Review Handphone

Review vivo V21 – Desain Trendi dengan Spesifikasi Jempolan Untuk Anak Muda

Review vivo V21 Header

Gadgetren – Tidak hanya mengeluarkan varian yang mendukung jaringan 5G, ternyata vivo juga turut memboyong vivo V21 ke Indonesia.

Mengingat penyebaran teknologi 5G masih belum matang untuk saat ini dan belum tentu digunakan oleh banyak orang, menghadirkan versi reguler yang punya harga lebih terjangkau untuk bisa merasakan segala fitur andalannya tentu merupakan keputusan yang bijak.

Namun apakah perbedaannya hanya terletak pada hilangnya dukungan 5G? Akankah vivo V21 menjadi pilihan yang lebih baik untuk saat ini ketimbang saudaranya tersebut? Berikut ulasannya.

Review vivo V21
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 10/10
    10/10
8.8/10

Kesimpulan

vivo V21 versi reguler hadir di Indonesia untuk menemani versi 5G dengan memberikan beberapa perbedaan yang membuatnya sangat layak untuk dilirik bagi yang mencari handphone baru.

Pros

  • Desain indah yang sangat trendi
  • Performa kencang untuk gaming
  • Kamera memadai di siang dan malam hari
  • Pengisian daya cukup cepat
  • NFC Multifungsi

Cons

  • Banyak bloatware
  • Kapasitas baterai bisa lebih besar
  • Refresh rate layar masih 60Hz

Sebagai handphone generasi terbaru, vivo V21 meneruskan kembali berbagai hal juara yang ada di vivo V20 dan menyempurnakannya. Salah satunya pada bagian desain yang sekilas terlihat tidak jauh berbeda selain bagian belakang yang kini tersedia dalam varian warna Diamond Flare dan Roman Black yang terlihat sangat menawan.

Review vivo V21 - 6

Belakangan ini vivo memang tergolong juara dalam segi desain dengan karakteristik uniknya tersendiri dan saya pun senang melihat vivo terus melanjutkan tradisi ini karena memberi angin segar di tengah lautan handphone yang kurang lebih tidak jauh berbeda antar satu dan lainnya.

Untuk varian warna Roman Black yang diuji, vivo V21 terlihat kalem dan profesional yang pastinya sayang jika ditutupi oleh casing tambahan. Pada bagian belakangnya terdapat garis-garis vertikal kecil yang membuatnya tidak membosankan jika diperhatikan secara seksama.

Namun yang paling penting, permukaannya AG Glassy yang diberikan terasa sangat halus di tangan dan tidak mudah kotor akibat bekas sidik jari sehingga tidak perlu selalu dilap agar tetap terlihat cantik. Selain itu juga tidak licin dan cukup nyaman untuk digenggam walaupun bodinya yang tipis terasa sedikit kotak.

Review vivo V21 - 4

Modul kameranya berada di dalam kotak hitam menyembul yang tersemat di dalam kotak berukuran lebih besar lagi dimana pada bagian bawah dipadati oleh lampu LED flash dan tulisan 64MP AI Camera. Sementara untuk port baik itu 3,5mm audio jack maupun USB-C terletak pada bagian bawah di samping lubang speaker.

Tak ketinggalan juga pemindai sidik jari yang terbenam di dalam layar untuk proses autentikasi yang lebih mudah, cepat, dan aman. Hanya saja, posisi sensor pemindai sedikit terlalu di bawah dekat dengan tombol Home.

Layar vivo V21 mengusung desain layar penuh dengan notch berbentuk tetesan air pada bagian atasnya. Panel AMOLED berbentang 6,44 inci dengan resolusi FHD+ 2400×1080 piksel akan memberikan pengalaman visual yang luas serta kualitas gambar tajam yang kaya warna. Bahkan konten yang tampil di layar masih jelas saat dilihat di bawah terik matahari.

Review vivo V21 - 5

Untuk meningkatkan pengalaman mengonsumsi konten video, vivo V21 juga sudah dibekali dukungan HDR10 yang lebih menawan dibandingkan berkat kemampuan menampilkan warna yang lebih menyerupai dunia nyata.

Layar yang dapat menampilkan gambar secara nyata tentunya merupakan hal yang penting untuk mengabadikan momen dalam bentuk video maupun foto. Apalagi vivo V21 telah dilengkapi kamera depan maupun belakangan yang handal untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Review vivo V21 - 3

Sebagai senjata utamanya ada lensa 64MP yang ditemani dua lensa lainnya meliputi lensa Wide Angle 8MP dan lensa Makro 2MP. Sementara untuk kebutuhan selfie maupun video call tersedia lensa 44MP yang tersemat di dalam notch.

Hadirnya tiga lensa belakang secara bersamaan memungkinkan vivo V21 digunakan untuk memotret berbagai skenario dengan lebih handal serta kamera depan beresolusi depan akan sangat membantu dalam menghasilkan gambar yang jernih, khususnya saat di tengah pandemi sekarang ini dimana telekonferensi menjadi salah satu metode komunikasi yang sering digunakan.

vivo V21 Kamera Belakang Kucing

vivo V21 Kamera Belakang Bunga

vivo V21 Kamera Belakang Lampu

vivo V21 Kamera Belakang Pohon

vivo V21 Kamera Belakang Masjids

vivo V21 Kamera Belakang Mobils

Kamera utama dari vivo V21 mampu menghasilkan foto dengan warna yang sangat baik untuk berbagai jenis material hingga detail yang ditangkap pun terbilang tajam. Terkadang memang foto bisa sedikit memiliki eksposur berlebih ketika latar sangat terang, namun sebagian besar foto punya rentang dinamis yang cukup baik.

vivo V21 Kamera Belakang Robot Auto

Auto

vivo V21 Kamera Belakang Robot Auto Crop

Auto-Crop

vivo V21 Kamera Belakang Robot 64MP

64MP

vivo V21 Kamera Belakang Robot 64MP Crop

64MP-Crop

Secara keseluruhan, baik mode Auto maupun High resolution untuk menghasilkan foto 64MP memiliki detail yang tidak jauh berbeda sehingga punya konsistensi yang bisa diandalkan pada mode apapun. Namun tentunya mode High resolution dapat diperbesar lebih jauh lagi untuk mendapatkan foto lebih besar.

vivo V21 Kamera Belakang Makro

vivo V21 Kamera Belakang Jamur Auto

Auto

vivo V21 Kamera Belakang Jamur Wide

Super Wide-angle

vivo V21 Kamera Belakang Tomat Bokeh

Lensa tambahan yang menemani lensa utama juga dapat menghasilkan foto yang tidak kalah menawannya. Kedua lensa tersebut tentunya perlu diacungi jempol karena tidak ada distorsi di foto makro yang biasanya menjangkit berbagai handphone dan foto sudut lebar yang dihasilkan tetap tajam. Namun, efek bokeh masih dapat ditingkatkan lagi.

vivo V21 Kamera Belakang Malam Rumah Nightmode

vivo V21 Kamera Belakang Malam Kucing Auto

Auto

vivo V21 Kamera Belakang Malam Kucing Nightmode

Night Mode

Tidak hanya siang hari, vivo V21 juga dapat tetap menghasilkan foto dengan sangat jelas saat digunakan memotret di malam hari. Pada kondisi dimana masih terdapat cahaya lampu yang mencukupi, vivo V21 berhasil menangkapnya secara jernih dengan minim noise serta mengisolasi pendaran lampu untuk memberikan warna yang menawan.

Sementara saat sumber cahaya kurang baik atau hampir gelap, maka mode Night bisa diaktifkan untuk membuat hasil foto menjadi lebih terang sehingga obyek maupun subyek dapat tetap terlihat walaupun hasilnya masih kurang tajam. Sebagai catatan, fitur Night mode memerlukan handphone tidak digerakkan selama 2,5 detik dan proses akhirnya sedikit lama.

vivo V21 Kamera Depan Auto

Auto

vivo V21 Kamera Depan Portrait

Portrait

vivo V21 Kamera Depan Malam Auto

Auto

vivo V21 Kamera Depan Malam Nightmode

Night Mode

Sebagai handphone yang dilahirkan oleh vendor yang sangat jago dalam menghasilkan foto selfie, rasanya hasil foto kamera depan vivo V21 sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Detail dapat tertangkap dengan baik dan reproduksi warna yang dihasilkan pun cukup baik walaupun cenderung ke spektrum hangat.

Sementara foto selfie pada malam hari akan tetap terang berkat fitur Selfie Fill Light yang akan meningkatkan kecerahan layar secara otomatis untuk memberikan sumber cahaya tambahan sehingga wajah dapat tersorot dan terlihat dalam kondisi gelap sekali pun.

Di samping penggemar fotografi, vivo juga tidak lupa dengan pengguna yang membutuhkan performa mumpuni dalam keseharian. Oleh karena itu vivo V21 dibenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang hadir membawa fitur-fitur gaming sehingga dapat digunakan sebagai perangkat hiburan di waktu luang secara lancar.

Chipset yang memiliki 8 inti dalam fabrikasi 8nm tersebut dibuat secara khusus untuk gaming agar performa yang dihadirkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik untuk segala kebutuhan para penggunanya.

vivo V21 Funtouch OS

Bersamaan dengan itu terdapat penyimpanan internal yang tersedia dalam pilihan 128GB atau 256GB yang pastinya sudah sangat mencukupi untuk memenuhi berbagai kebutuhan aplikasi masa kini maupun untuk menyimpan data penting dalam jumlah banyak. Tak ketinggalan juga dukungan microSD hingga 1TB bagi yang membutuhkannya

Yang cukup menarik, vivo V21 memiliki fitur bernama Extended RAM yang memungkinkan ruang kosong penyimpanan untuk dimanfaatkan sebagai RAM virtual. Alhasil fitur ini memungkinkan RAM 8GB yang hadir secara bawaan ditambahkan 3GB sehingga total RAM sistem menjadi 11GB untuk menjamin pengalaman multitasking lebih baik.

Maka dari itu tidak heran jika vivo V21 mampu menjalankan berbagai aplikasi maupun dibawa untuk bermain game sekalipun dengan lancar. Menavigasikan menu maupun membuka aplikasi terasa mulus yang tentunya memberikan pengalaman penggunaan yang menyenangkan.

vivo V21 Benchmark

Untuk mengetahui kemampuannya, saya pun menguji vivo V21 dengan menggunakan aplikasi AnTuTu V9 yang kerap menjadi acuan banyak orang. Hasilnya, vivo V21 berhasil meraih skor 350.461 poin atau sedikit di atas Samsung Galaxy A52 yang juga sama-sama menggunakan Snapdragon 720G.

Sementara saat diuji pada Geekbench 5 memperlihatkan bahwa chipset tersebut memiliki kinerja Single Core pada angka 575 poin dan Multi Core pada 1.816 poin yang memperlihatkan bahwa punya performa tangguh untuk menjalankan aplikasi secara multitasking sekali pun.

Saat bermain game, saya dapat menikmati kualitas grafis maksimal pada game Free Fire tanpa kendala. Sama halnya dengan Mobile Legends Bang Bang yang dapat berjalan pada pengaturan grafis Ultra dengan HFR mode aktif secara lancar. Dengan begitu vivo V21 dapat diandalkan ketika membutuhkan hiburan berkat performa mumpuni yang dimilikinya.

vivo V21 Free Fire

Tentunya hal tersebut tidak lepas dari sistem Funtouch OS 11.1 yang dibangun berdasarkan Android 11 yang kini memiliki tampilan lebih minimalis agar semakin mudah digunakan dan ragam fitur yang bisa dimanfaatkan. Sayangnya Funtouch OS yang ada di vivo V21 dipenuhi oleh cukup banyak bloatware atau aplikasi yang sudah terpasang secara bawaan.

Salah satunya Ultra Game Mode yang akan memblokir notifikasi tidak penting serta memastikan setiap sentuhan direspon secara akurat. Fitur ini juga akan menjaga performa tetap optimal saat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.

Sementara Jovi Home akan menjadi pusat untuk melihat berbagai informasi maupun sebagai pintasan cepat. Tak ketinggalan, vivo V21 juga sudah mendukung konektivitas NFC yang kini kian dibutuhkan seperti e-money atau kartu akses.

vivo V21 Fitur

Sebagai sumber tenaga untuk seluruh fitur dan spesifikasi yang dimilikinya, vivo V21 dibenamkan baterai  berkapasitas 4.000mAh yang sayangnya tergolong kecil dibandingkan rata-rata handphone masa kini yang kebanyakan sudah 5.000mAh atau di atasnya.

Namun untungnya vivo V21 tetap mempunyai daya tahan baterai yang bisa dikatakan memadai untuk digunakan dalam keseharian. Saat diuji menggunakan PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50%, vivo V21 mendapatkan skor 15 jam 42 menit yang kurang lebih setara dengan OPPO Reno5 atau di atas kebanyakan handphone jika merujuk review yang telah tim Gadgetren lakukan sebelumnya.

vivo V21 Tes Baterai

Sementara dalam kondisi pemakaian normal, saya bisa menggunakan vivo V21 dengan screen on time hampir mencapai 7 jam. Angka yang sudah cukup untuk pengguna seperti saya yang sebagian besar waktu di handphone digunakan untuk sekadar berkomunikasi, berselancar internet, dan sesekali bermain game.

vivo V21 pun dilengkapi teknologi pengisian cepat bernama 33W FlashCharge yang diklaim dapat mengisi baterai 66% hanya dalam watu 30 menit saja. Saya pun hanya perlu menunggu selama 1 jam 11 menit saja untuk mengisi baterai yang tadinya tersisa 20% untuk kembali penuh.

Mengingat kapasitas baterai vivo V21 yang tidak begitu besar, fitur pengisian cepat sangat dibutuhkan agar handphone dapat digunakan kembali saat dayanya menipis. Alhasil tidak terlalu masalah jika kapasitas baterai vivo V21 di atas kertas hanya 4.000mAh karena tetap memberikan daya tahan yang mencukupi ditambah adanya fitur pengisian cepat.

Review vivo V21 - 7

Secara keseluruhan vivo V21 merupakan handphone yang menawarkan keseimbangan di segala segmen yang dimilikinya, namun desain dan kinerja menjadi menjadi bagian yang paling menonjol dari semuanya dan dijamin tidak akan mengecewakan.

Walaupun begitu, vivo V21 masih punya beberapa hal yang bisa ditingkatkan untuk membuatnya menjadi handphone yang lebih sempurna. Pastinya vivo V21 merupakan handphone yang wajib untuk dilirik di tahun 2021 bagi kamu yang ingin memiliki handphone yang bisa diandalkan dan nyaman digunakan.

Untuk wilayah Indonesia, vivo V21 sendiri tersedia dalam dua varian RAM 8GB + ROM 128GB seharga Rp4.399.000 dan RAM 8GB + ROM 256GB seharga Rp4.999.000 dengan pilihan warna Diamond Flare dan Roman Black.

Tinggalkan Komentar