ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

2 Cara Menghapus History Maps dengan Mudah

Cara Menghapus History Maps Header

Gadgetren – Kini Google Maps merupakan aplikasi besutan Google yang sudah tak terpisahkan dengan pengguna smartphone Android, iOS, maupun komputer.

Biasanya Google Maps ini akan digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun akan bepergian ke daerah lain yang belum pernah dikunjungi. Dengan Google Maps akan membuat penggunanya mengetahui rute yang mudah untuk menuju lokasi.

Tak hanya rute saja, bahkan Google Maps pun akan menyajikan kondisi lalu lintas, estimasi waktu perjalanan tergantung kendaraan yang digunakan, bahkan muncul review dari pengguna Google Maps terhadap tempat tersebut.

Namun ternyata penggunanya ingin menghapus History Maps karena terkadang memenuhi storage internal di smartphone. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan cara menghapus History di Google Maps maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Cara Menghapus History Maps dari Akun Google

Melalui smartphone

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Google Maps yang terdapat di smartphone Android maupun iPhone
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih menu berlambang 3 garis di kiri atas aplikasi
  3. Kemudian, Gadgeter dapat memilih menu Settings
  4. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih menu Maps History
  5. Dalam halaman Maps History, Gadgeter dapat menekan ikon X yang berada di sebelah kanan History Maps lokasi yang pernah didatangi
  6. Selanjutny akan muncul kotak dialog untuk mengonfirmasi dan dapat langsung menekan tombol Delete untuk menghapus
  7. Terakhir, History Maps tersebut akan langsung terhapus

Sebagai catatan, History Maps yang hadir di smartphone Android atau iOS ini hanya bisa dihapus satu per satu sehingga Gadgeter dapat menekan ikon X secara bertahap pada History Maps lokasi yang pernah dikunjungi.

Melalui browser melalui PC atau laptop

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka layanan Google Maps dan langsung melakukan login menggunakan akun Google atau Gmail
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih Menu berlambang 3 garis
  3. Kemudian, Gadgeter dapat memilih menu History
  4. Pada halaman History, Gadgeter dapat memilih menu More pada bagian pojok kanan atas
  5. Kemudian, Gadgeter dapat memilih Delete Activity by. Dalam hal ini Gadgeter dapat memilih Costum dengan memasukkan periode yang diingin atau bisa memilih All time untuk menghapus seluruh History Maps
  6. Selanjutnya, pilih All Products
  7. Setelah All Products maka Gadgeter dapata memilih Map
  8. Selanjutnya, pihak Google akan memberikn pesan konfirmasi dan apabila Gadgeter menyetujui penghapusan History Maps maka dapat menekan tombol Delete untuk menghapus seluruh History Maps
  9. Terakhir, History Maps akan dihapus

Bisa dibilang cara menggunakan browser melalui PC atau laptop ini dapat dilakukan secara efektif. Namun menurut saya lebih praktis menggunakan smartphone Android atau iPhone karena biasanya perangkat ini selalu aktif menemani penggunanya untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Meskipun terdapat dua cara untuk menghapus History Maps, namun Gadgeter dapat memilih salah satunya tergantung dari kondisi sedang menggunakan smartphone atau laptop. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar