ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Wearable

Samsung Pamerkan Galaxy Watch FE

Samsung Galaxy Watch FE

Gadgetren – Samsung Electronics global secara resmi telah merilis perangkat wearable terbarunya yang bernama Galaxy Watch FE. Smartwatch ini menjadi pilihan lain bagi pengguna pemula untuk menikmati jam tangan pintar buatan Samsung.

Seperti namanya FE atau Fan Edition yang tersemat di belakang nama modelnya, Galaxy Watch FE menduduki segmen pasar yang sama seperti Galaxy S23 FE yang sebelumnya telah hadir.

Dengan posisinya itu, Galaxy Watch FE dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Galaxy Watch6 Series. Dilansir dari laporan The Verge, Galaxy Watch FE akan dipasarkan dengan harga $199 atau sekitar Rp3,2 jutaan untuk versi Bluetooth. Sedangkan untuk versi LTE akan dilepas dengan harga $249.99 atau setara Rp4 jutaan.

Galaxy Watch FE akan tersedia dalam waktu dekat dengan tiga varian warna yaitu hitam, pink gold, dan silver. Perangkat ini tampil dengan alumunium case yang tersedia dalam ukuran 40mm. Selain itu didukung strap atau tali jam tangan yang menampilkan jahitan biru dan oranye yang berbeda. Tali jamnya mudah diganti dengan model lainnya dengan sekali klik.

Pada layarnya mengusung ukuran 1,2″ yang memiliki resolusi 396×396 piksel yang berpanel Super AMOLED dengan tampilan konten berwarna dan mendukung Always On Display.

Galaxy Watch FE dilengkapi dengan kaca kristal safir yang menawarkan daya tahan perangkat sekaligus untuk memberikan perlindungan terhadap goresan selama penggunaan sehari-hari.

Bobotnya sekitar 26,6 gram dengan ketebalan 9,8mm. Performa pacunya menggunakan chipset Exynos W920 Dual Core 1,18GHz yang ditemani RAM berkapasitas 1.5GB dan penyimpanan internal berkapasitas 16GB.

Samsung Galaxy Watch FE

Baterainya berkapasitas 247mAh yang dilengkapi WPC-based wireless charging. Tampilan antarmuka Galaxy Watch FE menjalankan One UI 5 berbasis Wear OS Powered by Samsung.

Untuk pemantau kesehatan, Galaxy Watch FE mendukung fitur-fitur seperti Sensors Samsung BioActive Sensor yang terdiri dari pemantau detak jantung beserta analisis lengkapnya.

Kualitas tidur pengguna juga dapat dipantau dengan fitur siklus tidur yang akan melakukan pemantauan pola tidur. Selain itu, pengguna dapat memantau kesehatan jantung secara menyeluruh dengan serangkaian fitur pemantauan kesehatan jantung.

Kemudian Galaxy Watch FE juga menawarkan Heart Rate Alert untuk mendeteksi detak jantung yang tinggi atau rendah secara tidak normal dan fitur Irregular Heart Rhythm Notification (IHRN) untuk memantau irama jantung yang menunjukkan adanya fibrilasi atrium (Afib) secara proaktif.

Pengguna pun dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang kesehatan jantung mereka dengan memantau Tekanan Darah dan EKG. Sebagai teman olahraga, jam tangan pintar ini dapat melacak lebih dari 100 jenis latihan.

Bagi para pelari, analisis lari tingkat lanjut juga tersedia yang dapat membantu pengguna tidak hanya menganalisis kinerja secara keseluruhan untuk memaksimalkan efisiensi, tetapi juga dapat memberikan wawasan dan panduan untuk membantu mencegah cedera sehingga mereka dapat terus bergerak menuju tujuan mereka.

Bila ingin merasakan pengalaman berlari lebih optimal, pengguna dapat memanfaatkan fitur Personalized Heart Rate Zone yang dapat membantu pengguna menetapkan tujuan mereka sendiri berdasarkan kemampuan fisik mereka.

Pengguna juga bisa mendapatkan informasi terkait komposisi tubuh mereka sehingga dapat mengetahui tubuhnya bugar atau proporsional atau tidak. Setiap harinya Galaxy Watch FE akan mengirim pesan motivasi kepada pengguna agar   terus meningkatkan kesehatan diri.

Jam tangan pintar ini telah mengantongi sertifikasi 5ATM yang menandakan perangkat dapat diajak berenang di air normal pada kedalaman hingga 50 meter. Pengujian sertifikasi MIL-STD-810H untuk ketangguhan perangkat juga telah diberikan melalui beragam proses seperti jatuh, suhu tinggi dan rendah, serta masih banyak lagi.

Perangkat wearable ini kompatibel dengan Android 11 ke atas dan menyediakan fitur Near Field Communication (NFC) yang dapat mengisi atau mengecek e-money, transaksi non tunai dan transfer data.

Disamping itu, Galaxy Watch FE juga didukung fitur temukan ponsel saat terputus dari jam tangan dengan Find My Phone, dapat mengontrol kamera ponsel Samsung yang terhubung dari jarak jauh dengan Camera Controller, hingga mendukung Samsung Wallet.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar