Review Smartphone

Review vivo V17 Pro – Smartphone Kelas Menengah Yang Hampir Sempurna

Review vivo V17 Pro Header

Gadgetren – Semakin sengitnya pasar smartphone kelas menengah akibat produk agresif yang telah dikeluarkan oleh OPPO dan realme.

Sebagai vendor yang juga berada di bawah naungan BBK Electronics, saya cukup penasaran dengan apa yang akan ditawarkan oleh vivo kali ini melalui smartphone terbaru mereka yang bernama vivo V17 Pro.

Smartphone yang fokus pada segmen fotografi ini menawarkan enam buah kamera jika ditotalkan secara keseluruhan. Kamera tersebut terbagi menjadi menjadi empat kamera belakang dan dua kamera depan.

Namun sebelum membahas kameranya, mari kita lihat seperti apa tampilan dari vivo V17 Pro ini. Dengan harga bandrol Rp5.699.000, vivo V17 Pro menawarkan desain yang sangat kekinian, namun tetap memiliki perbedaan dari smartphone lainnya.

Hadir dalam pilihan warna Silk White dan Satin Black, vivo V17 Pro tampil dengan desain yang nampak premium. Bagian belakangnya dibalut oleh lapisan kaca yang membuat smartphone ini tidak kalah cantiknya dengan smartphone kelas atas.

Bodinya terasa kurang pas untuk selera saya, sedikit terlalu besar dengan bobot yang mencapai 201 gram. Saya cukup kesulitan untuk menjangkau bagian atas smartphone dang kurang nyaman ketika mengantonginya di celana jeans. Untungnya hal tersebut terbayar dengan pengalaman multimedia yang saya dapatkan pada smartphone ini.

Pada bagian depannya tentu saja ada layar Ultimate All Screen yang menjadi andalan vivo. Layarnya sendiri menggunakan panel Super AMOLED beresolusi 2400 x 1080 piksel dengan bentang 6,44 inci yang mampu menghasilkan gambar yang tajam dengan warna akurat.

vivo V17 Pro Layar

Layarnya tersebut bahkan memiliki rasio screen-to-body mencapai 91,65%. Ditambah lagi, vivo V17 Pro juga sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland karena mampu menyaring 61% cahaya biru sehingga akan lebih nyaman di mata.

Layarnya benar-benar memenuhi bagian depa hingga ke seluruh pinggirannya sehingga terlihat sangat luas dan imersif. Bezel dagunya pun -yang biasanya masih tergolong tebal- kini sudah cukup tipis, hampir menyerupai bezel di tiga sisi lainnya.

vivo V17 Pro Paket Penjualan

Mengonsumsi konten hiburan seperti video maupun game di vivo V17 Pro pastinya terasa lebih memuaskan berkat layarnya yang luas tanpa ada halangan seperti notch atau punch hole.

Ditambah lagi vivo V17 Pro ini sudah menghadirkan sensor pindai jari di bawah layar yang tidak hanya lebih nyaman tetapi juga memberikan kesan futuristik dibandingkan smartphone yang memiliki sensor pindai jari di bagian belakang layaknya vivo Z1 Pro.

vivo V17 Pro fingerprint scan

Sensor tersebut pun dapat mendeteksi jari saya dengan cepat dan akurat bahkan ketika jari basah terkena air sekalipun. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir ketika tangan berkeringat karena sensor ini dapat tetap mendeteksi sidik jari dengan baik.

Layar Ultimate All Screen yang sangat futuristik tersebut bisa menjadi kenyataan berkat digunakannya sistem Dual Pop-Up Selfie yang menyembunyikan kamera depan di dalam smartphone dan baru akan muncul ke atas ketika akan digunakan.

Kamera depannya sendiri hadir dalam konfigurasi kamera utama 32MP dan kamera Super Wide-Angle 8MP yang memiliki sudut pandang hingga 105 derajat. Dengan hadirnya dua kamera tersebut, kamu tidak hanya dapat mengambil foto selfie yang detail melainkan juga wefie dengan teman secara lebih mudah.

vivo V17 Pro kamera depan

Ditambah lagi dengan adanya fitur Super Night Selfie yang membuat hasil foto selfie di malam hari tetap jelas. Sebagai vendor yang selalu menjagokan kemampuan selfie dari smartphone mereka, inovasi yang vivo hadirkan kali perlu diacungi jempol karena masih belum banyak smartphone yang menawarkan dua kamera depan dengan sistem Pop-Up.

Hasil dari kamera depan vivo V17 Pro ini pun terbilang sangat baik. Foto terlihat tajam dan detail dengan warna yang menarik serta wajah saya terlihat lebih cerah berkat hadirnya teknologi AI Face Beauty. Selain itu, vivo pun menyematkan berbagai fitur lainnya yang dapat digunakan untuk memperindah foto selfie kamu seperti AI Make Up dan AI Body Shaping.

Pastinya, kamera Super Wide-Angle sangat membantu saya ketika ingin mengambil foto selfie dengan latar yang lebih luas maupun saat selfie bersama teman.

vivo V17 Pro kamera belakang

Yang tidak kalah menariknya, vivo V17 ini juga menghadirkan empat buah kamera belakang yang berjejer secara vertikal dengan sebutan Quad Camera. Empat kamera tersebut masing-masing memiliki lensa utama 48MP, lensa Super Wide-Angle 8MP dengan sudut pandang 120 derajat, lensa Super Makro 2MP, dan lensa portrait 2MP.

Kombinasi ini memungkinkan saya dapat berkreasi lebih jauh lagi dalam hal fotografi. Namun dari semua itu, lensa Super Makro merupakan yang paling menarik perhatian saya karena biasanya vendor lebih memilih lensa Telephoto sebagai lensa keempat.

Berbanding terbalik dengan lensa Telephoto yang dapat mengambil foto dari jarak jauh, lensa Super Makro milik vivo V17 Pro ini memungkinkan obyek dapat tetap terfokus ketika dipotret dalam jarak sangat dekat mencapai 2,5 cm. Sangat berguna sekali ketika ingin memperlihatkan detail dari sebuah obyek seperti mainan atau obyek kecil lainnya.

Secara keseluruhan, saya cukup puas akan foto yang dihasilkan kamera belakang maupun kamera depan smartphone ini. Untuk melihat sendiri seperti apa hasil foto dari kamera vivo V17 Pro, berikut ini beberapa contohnya. (Sentuh setiap foto untuk melihat resolusi aslinya)

vivo V17 Pro Kamera Belakang Kanvas

vivo V17 Pro Kamera Belakang Gedung NormalNormal

vivo V17 Pro Kamera Belakang Gedung WideSuper Wide-Angle

vivo V17 Pro Kamera Belakang Kucing

vivo V17 Pro Kamera Belakang Malam NormalNormal

vivo V17 Pro Kamera Belakang Malam Mode NightNight Mode

vivo V17 Pro Kamera Depan Grup

vivo V17 Pro Kamera Depan NormalNormal

vivo V17 Pro Kamera Depan BokehBokeh

vivo V17 Pro Kamera Depan WideSuper Wide-Angle

vivo V17 Pro Kamera Depan Malam NormalNormal

vivo V17 Pro Kamera Depan Malam NightNight Mode

vivo V17 Pro Kamera Depan Malam Rumah NormalNormal

vivo V17 Pro Kamera Depan Malam Rumah 48MP48MP

vivo V17 Pro Kamera Depan Malam Rumah WideNight Mode

Soal performa, vivo V17 Pro menawarkan spesifikasi yang cukup bertenaga berkat chipset Qualcomm Snapdragon 675 AIE yang ditemani oleh RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Kombinasi ini sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan pengguna smartphone pada umumnya.

Saya pun dapat menjalankan segala aplikasi keseharian saya secara lancar, bahkan saat multitasking sekalipun. Penyimpanan internalnya yang besar juga membuat saya tidak perlu khawatir kehabisan memori tanpa harus menggunakan microSD yang memakan slot kartu SIM kedua.

vivo V17 Pro slot sim dan port

Menavigasikan Funtouch OS 9.1 yang berbasiskan sistem operasi Android 9.1 pun terasa sangat halus. Saya tidak pernah merasakan penurunan kinerja sama sekali ketika banyak aplikasi yang berjalan di belakang latar. Funtouch OS kini terasa bekerja sangat optimal tanpa menjadi beban untuk smartphone itu sendiri.

Dalam tes benchmark yang saya lakukan, vivo V17 Pro ini meraih skor AnTuTu v7 sebesar 178.233 poin sedangkan pada aplikasi Geekbench 5 mendapatkan 507 poin untuk Single-Core dan 1.635 poin untuk Multi-Core.

vivo V17 Pro Benchmark

Skor tersebut terbilang cukup tinggi di kelasnya, mengalahkan Samsung Galaxy A70 atau setara dengan realme 5 Pro jika melihat hasil uji coba yang telah tim Gadgetren lakukan sebelumnya.

Dengan performa seperti itu, vivo V17 Pro bisa menjalankan PUBG Mobile di pengaturan grafis HD dengan Frame Rate High secara lancar tanpa adanya lag. Pada game Mobile Legends pun, saya bisa memaksimalkan pilihan grafis yang ada termasuk fitur HFR Mode sehingga terlihat menawan serta punya pergerakan animasi yang mulus.

Pengalaman gaming yang baik tersebut tentu saja tidak lepas juga dari hadirnya vivo Multi-Turbo yang mengombinasikan berbagai fitur menjadi satu, yakni AI Turbo, Center Turbo, Game Turbo, Net Turbo, dan Cooling Turbo. Alhasil vivo V17 Pro memberikan performa yang lebih stabil serta suhu yang tetap adem ketika digunakan bermain game.

vivo V17 Pro Gaming

Performa vivo V17 Pro yang sangat baik tersebut disempurnakan lagi dengan disematkannya baterai berkapasitas 4.100mAh. Memang kapasitasnya belum sebesar vivo Z1 Pro yang mampu bertahan lebih dari 14 jam, namun smartphone ini tetap punya daya tahan baterai yang mumpuni.

Menjalankan tes Work 2.0 pada PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50% untuk mensimulasikan aktivitas penggunaan smartphone pada umumnya, vivo V17 Pro ini mampu terus menyala selama 10 jam 34 menit.

Ketika saya gunakan untuk memutar video secara terus menerus, saya mendapatkan screen-on-time mencapai 9 jam. Maka dari itu, vivo V17 Pro ini dapat melewati keseharian saya dengan mudah dalam sekali cas saja setiap paginya.

vivo V17 Pro Baterai

Belum lagi adanya teknologi Dual-Engine Fast Charging yang hadir pada vivo V17 Pro membuat saya tidak perlu menunggu terlalu lama ketika mengisi daya baterainya. Dalam waktu 1 jam 34 menit saja, baterai yang tadinya tersisa 20% dapat kembali terisi hingga penuh.

Setelah menggunakan vivo V17 Pro selama beberapa minggu, saya cukup puas dengan pengalaman yang ditawarkan oleh vivo kali ini. Walaupun tergolong smartphone kelas menengah, namun vivo V17 Pro berhasil menghadirkan berbagai fitur yang membuatnya lebih menarik.

Layar yang benar-benar memenuhi bagian depan, kemampuan kamera yang lebih bervariasi, hingga performa yang mumpuni menjadi daya tarik utama smartphone terbaru besutan vivo satu ini. Bagi kamu yang mencari smartphone di harga Rp 5 jutaan, vivo V17 Pro wajib untuk kamu lirik.

Kelebihan

  • Desain yang nampak premium
  • Layar luas yang asik digunakan
  • Performa ngebut untuk gaming
  • Kamera mumpuni baik malam dan siang hari
  • Funtouch OS yang responsif

Kekurangan

  • Bodi sedikit besar dan berat
  • Slot kedua hibrida untuk SIM dan microSD
  • Belum ada NFC
vivo V17 Pro
  • Editor Rating
  • Rated 4.5 stars
  • 80%

  • vivo V17 Pro
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: November 4, 2019
  • Layar
    Editor: 90%
  • Performa
    Editor: 90%
  • Kamera
    Editor: 90%
  • Baterai
    Editor: 80%
  • Software
    Editor: 90%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar