perangkat tersebut hadir sebagai penerus dari Xiaomi 13 di mana merupakan ponsel flagship yang tidak sempat diboyong secara resmi ke Tanah Air. Makanya sangat wajar apabila Xiaomi 14 menawarkan spesifikasi dan dukungan di atas rata-rata.

Apalagi sebagai penerus, Xiaomi 14 memang mempunyai sejumlah peningkatan dari Xiaomi 13 yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan. Adapun sebagian di antaranya sebagai berikut.

Perbedaan Xiaomi 14 Vs Xiaomi 13

Xiaomi 14 membawa peningkatan salah satu di antaranya pada bagian dapur pacu. Perangkat tersebut kini menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang mana merupakan versi mutakhir dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 milik Xiaomi 13.

Berdasarkan hasil pengujian laboratorium internal milik Xiaomi, Snapdragon 8 Gen 3 mempunyai kinerja pemrosesan data 32 persen lebih baik dan pemrosesan grafis 34 lebih unggul jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Meskipun mempunyai peningkatan kinerja, Snapdragon 8 Gen 3 menarik memiliki konsumsi daya lebih rendah. Kebutuhan energi CPU miliknya menurun hingga 34 persen dan GPU hingga 38 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 2 ketika diukur pada tingkat kinerja serupa.

Berkat pemakaian chipset yang lebih mutakhir, dukungan koneksi Bluetooth di Xiaomi 14 juga lebih baik. Perangkat tersebut kini mendukung versi 5.4 yang mana tentunya membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan versi 5.3 milik Xiaomi 13.

Sama-sama dikembangkan bersama perusahaan optik ternama Leica, sistem kamera Xiaomi 14 juga mendapat peningkatan. Kamera utamanya yang masih terkonfigurasi hingga 50MP pun bahkan mempunyai lensa dan sensor cukup berlainan.

Pada Xiaomi 14, kamera utamanya menggunakan lensa LEICA VARIO-SUMMILUX dengan sensor yang mendukung bukaan rana f/1.6. Sementara untuk Xiaomi 13 mengandalkan lensa LEICA VARIO-SUMMICRON bersama sensor f/1.8.

Selain kamera utama, kamera telefoto 75mm yang digunakan Xiaomi 14 juga mendapat penyesuaian. Resolusi pengambilan gambarnya kini dapat diatur hingga 50MP atau meningkat dari Xiaomi 13 yang sebelumnya hanya mendukung 10MP.

Kamera sudut lebar Xiaomi 14 kini juga menggunakan lensa dengan resolusi sampai 50MP. Lebih tinggi dari Xiaomi 13 yang masih mengandalkan lensa 12MP. Dalam hal ini, focal length-nya pun turut berubah dari 15mm menjadi 14mm.

Bagian layar juga memperoleh sejumlah peningkatan. Dengan ukuran yang sama-sama seluas 6,36 inci, teknologi panel yang disematkan ke Xiaomi 14 mempunyai spesifikasi sedikit lebih baik ketimbang Xiaomi 13.

Layar Xiaomi 14 kini sudah dilengkapi dengan teknologi LTPO AMOLED yang mendukung refresh rate mulai dari 1Hz hingga 120Hz. Sementara Xiaomi 13 hanya memakai panel AMOLED standar yang beroperasi dengan pengaturan 60Hz, 90Hz, atau 120Hz.

Tingkat kecerahan layar Xiaomi 14 juga lebih tinggi. Panel perangkat tersebut dapat menangani hingga 3.000nits atau secara teknis bisa menampilkan gambar dengan lebih jelas saat dipakai di bawah terik matahari ketimbang Xiaomi 13 yang hanya mampu bekerja sampai 1.900nits.

Resolusi gambar yang didukung oleh layar Xiaomi 14 kini juga semakin tajam. Saat Xiaomi 13 sebelumnya hanya dilengkapi dengan panel Full HD+ (2400 x 1080 piksel), perangkat tersebut sudah mendukung tampilan hingga 1,5K (2670 x 1200 piksel).

Proteksi layar yang ditawarkan Xiaomi 14 juga tercatat semakin kuat. Xiaomi kini soalnya menyematkan lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang mempunyai ketahanan lebih baik daripada Corning Gorilla Glass 5 milik Xiaomi 13.

Pihak Xiaomi di sisi lain juga meningkatkan dukungan pengisian daya pada Xiaomi 14. Perangkat tersebut kini memakai teknologi 90W HyperCharge sehingga secara teknis bakalan mampu bekerja secara lebih cepat ketimbang Xiaomi 13 yang masih mengandalkan 67W Turbo Charge.

Teknologi 90W HyperCharge milik Xiaomi 14 diklaim dapat mengisi daya hingga baterai penuh hanya dalam waktu kurang lebih 31 menit. Sementara pengisian 67W Turbo Charge yang digunakan Xiaomi 13 memerlukan sekitar 38 menit.

Perlu dicatat bahwa kapasitas baterai yang ditawarkan oleh Xiaomi 14 sedikit lebih besar di mana sebesar 4.610mAh saat Xiaomi 13 hanya 4.500mAh. Jadi sebenarnya akan sangat berpengaruh pada selisih waktu pengisian dayanya.

Yang tak kalah menarik, Xiaomi 14 juga sudah meluncur dengan antarmuka sistem HyperOS secara mendasar. Berbeda dari Xiaomi 13 yang masih menggunakan MIUI 14 berbasis Android 13 sehingga perlu menunggu pembaruan untuk memperolehnya.

Bagi kamu yang belum tahu, HyperOS merupakan antarmuka sistem generasi baru yang bakal menggantikan MIUI di masa mendatang. Pihak Xiaomi mengembangkannya dengan berbagai macam perubahan untuk menyempurnakan ekosistem perangkat buatannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar