Aplikasi

Hemat RAM, Ini Dia Jajaran Browser Paling Ringan di Laptop

Browser paling ringan header

Gadgetren – Saat ini berselancar di internet merupakan suatu kegiatan yang lumrah saat menggunakan ponsel maupun PC. Agar pengalaman berselancar semakin nyaman, kamu pun membutuhkan dukungan browser yang mumpuni.

Namun, perlu diingat bahwa banyak browser atau peramban populer yang dapat menghabiskan banyak RAM dalam perangkat. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan browser paling ringan untuk dipasang agar tidak terlalu membebani komputer.

Menggunakan browser yang ringan tidak hanya membuat kinerjanya dalam melakukan pencarian semakin lancar, tetapi juga menghindari RAM menjadi cepat penuh. Simak rekomendasinya berikut ini!

Comodo IceDragon

Comodo IceDragon

Browser paling ringan pertama adalah Comodo IceDragon. Dikembangkan oleh perusahan keamanan siber terkenal, peramban ini memiliki fitur yang mirip dengan Mozilla Firefox. Tidak hanya itu, dukungan keamanan yang kuat menjaga data dan riwayat pencarian tetap aman.

Torch

Torch Browser

Torch merupakan solusi terbaik jika Anda menggunakan internet untuk menikmati multimedia yang ada di dalamnya. Peramban yang dapat diunduh secara gratis ini memiliki banyak fitur yang dapat diatur sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam memainkan dan mengelola fitur multimedia yang ada.

Salah satu fiturnya adalah Torch Music yang merupakan layanan berbasis Youtube. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa mengakses semua musik dan video pada satu tempat.

Midori

Midori Browser

Jika Anda merupakan pengguna internet yang hanya melakukan browsing untuk kebutuhan mendasar, Midori Browser layak dijadikan pilihan. Midori sendiri merupakan peramban open source yang menawarkan beragam fitur pilihan yang cukup mumpuni. Selain mampu menghemat RAM, Midori juga dikenal sebagai peramban yang hemat dalam konsumsi baterai.

Vivaldi

Vivaldi Browser

Vivaldi merupakan salah satu browser yang umurnya terbilang muda. Namun berkat kinerjanya yang andal, Vivaldi langsung menuai popularitas. Vivaldi pun menggunakan mesin Google Chrome, namun dengan ukuran yang jauh lebih ringan. Penggunaan browser ini akan membuat RAM komputer menjadi bekerja tidak terlalu berat.

Maxthon Cloud Browser

Maxthon Browser

Browser yang bisa kamu unduh pada halaman ini tidak hanya ringan karena dapat dioperasikan pada sistem dengan RAM 512 MB, tapi juga memberikan beragam fitur untuk penggunanya. Kamu bisa memanfaatkan fitur screen capture, mode malam, mode pembaca, pemblokir iklan, notepad, RSS feed, dan lain sebagainya.

Selain itu tersedia pula fitur Magic Fill yang merupakan pengelola kata sandi. Tidak seperti peramban lainnya, Maxthon dapat melakukan sinkronisasi data pengguna melalui layanan cloud khusus, Passport (layanan cloud milik Maxthon).

Tinggalkan Komentar