ASUS TUF Gaming FA506
Tips dan Trik

Cara Update Smartphone Xiaomi dengan Mudah

Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang berhasil melakukan ekspansi penjualan smartphone buatannya ke Indonesia.

Selain itu, baru-baru ini Xiaomi telah meluncurkan smartphone resmi di Indonesia yang telah lolos TKDN 30%, yakni Redmi 4A dan Redmi 3S. Kedua smartphone tersebut menawarkan spesifikasi hardware menarik, namun dengan harga di bawah Rp2 juta.

Bisa dibilang memang smartphone Xiaomi telah terkenal di Indonesia, baik yang garansi resmi maupun distributor. Tentunya smartphone Xiaomi ini akan selalu mendapatkan update ROM MIUI yang berbasis sistem operasi Android dalam waktu periode tertentu.

Update ini dimaksudkan untuk membuat fitur smartphone semakin bertambah, bug diperbaiki, hingga keamanan ditingkatkan. Nah, bagi Gadgeter yang ingin melakukan update sistem operasi maka dapat melihat tutorial cara update smartphone Xiaomi sebagai berikut.

1. Melalui OTA (Over-The-Air)

Cara satu ini merupakan yang paling mudah karena Gadgeter hanya tinggal menunggu update MIUI bergulir dan dapat langsung diunduh di smartphone Xiaomi masing-masing.

Bagi Gadgeter yang telah menggunakan MIUI 8 maka dapat langsung mengunjungi aplikasi atau menu Settings > selanjutnya memilih menu About Phone > terakhir memilih System updates > apabila ada update Gadgeter dapat memilih OK.

Sekilas, push notification akan muncul ketika waktu update tiba sehingga sebenarnya Gadgeter tidak perlu masuk ke menu Settings apabila notifikasi update secara otomatis muncul.

2. Melalui Flash ROM

Apabila metode update melalui OTA lama maka Gadgeter dapat mencoba melakukan flash ROM pada smartphone Xiaomi. Cara ini lumayan menantang karena apabila terjadi masalah akan membuat smartphone kehilangan data bahkan rusak.

Untuk itu, Gadgeter dapat melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan update melalui metode flash ROM. Biasanya ROM resmi untuk update MIUI ini tersedia di situs resmi MIUI, bahkan di dalamnya terdapat juga tutorial untuk melakukan flash ROM dengan baik dan benar. Selamat mencoba.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar