Tips dan Trik

Cara Mengecek Tipe HP Samsung Apa Yang Kamu Gunakan

Cara Mengetahui Tipe HP Samsung

Samsung sudah merilis ratusan handphone dan mungkin bagi sebagian orang ini cukup membingungkan. Jika kamu memiliki handphone Samsung namun tidak tahu model atau tipe apa yang kamu miliki, tips cara mengetahui tipe HP Samsung ini bisa kamu simak.

Ada beberapa cara untuk mengetahui tipe HP Samsung apa yang kamu punya, berikut adalah cara-caranya:

Mengecek Boks Handphone

Jika kamu masih memiliki boks handphone atau jika kamu membeli handphone Samsung bekas yang masih ada boksnya, cara paling mudah tentu adalah dengan mengecek boks tersebut.

Biasanya, di bagian depan boks handphone langsung diberitahukan tipe handphone Samsung apa yang kamu miliki. Jika kamu tidak menemukannya di bagian depan boks, cari di bagian lainnya dan kemungkinan besar akan ada baris-baris teks yang menjelaskan tipe HP Samsung yang kamu miliki.

Menggunakan Aplikasi

Apabila boks handphone Samsung kamu sudah hilang atau handphone kamu dibeli secara bekas dan walaupun ada boksnya kamu ingin mengecek handphone kamu benar-benar asli sesuai tipenya, cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama CPU-Z.

Pertama-tama kamu harus menginstal aplikasi CPU-Z di handphone kamu dengan mengunduhnya di Google Play. Tenang saja, aplikasi gratis sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk mengecek tipe HP Samsung kamu.

Setelah aplikasi tersebut terinstal di handphone kamu, jalankan aplikasinya dan kamu akan disajikan tampilan utama CPU-Z yang menerangkan tentang SOC / prosesor dalam handphone kamu. Bagian ini sebetulnya tidak menjelaskan tentang tipe HP Samsung kamu.

CPU-Z

Untuk mengecek tipe HP Samsung kamu, pindah ke tab Device pada tampilan aplikasi CPU-Z. Di bagian tersebut akan dijelaskan tentang mereka dan model atau tipe handphone Samsung kamu. Cara ini cukup manjur dan tidak sulit untuk dilakukan jika kamu tidak memiliki boks handphone-nya.

Mengunjungi Service Center Samsung

Jika kamu masih ragu tentang tipe handphone Samsung kamu yang mungkin kamu beli secara bekas dan takut handphone-nya ternyata palsu termasuk tipenya, cara paling ampuh adalah dengan mendatangi service center Samsung terdekat.

Teknisi ahli dari service center akan dapat menentukan tipe handphone kamu dan apakah handphone-nya asli atau tidak.

Leave a Comment

2 Comments