Tips dan Trik Handphone

Cara Mengetahui Tipe Handphone Xiaomi Untuk Cek Model dan Serinya

Cara Cek Tipe HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Mengecek tipe handphone kadang-kadang memang perlu dilakukan supaya kita bisa lebih mudah saat mengerjakan sejumlah hal, misalnya mencari firmware yang akan dipakai untuk install ulang.

Tanpa mengetahui tipe dari handphone yang digunakan, kita soalnya bisa jadi bakal kesulitan untuk melakukan tersebut. Bahkan justru bisa berisiko tinggi seperti terjadi kerusakan karena salah memasang berkas firmware.

Apalagi, tipe handphone yang beredar sekarang ini memang sangat banyak. Masing-masing perusahaan bahkan kadang-kadang mempunyai lebih dari satu seri agar bisa memenuhi kebutuhan para pengguna yang tersebar di setiap lini.

Xiaomi yang menjadi produsen handphone dengan banyak penggemar pun demikian. Perusahaan yang bermarkas di Tiongkok ini pun mempunyai banyak tipe handphone di mana semakin bertambah banyak setiap tahunnya.

Mengecek tipe handphone buatan Xiaomi untungnya bukan perkara yang sulit. Kamu yang sedang membutuhkannya bisa menyimak langkah melakukan hal tersebut sebagai berikut.

Cara Mengecek Tipe Handphone Xiaomi

Melalui Kotak Kemasan

Seperti halnya kebanyakan perusahaan handphone lain, Xiaomi pun memasarkan perangkat-perangkat buatannya dengan sebuah kotak untuk mengemasnya bersama kabel data, charger, case, hingga dokumen-dokumen pendukung.

Cara Cek Tipe HP Xiaomi - 3

Di sisi luar kotak kemasan, kita umumnya bisa langsung menjumpai tipe handphone yang dikemas tanpa perlu membukanya. Termasuk juga di dalamnya spesifikasi singkat, nomor IMEI, model, dan berbagai informasi penting yang lain.

Saat perlu mengecek tipe handphone, kita makanya bisa langsung mencari kotak kemasan dari perangkat terkait. Jangan lupa untuk mengecek juga nomor model jika perlu memastikan hal yang lebih spesifik misalnya firmware karena adakalanya berbeda meski masih setipe.

Lewat Pengaturan

  • Buka halaman Settings
  • Masuk ke bagian About phone
  • Informasi mengenai tipe handphone Xiaomi bisa dilihat di bagian Device name
  • Apabila Device name sudah diganti, klik All specs
  • Lihat keterangan di bagian Model
    Cara Cek Tipe HP Xiaomi - 1
  • Cari tipe handphone dengan mengetik nomor model ke mesin pencari seperti Google

Apabila membeli handphone bekas tanpa kotak penjualan atau sudah hilang, kita pun bisa mengecek tipe handphone Xiaomi secara langsung lewat halaman pengaturan. Langkah-langkahnya kurang lebih bisa dilakukan seperti di atas.

Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

  • Pasang aplikasi seperti CPU-Z dari Google Play Store 
  • Buka aplikasi setelah terpasang
  • Izinkan beberapa permohonan akses jika diperlukan
  • Setelah masuk ke halaman utama, gulir ke tab Device
  • Cek tipe handphone di bagian Model
    Cara Cek Tipe HP Xiaomi - 2
  • Apabila masih belum jelas, gunakan nomor model untuk mencari tipe handphone lewat mesin pencari

Dengan ketiga cara di atas, kita seharusnya sudah bisa langsung tahu tipe handphone Xiaomi yang mau dicek. Kita selanjutnya bisa menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang diinginkan dengan lebih mudah.

Tinggalkan Komentar