ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 13 – Kini Semakin Baik

Xiaomi-13

Gadgetren – Xiaomi 13 merupakan perangkat flagship dari Xiaomi yang hadir dengan dukungan spesifikasi tinggi dan kemampuan kamera yang bagus.

Perangkat yang satu ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang membuktikannya bahwa telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal yang mencapai 30 menit.

Produk besutan Xiaomi ini sudah menggunakan layar yang memenuhi bagian depan dengan punch hole di bagian atasnya. Terdapat fitur NFC (Near Field Communication) yang akan memudahkan untuk transfer data, pengisian atau pengecekan saldo kartu e-money, hingga pembayaran digital langsung dari handphone.

Sementara itu, Xiaomi 13 mampu menawarkan kinerja yang cepat berkat penggunaan spesifikasi kelas atas. Tak tanggung-tanggung, perangkat ini sudah dilengkapi chipset flagship dari Qualcomm.

Kelebihan Xiaomi 13

1. Peningkatan Performa GPU dan CPU

Xiaomi 13 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang memiliki peningkatan performa CPU sebanyak 37%, GPU sebanyak 42%, dan AI (Artificial Intelligence) sebanyak 60% dibandingkan perangkat generasi sebelumnya dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 pun bakal mampu melahap game atau berat sekalipun. Berkat teknologi fabrikan 4nm, chipset besutan Qualcomm tersebut memuat lebih banyak transistor karena jaraknya menjadi lebih kecil sehingga berdampak pada CPU yang memiliki kinerja lebih cepat ditambah konsumsi daya yang semakin efisien.

Snapdragon 8 Gen 2 yang hadir pada Xiaomi 13 memiliki delapan inti dengan konfigurasi Mono-Core 3,2 GHz Cortex-X3 + Dual-Core 2,8 GHz Cortex-A715 + Dual-Core 2,8 GHz Cortex- A710 + Tri-Core 2 GHz Cortex-A510. Selain itu, chipset ini juga telah mendukung jaringan 5G dengan operator di berbagai negara dengan kecepatan download hingga 10 Gbps dan upload hingga 3,5 Gbps.

2. Kamera Belakang dengan Dukungan Leica

Xiaomi 13 menjadi perangkat yang kebagian kerja sama antara Xiaomi dan Leica untuk peningkatan kemampuan kamera belakang agar menghasilkan foto bagus. Leica juga turut andil dalam menghadirkan filter-filter yang estetik untuk membuat foto menjadi menarik seperti mode Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look.

Leica pun turut menghadirkan Leica Filter pada aplikasi kamera bawaannya yang terdiri dari Leica Vivid, Leica BW Natural, dan Leica BW High Contrast. Tak hanya sampai di situ saja, Leica juga ikut campur tangan pada pengembangan kemampuan dari kamera ultrawide dan telephoto Xiaomi 13 sehingga mampu menghasilkan foto yang terbaik.

Untuk detailnya, Xiaomi 13 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, telephoto 10 MP, dan ultrawide 12 MP. Kamera telephoto mengizinkan penggunanya membidik obyek dari jarak jauh dengan 2x Optical Zoom atau 5x Hybrid Zoom.

Selain dapat mengambil foto dengan area yang luas, kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto makro dengan resolusi yang besar. Hadirnya fitur HyperOIS membuat perekaman video dengan kamera utama menjadi stabil walaupun pengguna sedang dalam kondisi berlari.

3. Layar Luas yang Memanjakan Mata

Dengan punch hole di bagian atas layar, Xiaomi berusaha menghadirkan layar 6,36 inci yang memenuhi bagian depan dengan bezel yang tipis. Hal ini pun berefek pada keleluasaan pengguna dalam melihat konten.

Dukungan teknologi E6 AMOLED, tingkat kecerahan puncak 1.900 nits, TrueColor Display, DCI-P3, Dolby Vision, dan HDR10+ membuat layarnya mampu menampilkan konten yang teran dan jernih sehingga nyaman di mata pengguna.

Adapun refresh rate 120Hz memungkinkan gerakan transisi maupun animasi terlihat menjadi mulus. Dengan dukungan Pro HDR Display, area gelap pada video yang dijalankan dapat terlihat lebih mendalam.

4. Hiburan dan Game Lebih Nyaman

Selain memiliki layar luas yang jernih dan performa yang bertenaga, hadirnya Super Large Vapor Chamber Liquid Cooling membuat suhu perangkat tetap stabil walaupun memainkan game atau menonton video dalam waktu yang lama.

GPU Adreno 740 yang hadir pada chipset Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kemampuan rendering grafis yang lebih cepat 25% dibandingkan generasi sebelumnya ditambah hadirnya teknologi Real-time Hardware – Accelerate Ray Tracing yang mampu membuat pencahayaan lebih realitstis.

Apalagi perangkat ini didukung juga dengan RAM 8 GB atau 12 GB yang dapat menggeber aktivitas multitasking dari aplikasi dan game yang dijalankan. Sementara penyimpanan internalnya sudah 256 GB sehingga dapat menyimpan banyak film di dalam Xiaomi 13.

Dukungan dua speaker dengan teknologi Dolby Atmos membuat aktivitas menonton film dan memainkan game menjadi lebih hidup karena dapat mendengarkan suara stereo yang kencang dan lebih imersif.

5. Baterai Tahan Lama Didukung Pengisian Cepat

Dibekali dengan baterai 4.500mAh, Xiaomi 13 diklaim mampu bertahan selama 14 jam dalam pemakaian konstan untuk aktivitas sehari-hari. Tentunya hal ini membuat pengguna tidak perlu terlalu sering melakukan pengisian daya.

Sementara fitur 67W Turbo Charge mampu membuat pengisian daya baterai berjalan hanya 38 menit dari kondisi 0% ke 100% dan fitur 50W Wireless Charging hanya 53 menit dari kondisi 0% ke 100%.

Xiaomi Surge Battery Management System pun sudah dihadirkan pada Xiaomi 13 untuk memberikan perlindungan pada pengisian cepatnya agar tidak terjadi konslet maupun terbakar. Sistem ini juga mengatur kesehatan baterai agar tetap dalam kondisi prima.

Kekurangan Xiaomi 13

1. Tidak Memiliki Port Jack Audio

Untuk membuat desainnya menjadi ramping, Xiaomi sayangnya tidak menghadirkan port audio 3,5mm jack sehingga mau tidak mau kamu harus menggunakan adapter agar bisa menghubungkan earphone atau headphone kabel.

Namun kamu dapat juga membeli earphone atau headphone dengan koneksi Bluetooth atau yang sudah mendukung USB Type-C agar dapat langsung terhubung dengan Xiaomi 13.

2. Tidak Memiliki Slot microSD

Dengan tidak hadirnya slot microSD membuat kamu harus memaksimalkan penyimpanan internal yang ada. Apabila kapasitas internal sudah hampir habis, maka terpaksa memindahkan data dari Xiaomi 13 ke penyimpanan lain.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar