Tips dan Trik

Lupa Kata Sandi Facebook? Berikut Ini Cara Memulihkannya!

Lupa Kata Sandi Facebook - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Lupa kata sandi adalah permasalahan yang sangat umum terjadi di kalangan pengguna Facebook. Karena memang tidak bisa dipungkiri, sebagus apapun ingatan manusia pasti kadang ada celahnya.

Berkaca dari hal ini, perusahaan yang berhasil mengakuisisi media sosial lain seperti Instagram dan WhatsApp tersebut melengkapi layanannya dengan fitur reset password, supaya pengguna dapat lebih mudah mendapatkan akunnya kembali.

Fitur ini bisa digunakan dengan syarat pengguna tidak lupa username dan password emailnya, memiliki nomor telepon yang digunakan untuk mendaftarkan atau untuk verifikasi, maupun memiliki kontak terpercaya.

Reset Password Dengan Email Atau Nomor Telepon

  1. Pertama-tama buka halaman reset password Facebook berikut ini.
  2. Masukkan alamat Email, nomor telepon, atau nama akun untuk mencari akun kamu.
  3. Jika sudah, pilih opsi Kirim kode melalui email atau Kirim kode melalui SMS.
  4. Setelah memperoleh kode, baik dari email maupun SMS, masukan kode ke kolom yang disediakan dan klik Lanjutkan.
  5. Selanjutnya masukkan kata sandi baru untuk akunmu.
  6. Jika perlu pilih opsi Tinjau perangkat lainnya.

Lupa Kata Sandi Facebook - Reset Dengan Email SMS

Cara ini berlaku bagi pengguna yang telah mengintegrasikan email atau nomor telepon pada akunnya. Jika baru mengintegrasikannya salah satu di antaranya, maka yang lainnya pun tidak akan bisa digunakan.

Reset Password Dengan Kontak Terpercaya

Sementara itu, jika lupa email (termasuk kata sandinya) dan nomor telepon telah terblokir atau mati, pengguna masih bisa menggunakan fitur kontak terpercaya (Trusted contact).

Caranya hampir sama saat akan mereset dengan alamat email atau SMS, pertama pengguna harus masuk ke halaman reset password Facebook, kemudian mencari akun miliknya.

Jika sudah ketemu, pengguna dapat memilih akun tersebut dan selanjutnya memilih opsi Tidak punya akses ke sini lagi?. Selanjutnya, pengguna dapat memasukkan alamat email atau nomor telepon yang baru.

Dari halaman berikutnya, pengguna dapat memilih opsi Perlihatkan Kontak Tepercaya, kemudian menuliskan salah satu nama lengkap dari kontak terpercaya yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Setelah memperoleh tautan, pengguna harus mengirimkan tautan tersebut ke kontak terpercaya yang dipilih, lalu meminta mereka membuka tautan tersebut untuk melihat kode pemulihannya.

Jika sudah mendapatkan kode pemulihan, mereka bisa menggunakan kode pemulihan untuk mengakses akun, termasuk untuk mengganti kata sandi.

Lupa Kata Sandi Facebook - Atur Trusted Contact

Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan fitur kontak terpercaya, pengguna harus mengatur kontak terpercaya melalui Settings, kemudian masuk ke Security and Login, dan memilih opsi Choose 3 to 5 friends to contact if you are locked out.

Tinggalkan Komentar