Tips dan Trik

Cara Menonaktifkan WhatsApp di Perangkat Xiaomi Untuk Sementara Waktu Buat Kamu yang Sedang Sibuk

Cara Menonaktifkan WA di Xiaomi Header

Gadgetren – Membawa sistem khusus MIUI buatannya, perangkat Xiaomi bisa melakukan beberapa hal tanpa perlu aplikasi lain, seperti untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp untuk sementara waktu.

MIUI atau kependekan dari MI User Interface merupakan sistem khusus yang dirancang oleh Xiaomi dengan tujuan untuk memberikan utilitas tambahan untuk memudahkan para penggunanya.

Sistem inilah yang mengawali karir perusahaan Xiaomi di industri internet seluler, sehingga perusahaan tersebut mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi perusahaan sebesar sekarang ini.

Menariknya, selain menawarkan tampilan yang lebih menarik dan lebih sederhana, sistem khusus buatan Xiaomi ini juga menawarkan berbagai macam utilitas khusus, seperti dukungan tema dan berbagai aplikasi pendukung lainnya.

Dengan utilitas-utilitas khusus tersebut, bahkan pengguna perangkat Xiaomi bisa menonaktifkan internet secara spesifik untuk aplikasi-aplikasi tertentu, seperti WhatsApp dan Facebook, sehingga aplikasi tersebut dapat berhenti bekerja sementara waktu.

Secara khusus, bagi kamu yang ingin menonaktifkan aplikasi WhatsApp untuk sementara waktu, berikut ini cara melakukannya di perangkat-perangkat Xiaomi, yang notabene menggunakan sistem MIUI.

Cara Menonaktifkan WhatsApp di Perangkat Xiaomi untuk Sementara Waktu

  1. Buka aplikasi Security
  2. Selanjutnya, dari halaman utama lalu masuk ke bagian Data Usage
  3. Kemudian masuk ke opsi Restrict data usage
  4. Cari aplikasi WhatsApp, kemudian tekan tombol centang di bagian Data dan Wi-Fi untuk menonaktifkannya

Setelah berhasil, kamu tidak akan terganggu oleh berbagai pesan WhatsApp untuk sementara waktu. Hal ini karena aplikasi WhatsApp tidak lagi memiliki akses internet setelah akses penggunaan datanya telah dibatasi dengan cara di atas.

Jika kamu ingin mengaktifkannya kembali, kamu hanya perlu mengulangi langkah yang sama, kemudian mengaktifkan akses data aplikasi tersebut dengan mengetuk tanda silang di bagian Data dan Wi-Fi.

Dengan menggunakan cara yang sama, kamu pun bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan akses internet untuk bekerja, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, BBM, LINE, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan cara di atas kamu juga bisa mengelola penggunaan data dengan membatasi akses internet dari aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting di perangkat sehingga kamu bisa lebih hemat data.

Sebagai tambahan informasi, selain menawarkan fitur pembatasan penggunaan data, yang bisa digunakan untuk menonaktifkan WhatsApp, di pembaruan teranyar untuk MIUI, yakni MIUI 10, Xiaomi juga menyiapkan fitur WhatsApp Cleaner.

Fitur baru di MIUI 10 ini bisa digunakan untuk menghapus sejumlah berkas yang berhubungan dengan aplikasi WhatsApp, seperti foto, video, voice note, dokumen, GIF, dan berkas lainnya, yang biasanya dibagikan melalui layanan aplikasi tersebut.

Tinggalkan Komentar