Bagaimana Gadgetren Mereview Produk

Di Gadgetren, kami aktif membuat konten review berbagai jenis produk mulai dari smartphone, tablet, TV, hingga perangkat smart home. Review produk yang kami sajikan adalah hasil dari penggunaan nyata sehari-hari oleh tim reviewer Gadgetren.

Proses Review

Review produk dilakukan oleh reviewer Gadgetren yang memiliki keahlian dan pengalaman yang cocok dengan jenis produk yang direview. Contohnya untuk review handphone dilakukan oleh yang sudah berpengalaman di dunia handphone, begitu juga ketika review perangkat gaming dilakukan oleh yang gemar dan ahli di bidang game.

Tiap reviewer tentunya memiliki gaya penulisan dan opini masing-masing terkait produk sehingga kesimpulan dari satu reviewer kemungkinan akan berbeda dengan reviewer lain. Namun begitu  Gadgetren memiliki standar dan fokus pengetesan tersendiri untuk tiap jenis produk yang mana masing-masing memiliki fitur dan fungsi yang berbeda.

Untuk review handphone standar misalnya, kami fokus di sektor desain, layar, performa, baterai, kamera, dan fitur. Tapi jika handphone tersebut memiliki fokus khusus seperti gaming, maka kami akan lebih menitik beratkan pengetesan ke sektor yang mendukung aktivitas tersebut.

Selain mengetes produk melalui penggunaan sehari-hari, kami menggunakan tool benchmark terutama untuk produk jenis smartphone, tablet, dan laptop / komputer dengan tujuan untuk mendapatkan data performa mentah dari produk tersebut.

Untuk pengetesan baterai dengan tool benchmark, kami mengetesnya menggunakan parameter seperti kecerahan layar 50%, backlit keyboard dinonaktifkan, baterai dari 100%, refresh rate 60Hz, dan resolusi FHD atau yang mendekati. Untuk handphone kami mengetesnya di kecerahan layar 50%, refresh rate 60Hz dan refresh rate yang tertinggi, serta baterai dari 100%.

Pemberian Skor Review

Contoh Skor Review Produk di Gadgetren

Contoh Skor Review Produk di Gadgetren

Mayoritas review yang kami tulis menampilkan skor dari tiap sektor pengetesan. Skor dari tiap sektor juga akan disatukan untuk mendapatkan skor rata-rata.

Skor dimulai dari angka 1 hingga 10 di mana 10 adalah sempurna di mata reviewer tanpa kelemahan yang terlihat. Skor 8-9 kami anggap bagus, skor 7 berarti kualitasnya tergolong rata-rata, skor 6 berarti agak kurang bagus, skor 5 hingga 1 berarti tidak bagus di mana 1 adalah sangat tidak bagus.

Perlu dicatat, kesimpulan review yang kami tulis dibuat berdasarkan kondisi ketika sedang direview. Tentunya produk teknologi dari masa ke masa akan mendapatkan update firmware atau pembaruan hardware internal di batch produk yang baru jadi kemungkinan ada perbedaan dengan kondisi produk terkini.

Setiap artikel yang berada di kategori Review tidak menerima pesanan berbayar untuk menjaga netralitas review sehingga pembaca bisa mendapatkan informasi dengan lengkap. Jika kami memberi skor yang tinggi untuk sebuah produk, itu berarti produknya memang sangat kami rekomendasikan setelah diuji secara langsung.