ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Sistem Operasi Mixed Reality, Meta Horizon OS, Kini Dibuka Untuk Pihak Ketiga

Sistem Operasi Mixed Reality, Meta Horizon OS, Kini Dibuka Untuk Pihak Ketiga

Gadgetren –  Memperluas platform yang lebih terbuka untuk metaverse, Meta mengumumkan bahwa pihaknya membuka sistem operasi mixed reality Meta Horizon OS sehingga memungkinkan perusahaan pihak ketiga dapat membuat headset sendiri dengan sistem operasi tersebut.

Perluasan ekosistemnya ini memberikan kesempatan kepada pihak luar sehingga menciptakan lebih banyak pilihan bagi konsumen untuk menggunakan headset dengan beragam varian.

Meta Horizon OS sendiri menggabungkan teknologi inti yang mendukung pengalaman mixed reality saat ini dengan serangkaian fitur yang menempatkan kehadiran sosial sebagai pusat platform.

Untuk memungkinkan sistem interaksi yang lebih alami, pihak Meta menghadirkan pelacakan tangan, mata, wajah, dan tubuh. Bahkan untuk menghadirkan realitas campuran, Meta membangun teknologi dengan memadukan dunia digital dan fisik.

Para pengembang dan pembuat konten dapat memanfaatkan semua teknologi tersebut untuk menciptakan pengalaman mixed reality mereka sehingga mereka dapat menjangkau audien dan mengembangkan bisnis melalui platform penemuan konten dan monetisasi yang ada di dalam Meta Horizon OS seperti Meta Quest Store yang akan Meta ganti namanya menjadi Meta Horizon Store.

Meta Horizon OS juga menawarkan lapisan sosial seperti identitas, avatar, grafik sosial, dan grup pertemanan untuk penggunanya yang dapat berpindah ke seluruh ruang virtual. Pengembang pun dapat menghubungkan fitur-fitur sosial ini ke dalam aplikasi mereka.

Pengguna juga dapat menghabiskan waktu bersama di ruang virtual yang ada di seluruh perangkat mixed reality, mobile dan desktop. Perangkat Meta Horizon OS juga akan menggunakan aplikasi pendamping seluler yang sama dengan yang digunakan oleh pemilik Meta Quest saat ini yang akan pihaknya ubah namanya menjadi aplikasi Meta Horizon.

Beberapa perusahaan teknologi global diketahui telah bekerja sama untuk menghidupkan ekosistem baru ini dengan perangkat-perangkat baru yang dibangun di atas Meta Horizon OS seperti ASUS ROG, Lenovo, hingga Xbox.

Bersamaan dengan membuka Meta Horizon OS untuk lebih banyak pembuat perangkat, Meta juga memperluas cara-cara pengembang aplikasi untuk menjangkau audien mereka.

Pihaknya kini mulai memproses untuk menghilangkan batasan antara Meta Horizon Store dan App Lab yang memungkinkan setiap pengembang bisa memenuhi persyaratan teknis dan konten dasar untuk merilis perangkat lunak di platform ini.

Judul-judul game pada App Lab kabarnya juga akan segera ditampilkan di bagian khusus toko di semua perangkat Meta sehingga mudah ditemukan oleh pengguna yang lebih luas.

Tak ketinggalan, Meta saat ini sedang mengembangkan kerangka kerja aplikasi spasial baru yang dapat membantu para pengembang mobile menciptakan pengalaman mixed reality.

Para pengembang di sini akan dapat menggunakan alat yang sudah mereka kenal untuk membawa aplikasi mobile mereka ke Meta Horizon OS atau membuat aplikasi mixed reality yang sama sekali baru.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar