Bengkel Featured

Mengapa Update iOS Error di iPhone?

iOS 11 beta header

Rabu merupakan hari yang paling ditunggu karena sekarang tim Gadgeter akan membahas artikel kategori Bengkel yang akan mengulas informasi mengenai solusi, tips, dan trik yang dapat dilakukan ketika gadget yang dimiliki Gadgeter mengalami masalah.

Kini redaksi Gadgetren telah mendapatkan pertanyaan mengenai masalah seputar update sistem operasi iOS yang error.  Untuk itu, tim Gadgeter akan menjelaskan mengenai penyebab mengapa masalah ini bisa terjadi dan solusinya.

Pertanyaan :

Kak, mengapa ketika update iOS di iPhone saya menjadi error?

Jawaban :

Kita ketahui bersama bahwa iOS merupakan sistem operasi dan hati sejati dari iPhone. Bisa dibilang kombinasi keduanya mampu menghasilkan smartphone dengan performa yang maksimal dan bertenaga.

Apple selaku pengembang dan penjual dari iPhone, iPad, dan iPod Touch akan selalu memperbarui atau melakukan update iOS secara rutin agar bisa menambah fitur, memperkuat keamanan, dan menghilangkan bug pada versi sebelumnya.

Bahkan ketika Apple merilis update iOS maka serentak hadir untuk pengguna di semua negara. Tentu saja update iOS sendiri bisa lebih baik dibandingkan versi sebelumnya atau bahkan lebih buruk. Untuk itulah, sebelum melakukan update iOS sendiri kita sebaiknya melihat forum agar mengetahui versi terbarunya ini lebih baik atau buruk dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, kita sendiri harus mengetahui apakah iOS versi terbaru ini mendukung perangkat Apple yang sedang dimiliki kita atau tidak. Untuk iOS versi 11 sendiri hanya bisa untuk iPhone 5s ke atas, iPad Touch generasi keenam, iPad Pro 12,9 generasi pertama ke atas, iPad generasi kelima ke atas, iPad mini 2 ke atas, iPad Pro 9,7 inci, iPad Air versi ke atas, dan iPad Pro 10,5.

Setelah mengetahui hal tersebut, biasanya satu masalah terpenting yang dihadapi pengguna iPhone adalah update iOS error atau iOS mengalami masalah ketika sedang berada dalam proses update, baik muncul peringatan maupun loading terus menerus. Untuk itu, saya akan memberitahukan beberapa kemungkinan yang terjadi ketika update iOS menjadi error.

Solusi Mengatasi Update iOS Error

Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Biasanya hal ini disebabkan oleh koneksi Internet yang tidak stabil sehingga pada saat proses update iOS akan terjadi error karena diakibatkan oleh data-data yang hadir pada file update iOS tidak terunduh dengan sempurna. Untuk itu, sebaiknya Gadgeter yang menggunakan iPhone, iPad, maupun iPod Touch menggunakan jaringan Internet yang stabil, seperti Wi-Fi di beberapa tempat yang dianggap memiliki koneksi kencang maupun stabil.

Restart iPhone, iPad, maupun iPod Touch

Selain menggunakan jaringan internet yang stabil, sebaiknya Gadgeter mencoba untuk melakukan restart iPhone, iPad, maupun iPod Touch yang sedang dilakukan update iOS. Terkadang cara yang satu ini cukup berhasil.

Gunakan iTunes di Mac atau PC

Setelah cara update OTA (Over-The-Air) langsung di perangkat mobile Apple tidak berhasil maka Gadgeter dapat mencoba untuk melakukan update melalui iTunes di Mac, MacBook, PC, maupun laptop dengan metode update iOS yang dapat dilihat pada halaman tutorial Gadgetren ini.

Namun apabila iTunes tidak berhasil maka Gadgeter dapat melakukan update terhadap iTunes, update sistem operasi, atau memeriksa sambungan koneksi port dan kabel USB  antara perangkat mobile Apple dengan Mac maupun PC.

Restore iOS yang Error di iPhone dengan iTunes

Bagi Gadgeter yang mengalami kendala atau error ketika melakukan update iOS terbaru maka dapat melakukan restore iOS dengan menggunakan iTunes. Untuk itu, Gadgeter dapat langsung mengunjungi halaman tutorial restore iOS ini.

Semoga dengan beberapa solusi yang hadir di atas ini dapat memberikan pencerahan bagi Gadgeter yang mengalami update iOS error. Selain itu, apabila beberapa langkah ini masih belum bisa mengatasi iOS yang error maka dapat langsung mengunjungi service center resmi iOS yang hadir pada distributor, seperti iBox dan lainnya.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment