Tips dan Trik

Cara Factory Reset Ponsel Lenovo Buat Kamu yang Lupa Sandi

Cara Reset HP Lenovo Header

Gadgetren – Lupa kata sandi, pola, atau PIN adalah hal yang cukup wajar terjadi di kalangan pengguna perangkat seluler. Namun tetap saja, banyak orang yang masih kelabakan jika hal tersebut terjadi.

Padahal sebenarnya, dari sekian banyak masalah yang ada, permasalahan lupa kata sandi, pola, atau PIN adalah permasalahan yang tergolong cukup mudah untuk diatasi, yang mana kamu sebenarnya hanya perlu menghapus semua data (factory reset) perangkat yang kamu gunakan.

Pertanyaannya, pada kondisi normal mungkin kamu bisa menemukan pilihan factory reset (reset pabrik) melalui halaman pengaturan (Settings), namun bagaimana untuk perangkat yang terkunci? Jawabannya adalah melalui mode recovery.

Dalam hal ini, masing-masing tipe ponsel tentu saja memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukannya. Namun, bagi pengguna perangkat buatan Lenovo, kamu bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

Cara Wipe Data/Factory Reset HP Lenovo yang Terkunci

  1. Pertama, pastikan ponsel Lenovo yang akan kamu reset dalam keadaan mati.
  2. Selanjutnya, masuk ke mode recovery dengan cara menekan tombol power, tombol volume up, dan tombol volume down secara bersamaan.
  3. Jika ponsel telah menyala dan telah muncul logo Lenovo di layarnya, lepaskan tombol power.
  4. Tunggu sampai masuk ke Android System Recovery dan lepaskan semua tombol yang belum dilepaskan.
  5. Selanjutnya pilih wipe data/factory reset, kemudian konfirmasi dengan memilih yes – delete all user data.
  6. Tunggu sampai terdapat keterangan complete di bagian paling bawah layar.
  7. Jika prosesnya telah selesai, kemudian pilih reboot system now.

Pada dasarnya, setiap perangkat yang menggunakan sistem operasi Android akan dilengkapi dengan mode recovery, yakni suatu partisi bootable khusus yang berisi instalasi konsol pemulihan perangkat.

Mode ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal, seperti memulihkan perangkat, membersihkan data, menginstal pembaruan, atau mengembalikan perangkat ke kondisi awal (pabrikan).

Mode reovery ini juga hadir di perangkat-perangkat Android buatan Lenovo. Dan untuk menggunakan mode recovery di perangkat Lenovo, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya.

Namun perlu diperhatikan, beberapa tipe perangkat buatan Lenovo memiliki cara yang cukup berbeda untuk masuk ke mode recovery. Dalam hal ini, terdapat beberapa perangkat yang cukup menekan tombol power dan tombol volume up untuk melakukannya.

Pada beberapa perangkat pun, mode recovery tidak secara langsung muncul saat perangkat berhasil dihidupkan dengan cara yang dijelaskan. Untuk itu, kamu perlu memilih mode ini secara manual pada pilihan menu yang ditampilkan.

Selain itu, kecuali pada sistem recovery khusus, untuk menggunakan menu di mode recovery, kamu tidak akan bisa menggunakan layar sentuh. Kamu perlu menggunakan tombol volume untuk navigasi (ke atas atau ke bawah) dan tombol power sebagai klik atau pilih.

Leave a Comment