ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengunci Aplikasi di Handphone OPPO Agar Tidak Diintip Orang Lain

Cara Mengunci Aplikasi di Handphone OPPO Header

Gadgetren – Untuk memberikan perlindungan privasi pada penggunanya, OPPO telah menghadirkan beragam fitur keamanan bawaan yang dapat diaktifkan secara langsung melalui aplikasi Settings.

Selain mampu menyembunyikan aplikasi dengan fitur Hide Apps, handphone OPPO juga sudah dilengkapi dengan fitur App Lock yang dapat mengunci aplikasi sehingga membuat tidak sembarangan orang dapat mengaksesnya.

Pada saat aplikasi terkunci, maka secara otomatis hanya kamu saja sebagai pemegang kunci yang dapat membuka. Kamu pun dapat memilih ingin menggunakan Pattern, PIN, atau Password sebagai metode penguncian.

Pattern mengizinkan kamu membuat kunci pembuka berdasarkan pola garis sesuai dengan keinginan sementara PIN akan membutuhkan kombinasi angka. Terakhir, Password memungkinkan kamu membuat kunci berdasarkan kombinasi huruf, angka, dan karakter lainnya.

Cara Mengunci Aplikasi di OPPO

  • Akses aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Masuk ke menu Privacy
  • Pilih opsi App Lock
  • Pada halaman App Lock, tekan tombol toggle App Lock ke posisi aktif
  • Kamu akan diminta memasukkan kunci pembuka dengan pilihan Pattern, PIN, atau Password
  • Kemudian kamu diminta memasukkan jawaban dari pertanyaan sebagai antisipasi apabila kunci lupa
  • Pada halaman App Lock, tekan tombol toggle di sebelah aplikasi ke posisi menyala untuk mengunci
    OPPO - App Lock

Nantinya setiap kali kamu mengakses aplikasi yang dikunci, maka akan diminta oleh sistem handphone OPPO untuk memasukkan Pattern, PIN, atau Password yang telah dibuat.

Apabila kamu ingin menonaktifkan beberapa atau semua aplikasi yang dikunci tadi, kamu dapat langsung mengunjungi halaman App Lock dengan langkah yang sama dan membuat tombol toggle di sebelah aplikasi ke posisi mati.

Kamu pun dapat mematikan semua aplikasi yang dikunci dengan membuka Quick Settings dan menekan tombol App Lock yang menyala hingga menjadi mati.

Dengan begitu semua aplikasi yang telah dikunci akan dapat dibuka kembali tanpa memerlukan Pattern, PIN, atau Password sama sekali.

Pada beberapa ColorOS versi sebelumnya, tata letak fitur App Lock sedikit berbeda. Jadi kamu dapat langsung mengetikkan kata kunci App Lock di kolom Search pada aplikasi Settings agar lebih cepat menemukannya.

Berkat hadirnya fitur bawaan App Lock, kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store. Selain itu, cara untuk mengaktifkan serta mematikan fitur bawaan ini sangatlah cepat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar