ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Jagokan Snapdragon 8 Gen2, Xiaomi 13 dan 13 Pro Resmi Dirilis

Xiaomi-13-Pro-1

Gadgetren – Xiaomi baru saja mengumumkan kehadiran handphone terbarunya di Tiongkok yakni seri Xiaomi 13. Handphone flagship ini memiliki dua model yakni Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro.

Kedua handphone baru tersebut akan dijual di pasar Tiongkok mulai tanggal 14 Desember 2022 mendatang. Soal harga, Xiaomi 13 dibanderol mulai 3.999 Yuan atau setara Rp8,9 jutaan untuk kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Sedangkan Xiaomi 13 Pro dilepas mulai 4.999 Yuan atau sekitar Rp11,2 jutaan untuk kapasitas RAM dan penyimpanan internal terendah atau sama dengan Xiaomi 13. Seri Xiaomi 13 hadir dalam empat varian warna yang mencakup hitam, hijau muda, biru muda, dan putih.

Khusus untuk Xiaomi 13 penampang bodi belakangnya dibalut material leather atau kulit. Sementara untuk Xiaomi 13 Pro dibalut kaca atau ceramic. Selain itu Xiaomi 13 juga tersedia dalam warna-warna cerah atau tua seperti merah, hijau, biru, dan kuning.

Keduanya tampil dengan desain bingkai handphone yang berbeda. Untuk Xiaomi 13 mengusung bingkai bodi datar dengan setiap sudutnya yang melengkung. Kemudian Xiaomi 13 Pro membawa desain tiga dimensi dengan setiap sudutnya yang juga melengkung.

Performa pacu keduanya ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen2 Octa-Core (4nm) 3,2GHz yang dipadukan RAM LPDDR5X dan UFS 4.0. Keduanya menyediakan varian kapasitas besar dengan RAM 12 dan penyimpanan internal 512GB. Sayangnya tidak tersedia slot microSD sebagai penyimpanan tambahan mengingat kapasitas yang ditawarkan besar.

Pada bagian depan layarnya memiliki ukuran yang berbeda. Layar Xiaomi 13 berukuran 6,36 inci beresolusi Full HD+ sedangkan layar Xiaomi 13 Pro berukuran 6,73 inci beresolusi 2K. Selebihnya kedua layar handphone ini mendukung refresh rate 120Hz berpanel OLED, memiliki tingkat kecerahan 1.900nits, HDR10+, dan tersertifikasi Dolby Vision.

Xiaomi-13-Pro-3-

Layarnya pun bisa melakukan pemindaian sidik jari untuk masuk dengan cepat ke dalam tampilan antarmuka MIUI 14 berbasiskan Android 13. Baterai Xiaomi 13 berkapasitas 4.500mAh yang dilengkapi pengisian cepat 67W. Lalu Xiaomi 13 Pro memiliki baterai berkapasitas 4.820mAh dengan pengisian cepat 120W.

Sektor fotografi seri Xiaomi 13 didukung oleh pencitraan Leica pada semua lensanya baik depan maupun belakang. Pada kamera depan, kedua handphone ini tebar pesona dengan desain punch hole sebagai tempat kamera depan beresolusi 32MP.

Kemudian kamera belakang keduanya menggunakan tiga lensa yang didukung konfigurasi resolusi berbeda. Xiaomi 13 memiliki lensa utama 50MP dengan Optical Image Stabilization (OIS), lensa telephoto 10MP dengan OIS dan 3,2X pembesaran optik, dan lensa sudut lebar 12MP.

 Xiaomi-13-Pro-2

Sementara kamera belakang Xiaomi 13 Pro mempunyai lensa utama 50,3MP dengan OIS, lensa telephoto 50MP dengan 3,2X pembesaran optik, dan lensa sudut lebar 50MP. Perekaman video kedua handphone ini mampu menghasilkan resolusi 8K pada 24fps HDR.

Kedua handphone ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang menandakan perangkat tahan cipratan air dan debu. Keduanya juga dibekali dua speaker di atas dan di bawah perangkat dengan sertifikasi Dolby Atmos serta HiRes Audio sehingga mampu mengeluarkan suara surround yang enak di telinga.

Fitur seperti NFC untuk metode pembayaran non tunai, mengisi atau mengecek e-money, dan transfer data sudah diberikan. Namun kedua handphone ini tidak didukung port 3,5 jack audio sehingga pengguna harus menggunakan perangkat audio TWS atau dengan bantuan koneksi kabel tambahan ke USB Type C.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar