Game Unik

Mau Main Mobile Legends Pakai Gamepad? Ini Beberapa Rekomendasinya

Mobile Legends Joystick Header

Gadgetren – Beberapa dari kamu yang seorang gamer pasti ingin selalu memenangkan pertandingan saat bermain game Mobile Legends Bang Bang bukan? 

Mobile Legends sebagai game MOBA di perangkat mobile yang sangat digemari saat ini membutuhkan pemainnya untuk tetap sigap menggerakan karakter Hero. Maka dari itu responsitivitas dari setiap input yang pemain berikan sangat lah mempengaruhi hasil pertandingan apakah itu menang atau kalah.  

Sebagai game mobile tentu saja Mobile Legends perintah diberikan melalui sentuhan jari pada layar smartphone. Namun hal ini punya beberapa kekurangan seperti tingkat akurasi maupun kenyamanan pengguna khususnya yang mempunya jari besar. Nah untuk membantu itu maka muncul produk-produk gamepad atau joystick untuk membantu para pemain mobile. 

Tentu ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu beli, tetapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum itu. Pertama pastikan gamepad tidak menutupi layar smartphone karena area penglihatan akan sangat berpengaruh dalam game kompetitif. Selain itu pastikan juga kemudahan pemasangan dari produk tersebut karena tidak sedikit yang berfungsi kurang benar. 

Jangan lupa juga untuk mengaktifkan fixed position pada bagian controller agar tombol-tombol yang ada tidak bergerak dan tetap berada sesuai pada letaknya. Hal ini akan membantu saat kamu menggunakan joystik yang menempel pada bagian layar. 

Nah kalau kamu sudah mengetahui hal tersebut langsung saja ini beberapa rekomendasi buat kamu yang ingin mencoba menggunakan gamepad atau joystick untuk bermain Mobile Legends di perangkat Android. 

Gamepad/Joystick Untuk Mobile Legends

GameSir G4

GameSir G4

GameSir bisa dikatakan sebagai salah satu produsen yang menawarkan aksesoris gamepad yang cukup handal untuk perangkat smartphone. Desainnya mirip sekali dengan controller Xbox dengan tambahan modifikasi dibeberapa tempat untuk menyesuakina kebutuhan mobile. Seri satu ini akan membuat smartphone kamu seperti perangkat gaming portabel layaknya NVIDIA Shield. 

Smartphone akan dipasang pada penjepit yang ada sehingga layar tidak akan terhalangi sama sekali. Pada bagian kiri dan kanan terdapat tombol serta analog yang digunakan untuk memberikan input. Dengan segala kelebihan tersebut, maka tidak heran kalau GameSir G4 tergolong mahal (Rp450.000) dibandingkan lainnya. 

GameSir F1 

GameSir F1

Satu lagi produk dari GameSir hanya saja kali ini lebih sederhana karena hanya merupakan sebuah pegangan agar tangan lebih nyaman serta analog tambahan yang menempel pada layar. Desainnya cukup trendi dan pastinya akan lebih nyaman saat ingin bermain dalam waktu lama. Harganya juga masih relatif terjangkau, yakni sekitar Rp150.000 

iPega 9023 

iPega 9023

Gamepad satu ini punya desain menarik mirip dengan Nintendo Switch. Smartphone akan diletakan pada bagian tengah dengan ukuran yang telah disesuaikan. Sama halnya seperti GameSir G4, tidak ada bagian yang menutup layar sehingga kamu dapat melihat dengan leluasa dan pastinya membutuhkan baterai karena mengandalkan bluetooth. Untuk yang satu ini, harganya mulai dari Rp250.000 dan tersedia dalam banyak varian. 

Remax RT-EM01

Remax RT-EM01

Gamepad dari Remax ini terbilang unik karena sebenarnya berupa sebuah pegangan tambahan dengan dengan kipas dibelakangnya sehingga kamu tidak perlu khawati smartphone kepanasan. Selain itu juga gamepad ini bisa digunakan sebagai powerbank saat kamu ingin melakukan sesi gaming lama. Hanya saja tidak ada analog atau tombol tambahan pada gamepad seharga Rp100.000 ini. 

Joystick It

Joystick It

Jika produk – produk sebelumnya berupa gamepad menyeluruh, produk satu ini hanya lah sebuah joystick kecil yang ditempelkan pada layar smartphone. Bisa dikatakan Jostick It ini merupakan perpanjangan dari analog digital sehingga jari merasakan ada joystick fisik yang digerakan. Maka dari itu harganya juga sangat murah sekitar Rp20.000 saja, namun buat saya rasanya tidak akan terlalu beda. 

Tinggalkan Komentar