Berita Tips dan Trik

Ini Cara Berbicara Dengan Chatbot COVID-19 Dari Kemkominfo RI

Akun-Chatbot-WhatsApp-COVID-19--header-fix

Gadgetren – Sejak tanggal 19 Maret 2020, akun Chatbot WhatsApp COVID-19 resmi buatan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia telah beredar di masyarakat dan sekarang kalian bisa menggunakannya.

Pemerintah juga telah mengumumkannya melalui portal Kemkominfo bahwa akun Chatbot WhatsApp sudah bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat per tanggal 20 Maret 2020 untuk mengontrol informasi terkait virus korona.

Jika kalian belum mendapat WhatsApp blast perihal nomor Chatbot COVID-19 pemerintah, kalian bisa klik tautan ini. Akun ini sudah terverifikasi kebenarannya dimiliki oleh Kemkominfo RI dengan tanda simbol centrang berwarna hijau pada bagian kanan nama akun.

Kalian pun tak perlu menyimpan nomor tersebut karena secara otomatis akan tersimpan dengan nama covid19.go.id. Untuk dapat memulai percakapan, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pertama-tama, kalian hanya perlu menyapa dengan kata “halo” atau mengucapkan sapaan. Selanjutnya kalian akan mendapatkan balasan secara otomatis berupa “Selamat Datang” dan akan muncul pilihan informasi mengenai virus korona yang ingin kamu ketahui lebih jauh.

Pilihan tersebut terdiri dari kalimat pertanyaan dari A hingga G yang meliputi: A. Kabar COVID-19 terkini di Indonesia, B. Sebenarnya apa sih COVID-19?, C. Apa saja gejala COVID-19?, D. Bagaimana cara melindungi diri?, E. Bagaimana cara melindungi orang lain?, F. Masker perlu gak sih? G. Rumah Sakit Rujukan COVID-19?, I. Laporan dan Daftar Isu Hoaks.

Jika kalian memilih A dengan kalimat “Kabar COVID-19 terkini di Indonesia”, maka kamu akan mendapat balasan yang berkaitan dengan jumlah kasus terbaru. Informasi jumlah kasus yang diberikan tak hanya secara global saja tapi juga kasus di Indonesia mulai dari yang telah diperiksa, positif COVID-19, sembuh, meninggal, negatif hingga proses pemeriksaan.

Fitur Cara Menggunakan Akun Chatbot WA COVID-19

Untuk bisa beralih ke pilihan kalimat pertanyaan lain, maka kamu harus mengetik “MENU” untuk kembali ke awal dan kemudian memilih daftar yang ada.

Perlu kalian ingat, jawaban-jawaban setiap poin yang kalian dapatkan akan mengarah pada penjelasan singkat dan tidak bisa menjawab pertanyaan kalian selain poin-poin yang disediakan karena sistem akun Chatbot WhatsApp COVID-19 ini menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Jadi kalian bertanya diluar pilihan yang telah disediakan, maka kalian tidak akan mendapat jawaban yang memuaskan. Bila kamu ingin menyelesaikan percakapan, kamu hanya perlu meninggalkan percakapan atau ketik kata “SELESAI”.

Fitur-Cara-Menggunakan-Akun-Chatbot-WA-COVID-19

Semua informasi yang kalian dapatkan melalui percakapan dengan Akun Chatbot WhatsApp COVID-19 pemerintah ini disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sehingga dapat dipastikan keakuratannya.

Selain mengakses Akun Chatbot WhatsApp COVID-19 Resmi Kemkominfo RI, kamu juga bisa mendapatkan informasi perilah virus korona melalui situs resmi COVID-19 pemerintah RI.

Tinggalkan Komentar