Review Review Handphone

Review realme GT Master Edition – Rasa Flagship, Segalanya Serba Ngebut

realme GT Master Edition - 1

Gadgetren – Beberapa waktu lalu realme memberikan suatu dobrakan melalui produk terbarunya yang bernama realme GT Master Edition.

Sebagai handphone perdana dari lini GT yang menggantikan lini X, realme GT Master Edition tentunya termasuk ke dalam handphone kelas atas yang tidak main-main dengan apa yang ditawarkannya.

Tidak hanya membawa spesifikasi unggulan di dalamnya, realme GT Master Edition menghadirkan desain yang cukup unik dan berbeda ketimbang banyak handphone masa kini. Bahkan realme menggandeng desainer ternama asal Jepang, Naoto Fukasawa untuk menciptakan suatu tampilan yang ciamik.

Review realme GT Master Edition
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Kesimpulan

realme GT Master Edition menghadirkan handphone rasa flagship dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Performa tangguh dan isi daya baterai super cepat bakal menjadi andalan utamanya.

Pros

  • 65W SuperDart sangat ngebut
  • Kinerja bandel
  • Layar AMOLED 120Hz
  • Desain nyaman di tangan
  • Sudah siap 5G

Cons

  • GT Mode tidak terlalu berpengaruh
  • Foto makro kurang optimal
  • Tidak ada slot microSD

Pada penutup belakangnya, realme GT Master Edition memiliki desain yang terinspirasi dari koper tavel lengkap dengan garis lekukan horizontal. Tulisan realme berlapiskan krom dan tanda tangan dari Naoto Fukasawa tak ketinggalan turut menghiasi tampilan belakangnya

realme GT Master Edition - 4

Desain tersebut sengaja dihadirkan oleh realme sebagai bentuk dorongan kepada para penggunanya untuk terus bereksplorasi. Desain dari realme GT Master Edition memang terlihat lebih unik dibandingkan varian Daybreak Blue atau bahkan kompetitornya seperti vivo V21 yang punya kisaran harga sama.

Secara sekilas dari kejauhan, desain yang dimiliki oleh realme GT Master Edition bisa dikatakan tidak terlalu mencolok. Namun ketika diteliti dari dekat baru akan membuat penasaran siapa pun yang melihatnya, apalagi saat dipegang langsung.

Lekukan horizontal yang dihadirkan tidak hanya menambah estetika minimalis yang dibawanya, melainkan juga jadi lebih aman saat digenggam karena memberikan cengkraman yang lebih baik. Selain itu, bahan vegan leather yang melapisinya terasa sangat halus di tangan dan mencegah licin saat digunakan dalam waktu lama.

realme GT Master Edition - 3

realme juga menyematkan modul kamera yang berisikan tiga lensa, sebuah lampu LED, dan tulisan Matrix AI Camera dengan tampilan yang serasi dengan keseluruhan bodi belakang realme GT Master Edition.

Beralih ke bagian depannya, realme GT Master Edition memiliki layar penuh 6.4 inci beresolusi FHD+ 2400×1400 piksel dengan punch hole di pojok kanan atasnya. Layar tersebut tentunya sudah memiliki fitur yang sangat mumpuni seperti dukungan 120Hz Refresh Rate, 360Hz Touch Sampling Rate, kecerahan 1.000 nits, dan cakupan warna 100% DCI-P3.

Mengandalkan panel AMOLED dari Samsung, layar besar realme GT Master Edition dipastikan mampu menampilkan gambar yang kaya warna dan jernih, bahkan ketika digunakan di bawah terik matahari sekali pun. Mengonsumsi konten hiburan baik itu video maupun bermain game pastinya bakal jadi lebih imersif.

realme GT Master Edition - 5

Apalagi dukungan 120Hz Refresh Rate tidak hanya akan menampilkan animasi yang lebih halus saat bermain game melainkan juga memberikan pengalaman navigasi yang lebih mulus dan responsif. Secara bawaan, sistem akan mendeteksi dan memilih refresh rate optimal ketika menjalankan suatu aplikasi..

Untuk bisa mendorong refresh rate setinggi itu, realme GT Master Edition dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G yang dibuat menggunakan fabrikasi 6nm. Chipset tersebut membawa CPU 8 inti berkecepatan 2,4GHz dan GPU Adreno 642L untuk menangani segala aplikasi yang dijalankan.

Walaupun Snapdragon 778G 5G memang bukan chipset paling cepat saat ini, namun kinerja yang dihadirkannya sudah sangat mumpuni terutama jika ingin diajak bermain game. Apalagi chipset ini juga sudah siap untuk mendukung jaringan 5G di kisaran harganya.

realme GT master Edition Spesifikasi

Sementara itu, RAM 8GB dan penyimpanan 256GB didaulat untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang kian semakin memakan memori. Terdapat juga varian RAM 6GB dan penyimpanan 128GB dengan harga lebih terjangkau bagi kamu yang merasa itu sudah cukup.

Menariknya, realme GT Master Edition juga dibekali fitur RAM Expansion yang tengah menjadi tren belakangan ini. Melalui fitur RAM Expansion, penyimpanan kosong yang tidak dipakai dapat diubah menjadi RAM Virtual sebesar 5GB sehingga secara teori total RAM yang dimiliki bisa menjadi 13GB.

Ketika diuji menggunakan AnTuTu v9, ketangguhan dari spesifikasi yang dibawanya pun semakin terlihat. Handphone terbaru dari realme ini berhasil meraih skor 541.182 poin, jauh melewati realme 8 5G dan sangat bersaing dengan Samsung Galaxy S21 Ultra sekali pun dalam hal performa jika melihat ulasan yang sudah tim Gadgetren lakukan sebelumnya.

realme GT master Edition Benchmark

Kinerja tersebut tentu tidak lepas berkat dibenamkannya Snapdragon 778 5G yang tercatat mendapatkan skor 791 poin untuk Single Core dan 2.767 poin untuk Multi Core pada aplikasi Geekbench 5. Maka dari itu, performa yang diberikan oleh realme GT Master Edition rasanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Dalam penggunaan dikeseharian, realme GT Master Edition pun sangat nyaman untuk diajak melakukan berbagai aktivitas baik itu berselancar di dunia maya hingga bermain game. Kombinasi dapur pacu yang bertenaga serta layar 120Hz memberikan pengalaman yang biasanya baru bisa ditemukan pada handphone kelas atas.

Para pecinta game mobile pun bakal jatuh hati dengan performa yang ditawarkan. Pasalnya, realme GT Master Edition bahkan mampu menjalankan Mobile Legends maupun Free Fire pada kualitas grafis tertinggi yang tersedia tanpa kendala sama sekali pada segala situasi.

realme GT master Edition Mobile Legend

Ditambah lagi, realme pun membenamkan fitur GT Mode yang dapat diaktifkan dengan mudah lewat Quick Setting. Fitur ini diklaim akan membuat kinerja selalu maksimal, namun saya tidak begitu merasakan adanya perbedaan yang signifikan saat GT Mode diaktifkan atau tidak.

Saat digunakan dalam waktu lama, bodi realme GT Master Edition lebih cenderung hangat ketimbang panas sehingga tidak akan terlalu mengganggu kenyamanan. Hanya saja, bodinya cukup cepat menjadi hangat walaupun saya hanya sekedar browsing menggunakan WiFi.

Di samping mempunyai kinerja unggulan, satu hal lain yang menjadi daya tarik utama realme GT Master Edition merupakan kemampuan isi dayanya. Selama masa pengujian, realme GT Master Edition mampu mengisi daya dari 18% hingga kembali penuh hanya dalam waktu 27 menit saja. Sangat cepat sekali.

Hal ini bisa dimungkinkan berkat teknologi 65W SuperDart yang telah realme kembangkan. Tentu sebagai gantinya, kabel dan charger yang disediakan dalam paket penjualan terbilang lebih besar dibandingkan kebanyakan handphone pada umumnya.

Soal daya tahannya sendiri, realme GT Master Edition ditenagai oleh baterai berkapasitas 4.300mAh yang tergolong sudah mencukupi untuk menemani aktivitas sepanjang hari. Sayang memang masih belum mencapai 5.000mAh seperti kebanyakan handphone saat ini, namun saya tidak terlalu mempersalahkannya setelah melihat daya tahan yang dimilikinya.

realme GT master Edition Baterai

Dalam pengujian menggunakan PCMark for Android dengan kondisi baterai 100%, refresh rate Auto, dan tingkat kecerahan 50%, handphone ini berhasil mendapatkan skor 12 jam 48 menit. Menariknya saat opsi refresh rate 120Hz diaktifkan, hanya terlihat perbedaan 8 menit saja. Daya tahan baterainya kurang lebih setara dengan ASUS ROG Phone 5 maupun Samsung Galaxy A52.

Sementara saat digunakan dalam keseharian secara nyata, realme GT Master Edition dapat saya gunakan hingga malam hari tanpa perlu mengisi daya di pertengahan. Jika melihat riwayat dari AccuBattery, saya mendapatkan screen on time selama 6 jam 59 menit dengan sisa baterai 17% setelah aktif 11 jam 21 menit dari terakhir mengisi daya.

Tentunya angka tersebut akan berbeda tergantung intensitas aktivitas yang dilakukan. Saya sendiri menggunakan realme GT Master Edition secara kasual saja mulai dari chatting, internetan, hingga sesekali bermain game.

realme GT Master Edition - 2

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya, realme GT Master Edition dipersenjatai dengan kamera belakang yang membawa konfigurasi lensa utama 64MP, lensa Ultra Wide-angle 8MP, dan lensa Makro 2MP. Selain itu juga ada kamera depan dengan lensa 32MP dari Sony yang tersimpan di bagian punch hole.

realme GT Master Edition Kamera Belakang Robot

realme GT Master Edition Kamera Belakang Bunga

realme GT Master Edition Kamera Belakang Kucing Auto

Auto

realme GT Master Edition Kamera Belakang Kucing Auto Crop

Auto Crop

realme GT Master Edition Kamera Belakang Kucing 64MP

64MP

realme GT Master Edition Kamera Belakang Kucing 64MP Crop

64MP Crop

realme GT Master Edition Kamera Belakang Masjid

realme GT Master Edition Kamera Belakang Malam Auto

Auto

realme GT Master Edition Kamera Belakang Malam Night

Night Mode

Membawa lensa utama beresolusi besar, realme GT Master Edition mampu menyajikan foto yang memadai dan berkualitas dengan warna yang cukup akurat. Dalam keadaan cahaya optimal, detail obyek tertangkap secara baik sehingga momen penting dapat diabadikan layak aslinya.

Sementara saat digunakan untuk fotografi malam hari, hasil foto sudah tampak cukup bagus menggunakan mode Auto karena noise yang dihadirkan tergolong sedikit. Namun agar foto menjadi terlihat lebih jelas tetap harus menggunakan mode Night yang akan meningkatkan saturasi dan eksposur foto sehingga detail obyek tetap terjaga.

realme GT Master Edition Kamera Belakang Mobil Auto

Auto

realme GT Master Edition Kamera Belakang Mobil Wide

Ultra Wide-angle

Lensa Ultra Wide-angle yang dibawa oleh realme GT Master Edition berhasil memberikan foto dengan sudut pandang luas mencapai 119 derajat tanpa ada perubahan kualitas, warna, maupun detail yang terlalu signifikan dibandingkan lensa utama. Dengan begitu kameranya dapat diandalkan tanpa perlu khawatir foto yang dihasilkan mempunyai kualitas berbeda antar dua lensa tersebut.

realme GT Master Edition Kamera Belakang Makro

Dengan hanya membawa lensa Makro 2MP saja, kemampuan fotografi untuk segmen yang satu ini terbilang hanya sebaga bonus saja. Obyek dapat ditangkap dengan cukup jelas pada jarak hingga 4cm, hanya saja terdapat distorsi di sekelilingnya dan detail untuk obyek sekitar pun menjadi kabur.

realme GT Master Edition Kamera Depan Auto

Auto

realme GT Master Edition Kamera Depan Portrait

Portrait

realme GT Master Edition Kamera Depan Malam Auto

Auto

realme GT Master Edition Kamera Depan Malam Night

Night Mode

Kamera depannya perlu diakui menghasilkan foto selfie yang sangat jelas dengan detail tertangkap sangat baik serta warna yang terjaga. Rentang dinamis yang diberikan pun terbilang baik sehingga langit berawan dan pepohonan terlihat jelas tanpa adanya bagian yang memiliki eksposur terlalu tinggi.

Alhasil foto selfie dari realme GT Master Edition sudah sangat pantas untuk dipajang di sosial media. Begitu juga untuk selfie pada malam hari yang tetap terlihat jelas berkat kecerahan layar akan ditingkatkan secara otomatis untuk menjadi sumber cahaya tambahan dan Night mode yang dapat membuat foto menjadi lebih bersih dan minim noise.

Secara keseluruhan realme GT Master Edition terbukti membawa kemampuan mumpuni yang pantas untuk dipertimbangkan bagi siapa pun yang mencari handphone. Seluruh spesifikasinya telah diperhitungkan sedemikian rupa oleh realme agar bisa memberikan pengalaman penggunaan yang optimal.

realme GT Master Edition - 6

Ditambah lagi, realme GT Master Edition juga sudah menjalankan realme UI 2.0 berbasis Android 11 yang menawarkan fitur terbaru dan memiliki NFC multifungsi untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti e-money hingga menjadi duplikat kunci kartu.

Bisa dikatakan realme GT Master Edition hampir tidak ada minusnya dalam hal performa maupun fitur yang dimilikinya. Kamu yang mencari handphone di kisaran harga Rp 5 jutaan tidak bakal kecewa dengan segala hal yang ditawarkan oleh realme GT Master Edition.

Di sisi lain, kamera dan baterai walaupun sudah bisa dikatakan oke tetap menjadi segmen yang masih bisa ditingkatkan. Selain itu, realme GT Master Edition juga memiliki cukup banyak aplikasi bloatware yang belum tentu semua orang menggunakannya. Namun, realme GT Master Edition tidak menyediakan slot microSD karena hanya ada dua slot kartu SIM saja.

Tinggalkan Komentar