Tips dan Trik

Cara Cek Touchscreen Xiaomi dengan Mudah

Xiaomi Mi A2 Lite Header Indo

Gadgetren – Kini nama Xiaomi semakin melambung di berbagai negara, termasuk Indonesia berkat smartphone berspesifikasi menarik dengan harga terjangkau. Bisa dibilang kini layar sentuh atau Touchscreen dari smartphone Xiaomi pun lebar sehingga dapat membuat penggunanya leluasa melihat video atau bermain game.

Namun terkadang layar sentuh atau Touchscreen ini pun bermasalah sehingga banyak orang yang penasaran bagaimana cara untuk mengeceknya masih berfungsi atau tidak. Bahkan terkadang ada yang bertanya mengenai dukungan touchscreen Xiaomi apakah untuk 5 jari saja atau mampu 10 jari.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaaran dengan cara mengecek Touchscreen Xiaomi maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

  1. Pertama, Gadgeter dapat menyalakan smartphone Xiaomi miliknya
  2. Setelah menyala, Gadgeter dapat membuka aplikasi Google Play Store
  3. Pada Google Play Store, Gadgeter dapat mengunduh aplikasi bernama Touch Screen Test
  4. Setelah terunduh dan terinstal di smartphone Xiaomi, maka Gadgeter dapat langsung membuka aplikasi
  5. Aplikasi Touch Screen Test ini akan langsung memperlihatkan layar biru
  6. Selanjutnya, Gadgeter hanya tinggal menyentuhkan jarinya pada layar
  7. Nantinya titik atau garis putih akan muncul ketika jari menyentuh layar
  8. Kemudian akan terlihat dukungan Touch Screen ini mampu berapa jari apabila Gadgeter langsung menyentuhkan banyak jarinya di layar
  9. Smartphone masa kini biasanya ada yang mampu mendukung 5 jari atau 10 jari sekaligus
    Namun apabila titik atau garis putih tidak muncul maka secara otomatis area Touchscreen tidak berfungsi

Bisa dibilang cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan karena Gadgeter hanya cukup menginstal aplikasi Touchscreen Test di Google Play Store. Bahkan aplikasi sendiri sederhana sehingga Gadgeter dapat langsung menguji cobanya.

Touchscreen atau layar sentuh sendiri merupakan salah satu komponen terpenting yang harus hadir di smartphone Xiaomi karena memungkinkan penggunanya dapat melakukan aktivitas sehari-hari pada smartphone, mulai dari bermain game, menonton video, melihat foto, hingga mengerjakan dokumen.

Untuk memaksimalkan pengujian Touchscreen sebaiknya Gadgeter menyentuh seluruh area layar agar terdeteksi mana yang berfungsi atau tidak. Namun apabila titik maupun garis putih telah muncul semua maka secara otomatis Touchscreen Xiaomi dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, terkadang Touch Screen ini akan mengalami penurunan respon seiring berjalannya waktu pemakaian smartphone Xiaomi. Apalagi ketika penggunya sering bermain game yang tentunya akan memencet Touchscreen berkali-kali dalam waktu yang cepat.

Untuk itulah, Gadgeter perlu berhati-hati ketika menggunakan Touchscreen. Sebaiknya tidak terlalu sering menyentuhnya agar Touch Screen dapat awet dalam beberapa tahun ke depan. Namun apabila Gadgeter merupakan orang yang sering berganti-ganti smartphone dalam beberapa bulan sekali maka bermain game sering tidaklah terlalu bermasalah.

Tinggalkan Komentar