ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik

Cara Membuka Dua Aplikasi Sekaligus di Xiaomi

Xiaomi MIUI Split-Screen Header

Gadgetren – Kini smartphone merek Xiaomi semakin laris di Indonesia berkat harganya yang terjangkau, namun spesifikasi hardware yang ditawarkan cukup tinggi.

MIUI 10 berbasiskan Android 9 Pie juga menjadi salah satu alasan sebagian orang Indonesia membeli smartphone Xiaomi. Salah satu fitur unggulan yang hadir pada MIUI 10 adalah Split Screen multitasking atau Splitscreen yang memungkinkan dua aplikasi dapat dijalankan sekaligus pada layar smartphone.

Sementara itu, fitur ini sendiri sudah hadir sejak MIUI 8 ke atas dengan syarat sudah memiliki basis Android Nougat. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan cara membuka dua aplikasi sekaligus di Xiaomi maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Membuka Dua Aplikasi Sekaligus di Xiaomi

  1. Pertama, buka halaman Split yang berada di menu Settings
  2. Gadgeter dapat langsung mencari halaman Split pada menu Search yang terdapat di menu Settings
  3. Pada halaman Split ini, Gadgeter dapat mengaktifkan fitur dengan memilih metode yang telah disediakan
  4. Untuk tutorial ini, Gadgeter dapat menentukan tekan lama tombol Menu
  5. Setelah aktif, maka Gadgeter dapat langsung menekan lama tombol Recent Apps yang berbentuk kotak di samping tombol Home
  6. Apabila aplikasi mendukung fitur Split maka aplikasi akan menjadi setengah bagian di layar dan Gadgeter dapat memilih satu aplikasi lagi
  7. Jika kedua aplikasi mendukung, maka Gadgeter akan melihat layar terbagi dua oleh aplikasi tersebut

Splitscreen Xiaomi

Dengan hadirnya satu aplikasi di setengah layar atas dan satu aplikasi lain di setengah layar bawah maka fitur Split Screen multitasking telah aktif. Menurut saya fitur ini cukup memudahkan penggunanya apabila melihat video sambil mencatat atau menonton video sambil membuka website.

Misalnya saja Gadgeter menonton video tutorial memasak di Youtube dan selanjutnya dapat mencatatnya langsung di aplikasi pencatat. Tentu saja hal ini menjadi praktis karena dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus.

Namun hal yang perlu diingat, bahwa fitur Split Screen multitasking ini baru aktif pada MIUI 8 ke atas yang sudah menggunakan basis dari Android Nougat. Meskipun smartphone Xiaomi Gadgeter sudah MIUI 8, namun jika basisnya masih Android 6 Marshmallow maka fitur ini tidak berjalan.

Sebenarnya apabila Gadgeter membeli smartphone Xiaomi keluaran tahun 2019, sudah pasti basis sistem operasinya Android Nougat ke atas sehingga sudah pasti sudah bisa menjalankan fitur Split Screen multitasking ini.

Bisa dibilang cara di atas ini sangat mudah untuk dilakukan, dimana Gadgeter cukup menahan tombol Recent App saja. Bahkan hampir rata-rata smartphone Android sudah menggunakan shortcut menahan tombol Recent App untuk mengaktifkan fitur Split Screen multitasking.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar