Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Lupa Kata Sandi

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Lupa Kata Sandi Header

Gadgetren – Lupa kata sandi sering kali kita alami ketika ingin masuk ke sebuah aplikasi media sosial dalam hal ini Instagram.

Bila tidak tersimpan dalam bentuk catatan maupun di dalam sistem perangkat tentunya kita bisa saja lupa sehingga harus membuat kata sandi baru untuk memulihkannya agar bisa berselancar di Instagram lagi.

Kata sandi biasanya terdiri dari beberapa karakter seperti huruf dan angka. Agar kita tidak lupa memasukkan kata sandi untuk aplikasi Instagram, maka dari itu sebaiknya kombinasi karakter dipilih dari huruf dan angka yang mudah.

Selain itu menggabungkan karakter dari huruf dan angka akan membuat kata sandi memiliki keamanan yang lebih baik dibanding hanya mengambil dari angka saja seperti tanggal lahir atau dari huruf saja seperti nama sendiri, anak, orang tua, dan peliharaan.

Hal ini dikarenakan informasi tersebut biasanya mudah dilacak di berbagai identitas pribadi seperti KTP atau profil data yang diterbitkan secara umum sehingga Instagram maupun aplikasi media sosial yang menggunakan informasi tersebut akan mudah diretas atau dibajak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Apabila kamu lupa dengan kata sandi Instagram dan ingin memulihkannya ada beberapa cara yang bisa digunakan. Kamu bisa menggunakan fitur untuk memulihkan kata sandi langsung di halaman awal Instagram pada saat log in di handphone kamu.

Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Lupa Kata Sandi

  • Buka aplikasi Instagram di handphone kamu.
  • Di halaman log in, ketuk tombol Dapatkan Bantuan untuk Masuk.
  • Lalu ketik nama pengguna, email, atau telepon untuk mencari akun yang lupa kata sandinya.Cara-Mengembalikan-Akun-IG-yang-lupa-kata-sandi-2
  • Ketuk tombol Selanjutnya.Cara-Mengembalikan-Akun-IG-yang-lupa-kata-sandi-1
  • Setelah akun ditemukan maka akan muncul foto dengan nama akun.
  • Pilih verifikasi untuk memulihkan kata sandi yang lupa melalui email atau SMS.Cara-Mengembalikan-Akun-IG-yang-lupa-kata-sandi-3
  • Jika melalui email, maka kamu bisa memilih reset your password pada email dari Instagram yang dikirim.Cara-Mengembalikan-Akun-IG-yang-lupa-kata-sandi-4
  • Lalu masukkan kata sandi baru di kolom pertama dan ulangi di kolom kedua. Pastikan kata sandi baru ini berbeda dari kata sandi sebelumnya.Cara-Mengembalikan-Akun-IG-yang-lupa-kata-sandi-6
  • Lalu ketuk tombol Atur Ulang Kata Sandi dan akun Instagram kamu pulih kembali dengan kata sandi baru.

Selain bisa menggunakan bantuan Instagram, kamu juga bisa masuk menggunakan Facebook untuk bisa memulihkan akun Instagram pada saat lupa kata sandi karena jika keduanya sudah terhubung karena akan secara otomatis masuk kembali.

Namun jika akun Instagram kamu tidak terhubung, maka kamu harus mengandalkan email yang sebelumnya dijadikan alamat pendaftaran akun Instagram dengan langkah-langkah sama di atas. Tak ketinggalan juga bisa menggunakan nomor ponsel pada saat mendaftarkan akun Instagram.

Dengan nomor ponsel yang sama, kamu akan dikirimkan tautan ke inbox SMS untuk membuat atau mereset kata sandi baru. Perlu diperhatikan nomor ponsel yang kamu masukkan untuk memulihkan akun dengan kata sandi yang lupa harus sesuai dengan nomor yang didaftarkan untuk membuat akun Instagram. Jika berbeda maka proses pemulihan akun Instagram kamu akan gagal.

Tinggalkan Komentar