ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 – Semakin Menggoda

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 - Header

Gadgetren – Xiaomi Pad 6 sudah resmi meluncur ke pasar Indonesia. Membawa sejumlah peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya, perangkat tablet ini tentu sangat layak untuk dipertimbangkan.

Xiaomi Pad 6 sendiri hanya dibanderol dengan harga Rp4.999.000 untuk pembelian perangkat tablet saja atau Rp6.497.000 jika sekaligus stylus Xiaomi Smart Pen generasi 2 dan keyboard magnetiknya. Ada juga opsi dengan salah satu aksesori yang dilabeli Rp5.748.000.

Dengan harga yang lumayan terjangkau, Xiaomi Pad 6 tentu saja dapat menjadi alternatif bagi kita yang memerlukan tablet untuk beraktivitas. Perangkat ini apalagi mempunyai sejumlah kelebihan walaupun memang ada beberapa kekurangan yang ikut hadir bersamanya.

Kelebihan Xiaomi Pad 6

1. Siap Diajak Beraktivitas Apapun

Membawa jargon “built for work, designed for ease”, Xiaomi Pad 6 dilengkapi dengan dapur pacu yang mumpuni. Perangkat ini memang kembali mempercayakan pemrosesan datanya kepada Qualcomm Snapdragon 870 tetapi kemampuannya jangan dipandang sebelah mata.

Snapdragon 870 merupakan salah satu chipset flagship yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Dengan arsitektur Qualcomm Kryo 585 berkecepatan hingga 3,2GHz, GPU Qualcomm Adreno 650, serta manufaktur 7nm, kemampuannya masih sangat bisa diandalkan.

Bahkan diajak untuk bermain game sekalipun, tablet besutan Xiaomi ini bakalan sangat bisa diandalkan. Di dalamnya apalagi juga sudah memakai RAM bertipe LPDDR5 sebesar 8GB yang dikombinasikan bersama media penyimpanan internal UFS 3.1 berkapasitas 256GB.

Belum lagi, Xiaomi Pad 6 juga mengusung layar yang mendukung refresh rate hingga 144Hz. Jadi animasi gambar yang dihasilkan akan menyesuaikan pengaturan maksimal konten di mana semakin tinggi maka gerakan bisa terlihat lebih halus.

2. Pas Untuk Menikmati Konten-konten Multimedia

Membahas soal layarnya, Xiaomi Pad 6 di sisi lain mempunyai panel berukuran 11 inci yang mendukung resolusi WQHD+ (2880 x 1800 piksel). Menikmati konten-konten hiburan hingga aktivitas yang lain pun bisa terasa lebih leluasa dengannya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 - layar

Tablet keluaran baru ini apalagi juga sudah mengusung teknologi dari Dolby Vision yang dapat meningkatkan produksi gambar mulai dari kontras hingga warnanya. Tujuannya agar video-video HDR (High Dynamic Range) terlihat lebih dramatis.

Di samping itu, Xiaomi juga menyematkan Sertifikasi Cahaya Biru Rendah dari TÜV Rheinland untuk memastikan bahwa tablet baru mereka dapat digunakan dengan nyaman meskipun dalam durasi lama. Mata kita pun menjadi tidak cepat lelah.

Dukungan untuk menikmati konten-konten multimedia pun semakin lengkap karena Xiaomi Pad 6 juga dilengkapi dengan empat buah speaker. Suara yang dihasilkan pun bisa terdengar lebih natural sesuai adegan dalam tayangan berkat teknologi Dolby Atmos.

Jangan lupa, Xiaomi Pad 6 pun sudah mengantongi sertifikat Hi-Res Audio baik itu untuk pemakaian dengan kabel maupun secara nirkabel. Perangkat tersebut pun dapat memutar berkas suara berkualitas tinggi yang sangat digemari oleh para audiophile.

3. Bodi Semakin Berkelas

Salah satu peningkatan paling terlihat dari Xiaomi Pad 6 dibandingkan dengan tablet pendahulunya adalah material bodi yang digunakan. Perangkat baru ini kini memakai penutup berbahan aluminum yang membuatnya terlihat semakin berkelas.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 - Bodi

Hadir dalam dua balutan warna yang mana termasuk Gravity Grey dan Mist Blue, desain bodi Xiaomi Pad 6 juga terlihat cukup premium. Bentuknya sekilas terlihat cukup mirip seperti perangkat dari seri keluarga Xiaomi 13 tetapi dalam dimensi yang lebih besar.

4. Didukung Sistem Daya yang Baik

Untuk menemani para pengguna beraktivitas, Xiaomi Pad 6 pun dipersenjatai dengan baterai yang sangat besar di mana secara teknis mampu menampung daya hingga 8.840mAh. Jadi kita tak perlu takut perangkat bakalan cepat kehabisan daya ketika digunakan.

Berdasarkan uji coba laboratorium Xiaomi, baterai 8.840mAh milik perangkat ini mampu bertahan hingga 65 jam untuk memutar musik, 23 jam untuk membaca konten, atau 16 jam untuk menayangkan video. Bahkan bisa sampai 26,9 hari jika dibiarkan menyala dalam kondisi siaga.

Apabila perlu mengisi daya, kita pun tak perlu menunggu lama. Xiaomi Pad 6 mendukung teknologi pengisian cepat 33W yang diklaim hanya memerlukan waktu sekitar 99 menit untuk membuat baterai penuh hingga 100 persen dari kosong.

5. Bawa Ekosistem MIUI untuk Tablet yang Semakin Disempurnakan

Ekosistem MIUI untuk tablet pun kini semakin baik. Xiaomi Pad 6 makanya mempunyai berbagai macam fitur yang dapat mempermudah para pengguna dalam mengoperasikan perangkat berukuran besar melalui antarmuka sistem besutan Xiaomi tersebut.

Termasuk di antaranya kita kini akan menjumpai tambahan gesture usapan tiga jari yang dapat membuat tampilan terpisah alih-alih screenshot seperti ponsel Xiaomi pada umumnya. Membuka aplikasi pun dapat lebih cepat saat multitasking.

Meskipun baru didukung oleh aplikasi-aplikasi tertentu, antarmuka sistem MIUI untuk tablet pun mendukung fitur drag-and-drop yang memungkinkan kita membagikan teks, gambar, maupun berkas dengan menyeretnya.

Antarmuka MIUI untuk tablet juga mempunyai fitur bernama FocusFrame yang dapat membuat kita terlihat seolah-olah selalu di tengah-tengah kamera meskipun bergerak ke sana kemari saat melakukan konferensi video dengan kamera depan.

Terdapat juga Conference tools yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pengguna saat menggelar rapat atau obrolan. Termasuk di dalamnya seperti untuk membuka fungsi atau fitur tertentu secara lebih cepat.

Kekurangan Xiaomi Pad 6

1. Hanya Tersedia Versi WiFi

Sayangnya, Xiaomi Pad 6 hanya hadir dalam varian WiFi saja. Kita yang ingin beraktivitas secara daring pun harus selalu mencari jaringan WiFi publik, mengaktifkan hotspot personal di ponsel, atau membawa ke mana-mana perangkat MiFi sebagai solusi.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 - MIUI

Tanpa dukungan kartu seluler, Xiaomi Pad 6 juga tidak dapat dipakai untuk menggantikan milik ponsel sepenuhnya. Kota soalnya tidak bisa memakainya untuk membuat panggilan telepon atau mengirim pesan SMS untuk berkomunikasi dengan orang lain.

2. Tidak Mendukung Sensor Pemindai Sidik Jari

Juga cukup disayangkan, perangkat buatan Xiaomi ini tidak dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari padahal beberapa tablet lain justru mulai membawanya. Membuka layar kunci pun bakal kalah praktis dibandingkan dengan memakai fungsi tersebut.

3. Penyimpanan Tidak Bisa Diekspansi

Seperti apa yang sudah disinggung di bagian atas, Xiaomi Pad 6 pun hanya meluncur dalam satu varian memori tunggal. Perangkat tersebut hanya mempunyai sebuah model yang terkonfigurasi dengan media penyimpanan internal sebesar 256GB.

Kita sebenarnya sudah bisa secara leluasa untuk menyimpan data dengan kapasitas tersebut untuk pemakaian di masa sekarang. Hanya saja jika dirasa kurang, Xiaomi Pad 6 sayangnya tidak dilengkapi dengan slot kartu memori eksternal untuk ekspansi.

Jika memerlukan ruang media penyimpanan yang lebih besar, kita pun perlu mencari solusi lain. Termasuk di antaranya seperti memanfaatkan layanan awan atau sedikit repot memindahkan data ke perangkat komputer atau USB Flash drive.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar