Mading Tekno

Mengenal Dolby Vision dan Audio yang Kini Didukung Banyak Perangkat

Mengenal Dolby Vission dan Audio - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dolby bukan lagi hal asing karena teknologi-teknologinya sudah banyak mempersenjatai perangkat elektronik mulai dari televisi, konsol game, hingga handphone sebagai fitur andalan.

Perangkat elektronik yang mengusung Dolby umumnya akan memberikan pengalaman audio visual lebih imersif atau terasa nyata berkat teknologi yang dibawanya.

Dolby sendiri mempunyai banyak teknologi yang dirancang untuk membuat perangkat elektronik dapat menampilkan gambar dan suara lebih mendalam. Adapun dua di antaranya termasuk Dolby Vision dan Audio.

Mengenal Dolby Vision dan Audio

Dolby Vision dan Audio merupakan dua teknologi berbeda. Meskipun begitu, kedua terobosan tersebut hadir untuk saling melengkapi supaya perangkat yang mengusungnya mampu memberikan kualitas tayangan video maupun suara lebih memesona.

Sebagai mana istilah yang dikenakannya, Dolby Vision secara khusus dirancang untuk meningkatkan kualitas visual. Teknologi ini akan membantu mengolah kecerahan, warna, hingga ketajaman dalam menghadirkan konten HDR dan SDR yang luar biasa dan telah ditingkatkan.

Tayangan yang dihasilkan akan menjadi lebih hidup dengan detail lebih tajam dan warna lebih cerah. Bahkan gambar terang akan semakin cerah dan gambar gelap akan semakin pekat sehingga kita dapat merasa masuk ke dalamnya.

Mengenal Dolby Vission dan Audio - 1

Sementara di sisi lain, Dolby Audio lebih cenderung pada peningkatan suara. Sejumlah terobosannya akan memastikan bahwa perangkat dapat menghadirkan sebuah konten yang terdengar lebih kaya, jelas, dan bertenaga.

Dolby Audio pun menjanjikan suara surround hingga 7.1 saluran. Jadi nantinya konten bakal terasa lebih hidup karena suara dapat mengikuti setiap adegan mulai dari menjauh, mendekat, atau bahkan memutari tubuh kita.

Teknologi suara yang ditawarkan Dolby Audio pun ada beberapa jenis mulai dari Dolby Digital Plus, Digital, TrueHD, Volume, Pro Logic IIz, hingga AC-4 dimana semuanya akan memberikan pengalaman lengkap dalam mendengarkan berbagai macam konten.

Mengenal Dolby Vission dan Audio - 2

Baik Dolby Vision maupun Audio merupakan sebuah ekosistem. Keduanya memuat berbagai macam kebutuhan mulai dari produksi konten, distribusi, hingga dukungan untuk perangkat yang mampu menjalankannya.

Keduanya pun tidak hanya terbatas pada penayangan sinema maupun pemutar musik melainkan juga untuk bermain game. Beberapa konsol terbaru bahkan sudah mengemas teknologi dari Dolby ini agar kita benar-benar merasa terjun ke dalam permainan.

Tinggalkan Komentar