ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengunci Aplikasi di OPPO A3s dengan Mudah

OPPO A3s Header Tiga

Gadgetren – OPPO A3s merupakan smartphone OPPO yang populer di Indonesia karena memiliki spesifikasi hardware menarik, namun mempunyai harga yang murah. Selain itu, smartphone ini memiliki desain kekinian dengan layar penuh berponi atau notch mirip iPhone X di bagian atasnya.

Sementara itu, layarnya sendiri mempunyai lebar 6,2 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Apalagi teknologi IPS membuat penggunanya masih dapat melihat foto, video, atau game dengan jelas pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Sayangnya OPPO A3s sendiri tidak memiliki sensor fingerprint pada bagian depan maupun belakangnya sehingga diganti oleh fitur Face Unlock yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci hanya menggunakan wajah.

Biasanya pada Face Unlock ini dapat diaktifkan dengan kombinasi menggunakan password, PIN, maupun pattern karena untuk berjaga-jaga apabila wajah penggunanya sulit untuk dikenali oleh smartphone.

Menariknya lagi, berkat Face Unlock ini pun memungkinkan pengguna OPPO A3s dapat mengunci aplikasi agar privasi penggunanya tetap terjaga karena beberapa aplikasi tertentu hanya dapat diakses dengan izin penggunanya.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran untuk mengunci aplikasi maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

Cara Kunci aplikasi OPPO A3s dengan Face Unlock

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengaktifkan OPPO A3s terlebih dahulu
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih Face & Passcode pada menu Settings
  3. Pada halaman Face & Passcode, Gadgeter dapat memilih menu Lockscreen Password dan dapat membuat kunci layar yang diinginkan baik menggunakan Pattern, Password, maupun PIN
  4. Apabila telah selesai, maka Gadgeter ke menu Face pada halaman Face & Passcode dan meregistrasikan wajah yang digunakan untuk membuka kunci dengan fitur Face Unlock
  5. Nantinya, Gadgeter akan dipandu dalam meregistrasikan wajah apabila baru pertama kali menggunakannya
  6. Jika sudah diregistrasi, maka Gadgeter dapat masuk ke pilihan Use Face For yang nantinya akan menampilkan menu Unlock, App Lock, dan Private Safe
  7. Selain Unlock, Gadgeter dapat langsung mengaktifkan App Lock
  8. Nantinya pada App Lock akan muncul beragam aplikasi yang dapat dikunci dan dibuka aksesnya dengan menggunakan App Lock
  9. Setelah selelsai, maka Gadgeter dapat kembali ke homescreen OPPO A3s untuk mencoba hasilnya
  10. Nantinya apabila Gadgeter mengakses aplikasi yang sudah dikunci maka akan diminta untuk memindai wajah yang sudah didaftarkan pada fitur Face Unlock
  11. Selanjutnya, aplikasi yang terkunci tersebut akan terbuka

Sebagai catatan, apabila aplikasi yang terkunci tersebut tidak dapat dibuka oleh wajah dari fitur Face Unlock maka secara otomatis OPPO A3s akan mengarahkan agar penggunanya membuka aplikasi terkunci tersebut dengan pattern, PIN, atau password.

Bisa dibilang fitur ini menarik karena bisa mengamankan aplikasi agar tidak sembarangan diakses oleh orang lain mengingat terkadang sebagian orang suka penasaran dengan chat, SMS, maupun beragam hal yang telah kita lalukan pada smartphone. Selamat mencoba.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar