Mading Smartphone Wearable

Biar Gak Salah Beli!! Yuk, Kenalan Apa Saja Seri di Lini Perangkat OPPO

Mengenal Apa Itu Lini OPPO Header

Gadgetren – Berdasarkan laporan dari sejumlah studi, OPPO termasuk salah satu perusahaan elektronik konsumen yang berhasil mendominasi pasar handphone selama beberapa tahun belakangan.

Keberhasilan tersebut tentu saja tidak boleh dilepaskan dari berbagai macam seri handphone buatannya yang mempunyai segmentasi berbeda-beda sehingga bisa menjangkau hampir semua lini pasar.

Apalagi dari waktu ke waktu, lini handphone yang dikembangkan oleh OPPO mampu terus beradaptasi menyesuaikan berbagai macam kebutuhan pengguna dengan tren yang senantiasa berubah-ubah.

Sejak terdaftar pertama kali pada tahun 2001, perusahaan yang kini telah mengekspansi lebih dari empat puluh negara ini mempunyai kurang lebih tujuh seri handphone dimana sebagian sudah resmi pensiun.

Hingga pada tahun 2021, hanya tersisa tiga seri utama yang mana meliputi OPPO Find X, A, dan Reno. Dengan penyederhanaan tersebut, para calon pembeli tentu bakal lebih mudah menemukan perangkat yang tepat sesuai dengan dana dan kebutuhan.

Meskipun demikian, memilih handphone yang pas tentu bukan hal sederhana bagi semua orang. Oleh karenanya, berikut penjelasan mengenai apa saja seri yang ada di lini perangkat buatan OPPO agar kamu bisa semakin mudah saat melakukan hal tersebut.

Mengenal Lini Produk Buatan OPPO di Indonesia

Sebelum terjun lebih dalam ke pembahasan seri perangkat yang dimiliki oleh OPPO, perlu diketahui bahwa perusahaan yang masih satu saudara dengan vivo, realme, serta OnePlus di bawah naungan BBK Electronics ini tak hanya mengembangkan handphone saja.

Meskipun populer karena lini tersebut, OPPO juga menelurkan berbagai macam perangkat lain seperti perlengkapan audio, powerbank, pemutar Blu-ray, hingga peranti yang bisa dikenakan (wearable).

OPPO Watch dan Enco termasuk sebagian di antaranya. Kedua seri perangkat milik OPPO tersebut menariknya turut meramaikan pasar gadget di Tanah Air sebagai alternatif yang cukup menjanjikan.

Jadi secara keseluruhan, OPPO sekarang mempunyai setidaknya lima seri yang masih aktif untuk mewadahi berbagai macam lini perangkat buatannya. Adapun kelimanya meliputi beberapa seri berikut.

Seri Perangkat OPPO di Indonesia

OPPO A

Mengenal Apa Itu Lini OPPO - OPPO A

Pasar menengah ke bawah memang menarik minat hampir semua perusahaan handphone, termasuk OPPO salah satu di antaranya. Dalam menyasar kelas tersebut, OPPO pun memperkenalkan seri OPPO A.

OPPO A sendiri termasuk seri lawas yang masih bertahan hingga sekarang. Di dalamnya, pengguna akan menemukan sederet handphone dengan banderol harga terjangkau tetapi membawa sejumlah bagian yang cukup menggoda.

Handphone-handphone di dalam seri ini biasanya akan menyuguhkan berbagai macam dukungan untuk memenuhi kebutuhan dasar para pengguna sehingga sudah cukup layak dipakai sebagai perangkat harian.

Desain cantik, dukungan fotografi mumpuni, layar berukuran luas, hingga baterai berkapasitas besar bakal menjadi daya tarik utama dari handphone-handphone di seri menengah ke bawah OPPO ini.

Beberapa fitur tambahan yang diusung oleh sejumlah perangkat di seri ini pun sangat menarik. Misalnya, OPPO A33 dengan teknologi layar berkecepatan 90 Hz atau OPPO A92 yang mempunyai Video Anti-Shake dan Dual Stereo Speakers berteknologi Dirac 2.0.

Sementara untuk menyasar pasar lebih tinggi, OPPO pun memperkenalkan seri Reno yang menawarkan dukungan dan spesifikasi semakin menarik tetapi dengan banderol harga sedikit kurang bersahabat bagi sebagian orang.

OPPO Reno

Mengenal Apa Itu Lini OPPO - OPPO Reno

Sejak awal memperkenalkan diri di Indonesia, OPPO memang terkenal sebagai produsen handphone dengan dukungan kamera mumpuni melalui seri OPPO F yang dilengkapi kamera selfie sebagai andalan dan OPPO R yang membawa aspek fotografi lebih komplit.

Namun setelah memutuskan untuk mengubah strategi dan meninggalkan kesan “Selfie Expert” yang sudah lama melekat, OPPO pun perlahan menghilangkan seri F dan mulai mengembangkan handphone dengan spesifikasi lebih komplit.

OPPO mula-mula memasukkan jajaran handphone tersebut ke dalam seri R. Namun seiring berjalannya waktu mulai menyegarkan keluarga yang terkenal sebagai Camera Phone ini dengan nama baru.

OPPO Reno adalah nama baru yang mereka gunakan. Sama seperti seri R, kamu bakal menjumpai handphone dengan dukungan kamera terbaik OPPO namun dengan spesifikasi lebih menarik.

Pada umumnya, seri Reno akan mengemas dukungan multikamera yang sudah memuat berbagai macam teknologi mutakhir seperti dukungan zoom sangat besar, resolusi tinggi, atau stabilisasi video.

Di sisi lain, OPPO Reno biasanya juga mengusung SoC “menegah premium” seperti Snapdragon 7 Series, teknologi pengisi cepat VOOC Flash Charge, hingga dukungan multimedia kelas atas.

OPPO Reno5 5G yang hadir sebagai handphone terbaru di seri ini misalnya sudah membawa SoC Snapdragon 765G plus teknologi jaringan 5G, AI Quad Camera 64 MP, dan teknologi 65W SuperVOOC 2.0.

Dengan spesifikasi dan dukungan yang cukup tinggi, handphone-handphone di keluarga OPPO Reno pasti sudah sangat layak untuk digunakan setiap hari. Hanya saja jika membutuhkan perangkat lebih bagus lagi, kamu dapat mempertimbangkan seri OPPO Find X.

OPPO Find X

Mengenal Apa Itu Lini OPPO - OPPO Find

Tahun 2018 silam, OPPO mencoba menghidupkan kembali seri Find yang sudah lama mati suri beserta ciri khas untuk senantiasa menjadi pelopor berbagai teknologi mutakhir melalui perangkat OPPO Find X.

Namun beberapa waktu belakangan, OPPO Find X justru menyegarkan seri tersebut dengan nama baru sesuai dengan apa yang digunakannya di mana kini sudah melahirkan sejumlah handphone menarik.

Meskipun demikian, OPPO Find X sendiri sebenarnya hampir sama dengan seri Find sebelumnya. Para pengguna di dalamnya dapat menemukan berbagai macam handphone papan atas dengan teknologi dan inovasi terbaru milik OPPO.

Konon katanya, seri ini merupakan perwujudan dari “The Art of Technology” yang menjadi tagline OPPO sehingga handphone-handphone di dalamnya merupakan mahakarya yang dikembangkan dengan sungguh-sungguh.

Handphone-handphone di dalam seri Find X bahkan biasanya dilengkapi dengan SoC premium teranyar yang ditunjang oleh teknologi superVOOC terbaru dan sistem kamera canggih.

OPPO Find X2 sebagai contohnya. Handphone ini sudah mengusung SoC Snapdragon 865, layar OLED 120Hz Ultra Vision, trio kamera beresolusi tinggi, kamera selfie yang bisa diandalkan, hingga pengisian cepat SuperVOOC 2.0.

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, gebrakan OPPO tak hanya berkisar pada lini handphone. Menggeliatnya pasar peranti yang bisa dikenakan juga menggoda mereka untuk meluncurkan seri baru bernama OPPO Watch.

OPPO Watch

Mengenal Apa Itu Lini OPPO - OPPO Watch

Bersamaan dengan peluncuran Reno4 tahun lalu, OPPO juga memperkenalkan arloji pintar pertama buatannya di Indonesia. Perangkat yang disebut dengan OPPO Watch tersebut tentu bakal menjadi seri baru sesuai dengan namanya.

Terdapat dua jenis ukuran yang ditawarkan oleh OPPO Watch sampai pada saat tulisan ini diterbitkan, yaitu ukuran 46mm dan 41mm. Keduanya hampir sama dengan beberapa perbedaan di sektor layar, material, dan baterai saja.

Yang paling menggoda, OPPO Watch sudah menggunakan sistem operasi Wear OS buatan Google dimana sangat jarang kita temukan pada berbagai macam arloji pintar yang beredar di Indonesia.

Jadi, perangkat dalam seri ini tak hanya bisa membantu pengguna melacak kebugaran melainkan juga memutar musik, menampilkan jadwal, mengakses layanan Google Assistant, membalas pesan, hingga media pembayaran.

Para pecinta musik di Indonesia juga tak dilewatkan oleh OPPO yang sudah sejak lama berkecimpung di bidang pengembangan perlengkapan audio melalui seri Enco miliknya.

OPPO Enco

Mengenal Apa Itu Lini OPPO - OPPO Enco

Menjamurnya berbagai macam perangkat audio nirkabel di pasaran turut menarik minat OPPO untuk menghadirkan peranti dengan teknologi serupa. OPPO Enco pun hadir sebagai jawaban untuk hal tersebut.

Seri Enco merupakan barisan perangkat audio nirkabel yang ditawarkan oleh OPPO untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. Di dalamnya, kamu dapat menemukan earphone sesuai tipe yang dibutuhkan.

Di Indonesia sendiri, seri Enco terdistribusi dalam dua jenis berbeda di mana meliputi earphone neckband yang perlu dikalungkan saat digunakan dan TWS (True Wireless Stereo) yang benar-benar tanpa kabel.

Harganya pun cukup beragam, tergantung fitur-fitur yang diusungnya. Kamu tentu perlu membayar lebih mahal untuk perangkat yang sudah mengusung teknologi tambahan seperti Noise Cancelling (peredam kebisingan).

Beberapa seri di atas tentu saja tidak akan pernah berlangsung untuk selamanya. Berkaca dari sebelumnya, OPPO bisa saja mengakhirinya atau menghidupkan kembali seri lawas seperti apa yang terjadi pada OPPO Find.

Tinggalkan Komentar