Tips dan Trik

Cara Menggunakan Split Screen Xiaomi di MIUI Agar Bisa Multitasking

Cara Split Screen MIUI 9 Header

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Xiaomi telah merilis MIUI 9 dengan beberapa kelebihannya. Salah satu kelebihan yang layak dicoba adalah fitur baru Split Screen.

Seperti yang kita tahu, Xiaomi menggunakan ROM MIUI untuk menjalankan setiap perangkat miliknya. ROM MIUI merupakan sistem hasil olahan dari sistem operasi Android yang dikerjakan oleh internal perusahaan tersebut.

ROM MIUI pada awalnya merupakan Custom ROM yang populer di kalangan pengguna Android. Namun, karena Xiaomi ikut terjun ke dalam pengembangan hardware, ROM MIUI menjadi ROM asli bawaan ponsel Xiaomi.

Tidak ada bedanya dengan Android, MIUI hanya merombak tampilan agar lebih mudah digunakan, serta menambahkan beberapa fungsi atau fitur utilitas baru, seperti dukungan backup clouds dan pasar aplikasi sendiri.

MIUI saat ini telah dikembangkan sampai pada versi ke 9. Pada versi ke 9 ini, Xiaomi merombak MIUI dengan menggunakan basis sistem Android 7 Nougat. Semua kelebihan Android yang sedang popular ini tentunya juga ikut masuk ke dalam MIUI 9 dan menjadi salah satu keunggulan ROM ini dibandingkan dengan pendahulunya.

Salah satu kelebihan tersebut adalah fitur Split Screen yang dibawa juga ke MIUI 9. Fitur ini jelas menjadi fitur baru di ROM MIUI. Dan kini, MiFans sudah dapat menikmati fitur ini melalui perangkat Xiaomi yang digunakan.

Penjelasan paling sederhana, fitur Split Screen merupakan fitur yang dapat digunakan untuk membagi layar untuk menampilkan banyak aplikasi secara bersamaan. Sebagai contoh, MiFans kini dapat menonton video dan membalas Chat dari mantan secara bersamaan, tanpa perlu menutup layar salah satu aplikasi.

Cara Menggunakan Split Screen Xiaomi di MIUI

Jika masih bingung dengan penjelasan ini, MiFans dapat mencobanya secara langsung fitur terbaru ini. Berikut cara menggunakan Split Screen MIUIĀ  di perangkat Xiaomi.

  1. Sebelum mencoba fitur ini, pastikan MIUI yang terpasang di ponsel Xiaomi adalah versi MIUI 9 ke atas. Jika belum, update terlebih duli versi MIUI yang Anda gunakan.
  2. Jika ponsel Xiaomi Anda telah menggunakan MIUI versi terbaru, fitur Split Screen sudah dapat Anda gunakan untuk menampilkan layar muka aplikasi apapun.
  3. Untuk mengakses fitur ini, Anda dapat menekan tombol Recent App, yaitu tombol untuk menampilkan semua aplikasi yang baru saja dibuka.
  4. Setelah itu klik opsi SplitScreenMode dan drag atau seret aplikasi yang terbuka di daftar aplikasi yang baru saja dibuka ke bagian atas layar ponsel.
  5. Setelah memilih aplikasi yang akan di tampilkan pada layar satu, kini Anda dapat memilih aplikasi yang akan ditampilkan pada layar kedua.

Menarik bukan? Fitur Split Screen dapat digunakan juga pada ponsel selain Xiaomi,tentunya dengan cara yang berbeda. Namun, perlu diketahui bahwa hanya ponsel-ponsel yang menjalankan sistem operasi berbasis Android Nougat ke atas yang bisa menjalankan fitur Split Screen ini.

Oh iya, jika Anda mengalami kegagalan dalam menggunakan fitur ini, bukan berarti fitur ini tidak bekerja dengan baik ya, karena hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh aplikasi yang belum mendukung fitur tersebut.

Leave a Comment