Smartphone Sponsored Content

OPPO A92 – Multimedia Asik, Bertabur Fitur Ciamik

OPPO A92 Display

Gadgetren – Sebagai smartphone kelas menengah, OPPO yang hadir pada tahun 2020 di Indonesia membawa beragam fitur yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Smartphone ini hadir dengan membawa sensor fingerprint di bagian samping kanan yang disematkan tepat pada tombol Power. Pihak OPPO sendiri mengklaim bahwa sensor ini mampu mendeteksi sidik jari dan membuka kunci layar OPPO A92 hanya dalam waktu 0,3 detik saja.

Sensor tersebut tergolong responsif dalam mendeteksi sidik jari untuk pembukaan kunci. Apalagi posisinya yang ergonomis karena berada pada tombol yang biasanya saya sering akses.

OPPO A92 Right Side

OPPO A92 mengizinkan hingga lima sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensor fingerprint. Selain untuk membuka kunci layar, sensor ini juga dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang telah dikunci dengan sistem bawaan smartphone.

Penempatan sensor fingerprint ini mempercantik tampilan OPPO A92 karena tidak terlihat pada bagian belakang dan depannya.  Posisi sensor di smartphone ini terbilang lebih elegan dibandingkan dengan smartphone pendahulunya, OPPO A9 2020, yang menempatkan sensor pindai jari di bagian belakang.

Beralih ke bagian depannya, terdapat kamera depan 16 MP yang disematkan pada punch hole. Kamera depan smartphone ini mempunyai dukungan AI Beautification yang secara pintar dapat menentukan tingkat kemulusan dari wajah.

Namun kita juga dapat menentukan tingkat kemulusan wajah secara manual pada aplikasi kamera bawaan OPPO A92. Terdapat juga fitur Portrait yang memungkinkan pengambilan foto selfie mempunyai efek bokeh (latar buram).

OPPOA92-Selfie-AutoNormal Selfie

OPPOA92-Selfie-BeautyBeauty + Bokeh Selfie

Selain itu, kamera depan dari OPPO A92 juga dapat digunakan untuk mendeteksi wajah dengan cepat ketika fitur Face Unlock aktif. Pendeteksian wajah sendiri dapat dilakukan dalam kondisi minim cahaya atau gelap sekalipun karena smartphone ini akan secara otomatis meningkatkan tingkat kecerahan layar agar wajah dapat terdeteksi.

Selanjutnya, perangkat yang satu ini hadir dengan dukungan empat kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, mono 2 MP. dan portrait 2 MP. Untuk menunjang kamera utamanya dalam pengambilan foto di malam hari, OPPO A92 pun telah mempunyai fitur Ultra Night Mode 2.0.

Fitur ini sendiri akan menghasilkan foto malam hari yang lebih terang dan minim noise dibandingkan dengan menggunakan Auto Mode. Hal ini berkat algoritma pada OPPO A92 yang mengombinasikan tiga hingga delapan gambar berbeda yang diambil secara cepat untuk menghasilkan satu foto malam hari terbaik.

Kamera belakang OPPO A92 juga didukung dengan fitur Video Stability dan Wide Angle Video. Video Stability ini mengombinasikan sensor Gyroscope dan teknologi EIS (Electronic Image Stabilization) untuk merekam video secara stabil, meskipun sedang berjalan, berlari, maupun berkendara.

Sementara Wide Angle Video memanfaatkan kamera ultrawide untuk menghasilkan video stabil dengan area yang lebih luas dibandingkan dengan kamera utamanya. Menariknya, smartphone ini juga mempunyai kemampuan untuk merekam video beresolusi 4K.

Soal urusan hiburan, OPPO A92 akan cukup memanjakan karena mempunyai dual stereo speaker (satu speaker di atas dan satu speaker di bawah) yang dapat menghasilkan suara stereo dengan seimbang, lantang dan jelas. Terdapat juga dukungan Dirac 2.0 yang secara otomatis dapat mengidentifikasi musik, video, dan game untuk memberikan efek suara yang pas dan realisitis.

Pada saat saya memainkan game, efek suara yang dihasilkan terasa lebih lantang terdengar sehingga permainan lebih seru. Sementara suara percakapan dan latar dapat terdengar dengan jelas ketika digunakan menonton video secara langsung di OPPO A92.

OPPO A92 Game

Menariknya lagi, smartphone ini telah dibekali dengan Widevine L1 Certification yang memungkinkan konten dapat dinikmati dalam resolusi HD atau Full HD pada aplikasi yang menggunakan sertifikat ini, seperti Netflix dan Amazon Prime Video.

Sebagai catatan, Widevine sendiri merupakan fitur keamanan atau modul DRM yang dapat membuka media terenkripsi. Widevine L1 sendiri berfungsi untuk mencegah terjadi pembajakan video.

Bisa dibilang fitur ini sangat penting karena beberapa layanan video streaming populer seperti Netflix, Hulu, atau Amazon Prime Video yang mewajibkan perangkat smartphone untuk memiliki fitur ini.

OPPO A92 Video

Sebagai smartphone yang hadir di tahun 2020, OPPO A92 telah hadir dengan ColorOS 7.1 yang berbasiskan sistem operasi Android 10. ColorOS terbaru ini mempunyai tampilan antarmuka yang lebih simpel dibandingkan dengan generasi sebelumnya sehingga dapat lebih fokus terhadap fungsi-fungsi utama smartphone.

Animasi transisi, ikon, dan efek suara pada ColorOS 7.1 dibuat untuk memanjakan penggunanya. Terdapat juga fitur UI First yang memungkinkan sistem dapat berjalan dengan mulus dan aplikasi dapat dibuka dengan cepat.

Pada ColorOS 7.1 ini terdapat beberapa fitur menarik mulai dari Dark Mode, OPPO Relax, Split Screen, App Cloner, Music Party, screenshot 3 jari, dan masih banyak lagi.

Dark Mode merupakan fitur menarik di Android 10 yang mampu membuat latar sistem smartphone atau aplikasi menjadi berwarna gelap atau hitam sehingga dapat membuat mata lebih nyaman ketika melihat konten pada kondisi redup atau malam hari.

ColorOS 71 OPPO A92

OPPO sendiri telah mengembangkan kemampuan Dark Mode yang mampu membuat semua aplikasi pihak ketiga atau populer dapat menikmati latar gelap. Namun pengguna juga dapat memilih aplikasi mana saja yang menggunakan fitur ini.

OPPO Relax merupakan aplikasi bawaan ColorOS 7.1 yang diciptakan untuk membawa ketenangan bagi penggunanya. Pada aplikasi ini pengguna akan dihadapkan pada intruksi pernafasan untuk relaksasi dan suara-suara alam yang menenangkan.

Sementara Split Screen biasanya digunakan untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layarnya, seperti menonton YouTube sambil chatting menggunakan WhatsApp. Tak ketinggalan, fitur App Cloner juga dapat membantu pengguna memasukkan dua akun media sosial dalam satu smartphone dengan cara menggandakan aplikasi.

ColorOS 71 OPPO A92 Dark Mode

Pada saat membutuhkan musik yang kencang dalam suatu acara, fitur Music Party dapat dimanfaatkan untuk bersinkronisasi antar smartphone OPPO yang menggunakan chipset Qualcomm dan MediaTek sekalipun melalui jaringan Wi-Fi .

Dengan fitur dan kemampuan multimedia yang dibawa, OPPO A92 memberikan pengalaman menarik bagi penggunanya untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Smartphone ini dijual di Indonesia dengan harga resmi yang mencapai Rp 4.199.000.

Tinggalkan Komentar

Komentar