Aplikasi

6 Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Dengan Sistem Operasi Windows 10

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10 - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sebagai pengguna aktif laptop bersistem Windows 10, saya memiliki beberapa aplikasi wajib yang harus terpasang agar laptop dapat memudahkan pekerjaan harian dan mampu memenuhi kebutuhan.

Adapun beberapa aplikasi tersebut merupakan aplikasi-aplikasi gratis (termasuk aplikasi terbuka) yang bisa dipasang tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan sehingga cukup meringankan beban pengguna yang harus membeli Windows 10 dengan harga lumayan mahal.

Apa saja aplikasi tersebut dan tempat yang aman untuk mengunduhnya? Berikut ini jabaran kelima aplikasi yang wajib ada di laptop Windows 10 menurut saya!

Google Chrome

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10 - Google Chrome

Peramban adalah aplikasi wajib yang perlu dipasang di dalam komputer, terutama bagi kamu yang bekerja dengan mengandalkan informasi di jaringan internet baik itu berselancar di media sosial hingga gemar menonton video daring.

Meskipun Windows 10 dalam hal ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan Microsoft Edge berbasis Chromium tetapi saya lebih familiar dengan Google Chrome yang memiliki fitur lengkap termasuk dengan adanya ekstensi tambahan yang bisa dipasang.

Aplikasi gratis dari Google ini memang sangat berat bagi komputer dengan RAM yang terbatas. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri, peramban satu ini memiliki kemampuan yang bisa diandalkan dan sangat nyaman untuk digunakan.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara langsung melalui https://www.google.com/chrome/.

WPS Office

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10 - WPS

WPS Office bisa menjadi alternatif yang pas bagi kamu yang merasa keberatan mengeluarkan dana untuk berlangganan Microsoft Office 360 atau membeli Microsoft Office 2019 yang harganya tidak bisa dijangkau oleh kebanyakan orang.

Aplikasi gratis ini menyediakan beberapa perlengkapan khusus untuk mengolah berbagai macam  dokumen dengan tampilan dan fitur yang cukup identik dengan apa yang ada di aplikasi-aplikasi pengolah dokumen milik Microsoft.

Apalagi dalam hal ini, aplikasi ini pun lebih aman untuk digunakan daripada memasang aplikasi Microsoft Office bajakan yang belum bisa dipastikan apakah aplikasi tersebut disusupi malware atau tidak.

Bagi kamu yang ingin memasang aplikasi ini, kamu bisa langsung mengunjungi halaman https://www.wps.com/.

7Zip

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10 - 7Zip

Meskipun sebenarnya Microsoft sudah melengkapi File Explorer dengan kemampuan mengekstrak atau mengompres berkas untuk pengarsipan, tetapi kemampuan tersebut sayangnya masih sangat terbatas.

Sebagai solusinya, kamu bisa memasang 7Zip yang tersedia secara terbuka. Aplikasi pengarsipan ini memiliki rasio pemampatan yang sangat tinggi dan mendukung banyak berkas seperti 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, dan WIM.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di halaman https://www.7-zip.org/.

Paint.NET 4

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10 - Pain.NET

Bagi kamu yang suka mengedit foto atau gambar, Paint.NET 4 menjadi salah satu aplikasi yang wajib dipasang untuk melengkapi serangkaian aplikasi editor gambar yang sudah ada di Windows 10.

Aplikasi ini mendukung pengolahan beberapa gambar secara bersamaan dengan fitur-fitur penambahan obyek yang sangat beragam. Aplikasi editor ini juga mendukung sistem layer sehingga bisa digunakan menumpuk beberapa gambar dan mencampurnya menjadi satu.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui https://www.dotpdn.com/downloads/pdn.html untuk versi gratisnya.

VLC Media Player

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10 - Pain.NET

Agar bisa membuka video atau audio dengan format yang lebih banyak, kamu dapat memasang aplikasi VLC Media Player yang dikembangkan oleh VideoLAN di laptop berbasis sistem Windows 10.

Aplikasi terbuka ini mendukung pemutaran dengan kerangka kerja yang banyak digunakan pada berkas multimedia mulai dari DVD, CD Audio, VCD, dan berbagai protokol streaming yang ada.

Apalagi jika dilihat dari sisi yang lain, aplikasi ini juga memiliki sistem kostumisasi yang sangat banyak serta tersedia benar-benar gratis tanpa spyware, iklan, maupun pelacakan pengguna.

Kamu bisa mengunduhnya melalui https://www.videolan.org/vlc/ untuk menikmati beberapa keuntungan tersebut.

TunnelBear

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10 - TunnelBear

Aplikasi yang saya rekomendasikan untuk dipasang di komputer berbasis Windows 10 terakhir adalah TunnelBear. Aplikasi ini merupakan aplikasi VPN gratis dengan pembelian di dalam aplikasi.

Selayaknya aplikasi VPN pada umumnya, TunnelBear menawarkan jalur pribadi sehingga informasi kita tetap aman saat menggunakan jaringan publik, perlindungan pelacakan IP, hingga dukungan untuk membuka halaman yang diblokir oleh pemerintah atau penyedia layanan.

Apalagi dalam menyediakan layanan ini, aplikasi ini menyediakan layanan VPN gratis dengan lokasi di berbagai macam negara dengan kuota hingga 500 MB setiap bulan dan bisa diperbesar dengan membagikan layanan ke media sosial.

Aplikasi VPN ini bisa diunduh melalui https://www.tunnelbear.com/.

Tinggalkan Komentar