ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 – Semakin Layak Dipertimbangkan

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 - Header

Gadgetren – Xiaomi Pad 6 tampaknya akan segera meluncur di Indonesia. Perangkat tersebut kini sudah mengantongi sertifikat Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Postel).

Sampai pada saat artikel ini diterbitkan, Xiaomi Pad 6 sendiri memang baru diluncurkan di wilayah Tiongkok. Perangkat berbentuk tablet tersebut resmi menyapa pengguna di sana tepatnya pada Bulan April 2023 kemarin bersama versi Pro-nya.

Ada kemungkinan spesifikasi yang digunakan di Indonesia akan sedikit berbeda. Meskipun begitu, kita tetap bisa memakainya untuk melihat kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 6 sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli perangkat tersebut.

Kelebihan Xiaomi Pad 6

Xiaomi Pad 6 menjagokan Qualcomm Snapdragon 870 sebagai dapur pacu. Chipset kelas flagship ini tentu saja mempunyai kinerja yang lebih dari cukup untuk menangani berbagai macam tugas mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun.

Snapdragon 870 sendiri merupakan chipset yang dikembangkan berdasarkan arsitektur Qualcomm Kryo 585 dengan frekuensi hingga 3,2GHz. Manufaktur pengembangannya sudah menggunakan proses 7nm dengan GPU Qualcomm Adreno 650 untuk olah grafisnya.

Kemampuan Xiaomi Pad 6 pun akan semakin bisa diandalkan karena perangkat juga dilengkapi dengan dukungan RAM bertipe LPDDR5 berkapasitas hingga 8GB. Terdapat juga media internal UFS 3.1 dengan ruang penyimpanan hingga 256GB.

Penerus Xiaomi Pad 5 tersebut juga menawarkan dukungan layar yang menarik. Meskipun masih menggunakan teknologi IPS LCD, panel 11 inci miliknya sudah mendukung resolusi 2,8K (2880 x 1800 piksel) dan refresh rate hingga 144Hz yang bisa memanjakan mata pengguna.

Ditambah lagi, layar Xiaomi Pad 6 memang mendukung sejumlah teknologi seperti Dolby Vision, HDR10, cakupan warna DCI-P3. Xiaomi pun sudah menyematkan lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi panel perangkat tersebut dari goresan.

Bermain game hingga menonton video dengan Xiaomi Pad 6 makanya akan terasa menyenangkan. Selain layar yang menarik, perangkat tablet tersebut apalagi juga dilengkapi dengan empat buah speaker di sekujur bodi yang mendukung suara stereo dan Dolby Atmos.

Kita pun tak perlu khawatir perangkat bakal cepat kehabisan daya. Xiaomi Pad 6 soalnya dilengkapi dengan baterai sebesar 8.840mAh. Jika terpaksa mengisi daya, tablet tersebut pun membawa teknologi pengisian 33W yang hanya memerlukan waktu 99 menit hingga kapasitasnya penuh.

Kekurangan Xiaomi Pad 6

Versi yang diluncurkan di Tiongkok sayangnya belum mendukung jaringan seluler. Artinya, kita tidak bisa memakainya untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS. Kita yang ingin memakai Xiaomi Pad 6 untuk melakukan pekerjaan daring juga harus selalu mencari WiFi.

Perangkat tablet dari Xiaomi tersebut juga mendukung sejumlah aksesori seperti keyboard maupun pena stylus. Hanya saja kita yang ingin menggunakannya perlu mengeluarkan dana sedikit lebih banyak karena keduanya dijual secara terpisah.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar