ASUS TUF Gaming F15
Berita Laptop / PC

ZOTAC GAMING Perkenalkan ZONE, Penantang Baru di Gaming Handheld!

ZOTAC GAMING Perkenalkan ZONE, Penantang Baru di Gaming Handheld!

Gadgetren – Pada acara Computex 2024 yang digelar di Taiwan, ZOTAC GAMING yang berfokus pada pengembangan peranti keras berkinerja tinggi memperkenalkan perangkat gaming handheld baru bernama ZONE.

Penantang baru di industri gaming handheld tersebut kabarnya akan diluncurkan pada akhir Bulan Agustus 2024 mendatang. Untuk banderol harganya, perangkat tersebut akan tersedia di angka 799USD atau sekitar Rp13 jutaan.

Melihat dapur pacunya, ZONE bisa menjadi salah satu pilihan menarik saat kita memerlukan komputer berkinerja tinggi. AMD Ryzen 7 8840U yang dibawanya sudah menggunakan arsitektur AMD Zen 4 di mana secara teknis lebih mutakhir ketimbang sejumlah prosesor yang dipakai perangkat gaming handheld lainnya.

Zotac Gaming Zone - Depan

Ditambah lagi, prosesor Ryzen 7 8840U juga disokong dengan AMD Radeon 780M. Kartu grafis ini dikembangkan dengan menggunakan arsitektur AMD RDNA 3 yang menjanjikan pengolah gambar berkinerja tinggi.

Menemani dapur pacunya, ZOTAC GAMING dilengkapi dengan RAM LPDDR5X berkapasitas 16GB. Penyimpanan internalnya mengandalkan M.2 NVME PCIE 4.0 SSD yang mampu menampung data sampai 512GB.

Dengan banderol harga yang relatif tinggi, ZONE menariknya sudah dilengkapi dengan layar AMOLED yang mendukung pengoperasian menggunakan sentuhan jari. Panelnya membentang seluas 7 inci dengan resolusi FHD (1920 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 120Hz.

Zotac Gaming Zone - Trackpad

Tampilan ZONE secara sekilas lumayan mirip dengan Steam Deck. Di bagian depan, komputer portable tersebut mempunyai dua buah trackpad yang diletakkan di sisi kanan dan kiri layar untuk mempermudah pengoperasian.

Di atas masing-masing trackpad-nya, juga terdapat joystick yang diletakkan secara simetri. Kedua tuasnya pun sudah menggunakan teknologi hall efect yang menawarkan keandalan pemakaian tinggi untuk mengurangi masalah drifting.

Gamepad perangkat tersebut mengadopsi tombol ABXY di sebelah kanan dan D-pad yang dibuat menyatu dalam sebuah lingkaran di sebelah kiri seperti pengontrol khas Xbox. Di bagian bahunya, terdapat empat tombol trigger dengan tingkat sensitivitas yang bisa diatur memakai saklar kecil di bagian belakang.

Zotac Gaming Zone - Belakang

Selain saklar kecil untuk mengatur tombol trigger, bodi belakang ZONE juga memuat dua buah tombol tambahan yang bisa diatur sebagai pengontrol. Terdapat lubang ventilasi udara yang cukup lebar di bagian tengahnya.

Sebagai penunjang, perangkat gaming tersebut membawa baterai 48.5 WH. Terdapat juga sejumlah soket seperti jack audio 3.5mm, 2x USB 4, hingga microSD card reader. Konektivitasnya pun sudah mengandalkan WiFi 6E yang dipasangkan bersama Bluetooth 5.2.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar