Tips dan Trik

Download Eror di UC Browser? Coba Atasi Dengan Cara Berikut Ini!

Cara Melanjutkan Download Gagal di UC Browser Header

Gadgetren – Gagal saat mengunduh file merupakan hal yang cukup wajar, dan bahkan sering terjadi pada sebagian pengguna perangkat seluler.

Download atau unduh merupakan proses memindahkan data dari server ke komputer lokal yang kita miliki. Proses ini secara sederhana dapat digambarkan sebagai proses transfer file data elektronik antara dua komputer atau sistem yang serupa.

Gagalnya mengunduh file dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dari mulai faktor internal perangkat, seperti jaringan internet dan memori internal, sampai dengan faktor luar, seperti link yang sudah kadaluarsa.

Namun, di peramban UC Browser, pengguna dapat mencoba mengatasi masalah gagal mengunduh file dengan cara di bawah ini.

Cara Melanjutkan Download Gagal di UC Browser

  1. Buka File Manager, kemudian masuk ke folder UCDownloads
  2. Cari file unduhan yang belum selesai terunduh semuanya dan file berekstensi .cfg, sebagai contoh file_unduhan.zip dan file_unduhan.zip.cfg
  3. Pindahkan kedua file tersebut ke folder lain, pengguna dapat membuat folder baru di lokasi yang sama, kemudian memindahkan kedua file ke dalam folder baru tersebut
  4. Setelah itu, buka UC Browser dan ulangi mengunduh file tersebut,
  5. Tunggu hingga proses unduhan berjalan 2 sampai 5 persen, jika sudah maka pause proses unduhan
  6. Masuk ke File Manager lagi, dan hapus dua file unduhan di UCDownloads seperti sebelumnya
  7. Pindahkan dua file yang telah dipindahkan sebelumnya ke lokasi semula, yaitu di dalam folder UCDownloads
  8. Setelah berhasil dipindahkan, buka download manager di UC Browser, kemudian lanjutkan proses unduhan file tersebut

Cara Melanjutkan Download Gagal di UC Browser

Secara default, peramban UC Browser di perangkat Android memiliki download manager yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pengunduhan file.

Selain itu, aplikasi pihak ketiga ini juga memiliki fitur tunda dan lanjutkan pengunduhan, yang dapat digunakan untuk mempermudah pengelolaan proses pengunduhan.

Namun sayangnya, meskipun memiliki fitur yang sedemikian lengkap, kadang-kadang masih sering terjadi eror saat melakukan pengunduhan file dan fitur resume tidak dapat digunakan.

Sebenarnya hal ini bukan terjadi karena aplikasi peramban UC Browser tersebut, melainkan berhubungan dengan laman web pengunduhan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi adalah seperti link yang sudah kadaluarsa, link eror, dan lain sebagainya.

Secara teknis, saat melakukan pengunduhan, UC Browser juga menyimpan berkas-berkas yang sedang diunduhnya ke dalam memori. Oleh karena itu, pengguna dapat mengakali proses gagal melanjutkan pengunduhan di UC Browser dengan cara yang dijelaskan sebelumnya.

Tinggalkan Komentar

6 Komentar